--> Skip to main content

Inilah Contoh Paragraf Deduktif Yang Baik dan Benar

Contoh Paragraf Deduktif -- Pengertian beserta Contoh Paragraf Deduktif di dalam sebuah wacana umumnya dapat ditemukan pada soal bahasa indonesia yang berbunyi, pada paragraf berapa yang mengandung pernyataan paragraf deduktif? Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini tidak ada salahnya jika Anda belajar dahulu pengertian paragraf deduktif, ciri-ciri paragraf deduktif, jenis-jenis paragraf deduktif dan contoh paragraf deduktif.

5 Contoh Paragraf Deduktif

Bukan hanya paragraf deduktif melainkan Anda juga dapat membaca banyak contoh paragraf yang sudah admin terbitkan misalnya contoh paragraf analogiSecara umum jenis paragraf telah dibedakan menjadi tiga yaitu: paragraf deduktif, paragraf induktif dan paragraf campuran. Seingat admin ini sudah pernah dibahas dalam artikel sebelumnya.

Untuk permulaan ayo belajar dulu pengertian paragraf deduktif. Paragraf deduktif adalah paragraf yang diawali dengan menyatakan masalah-masalah yang bersifat umum atau luas. hingga dikerucutkan / ditarik kesimpulan menjadi lebih spesifik. Jika dilihat maka pola paragraf deduktif adalah berpola umum ke khusus.

Ciri - Ciri Paragraf Deduktif

Adapun ciri-ciri paragraf deduktif adalah:
  • Letak kalimat utama di awal kalimat di setiap paragraf.
  • Diawali dengan pernyataan umum disusul dengan penjelasan hal-hal khusus.
Itulah ciri paragraf deduktif.

Jenis - Jenis Paragraf Deduktif

Ini jenis paragraf deduktif dengan pola penalarannya.
  • Paragraf deduktif pola.
  • Paragraf deduktif alasan.
  • Paragraf deduktif pola rician.
Jadi kuasai juga jenis paragraf deduktif di atas.

Contoh Paragraf Deduktif

Adapun contoh paragraf deduktif admin siapkan 5 saja. Baca juga: Contoh Paragraf Eksposisi.

Contoh Paragraf Dedukti ke 1

Kemacetan di kota besar disebabkan oleh beberapa hal. Faktor pertama adalah menjamurnya kendaraan – kendaraan bermotor di jalan raya. Hal ini dikarenakan mudahnya akses untu mendapatkan kendaraan bermotor. Hanya dengan uang sebesar 1 juta saja saat ini telah bisa mendapatkan sebuah sepeda motor dengan sistem kredit. Faktor selanjutnya adalah tidak seimbangannya jumlah motor dengan pembangunan jalan yang ada. Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor ini tidak diikuti dengan perluasan jalan raya. Akibatnya, jalan semakin menyempit karena kendaraan yang membeludak. Faktor yang terakhir adalah banyaknya lahan yang dialih fungsikan seperti trotoar yang digunakan sebagai pasar kaget, merebaknya pedagang kaki lima, dan lain – lain.

Contoh Paragraf Deduktif ke 2

Negeri Indonesia adalah Negara kepulauan. Negeri ini disebut demikian karena memiliki ribuan pulau yang terbentang dari sabang hingga merauke. Hampir semua pulau – pulau tersebut telah mendapatkan nama dan berpenghuni. Namun, ada juga pulau yang belum memiliki nama dan tidak berpenghuni. Ribuan pulau tersebut terdiri dari pulau – pulau kecil dan pulau besar. Indonesia memiliki 5 pulau besar diantaranya adalah pulau sumatera, pulau jawa, pulau Kalimantan, pulau Sulawesi, dan pulau irian jaya. Sedangkan untuk pulau kecil Indonesia kira – kira memiliki ribuan pulau. 
Advertisement

Contoh Paragraf Deduktif ke 3

Membuat mie goreng instan sangatlah mudah dan gampang. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memanaskan air. Air dipanaskan di dalam panci kira – kira lima belas menit hingga mendidih. Setelah mendidih, celupkan mie instan ke dalam air mendidih, lalu aduk hingga mie menjadi lunak. Kemudian angkat mie dari panci lalu tiriskan airnya hingga kering. Selagi menunggu mie menjadi agak hangat, siapakan bumbu – bumbu yang ada lalu tuangkan ke dalam piring. Langkah selanjutnya adalah tuangkan mie ke dalam piring yang telah dibumbui lalu aduk hingga rata. Setelah semua bumbu tercampur, berikan tambahan sesuai selera Anda misalnya bakso, sosis, daging ayam, dan lain – lain.

Contoh Paragraf Deduktif ke 4

Hari ini merupakan hari yang paling istimewa bagiku. Banyak sekali kebahagiaan yang aku dapatkan. Dimualai dari ayahku yang tiba – tiba mengetuk pintu kamarku dengan membawa hadiah pagi ini. Hadiah itu merupakan benda yang sangat aku inginkan dalam beberapa minggu terakhir ini. Kebahagiaan ku terus berlanjut hingga di sekolah. Hari ini hasil ujian matematika ku keluar dan aku mendapatkan nilai 9. Sungguh aku tak menyangka aku bisa mendapatkan nilai sebesar itu, tetapi bagaimanapun juga aku harus bersyukur. Setelah pulang dari sekolah, aku mendapatkan kejutan dari teman – temanku. Mereka membawakan ku kue ulang tahun dan kado yang sangat banyak. Lalu pada malam harinya aku dan keluargaku merayakan ulang tahunku dengan mengadakan acara makan malam di luar. 

Contoh Paragraf Deduktif ke 5

Tekhnologi komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Pada awalnya manusia mengirimkan kabar kepada koleganya yang jauh dengan menggunakan merpati. Setelah beberapa dekade, manusia mulai menemukan cara baru yaitu dengan menggunakan surat. Penggunaan surat ini bertahan cukup lama, tetapi setelah ditemukannya tekhnologi komputer dan satelit barulah tekhnologi komunikasi tercipta yaitu handphone. Penemuan ini memudahkan manusia dalam hal berkomunikasi. Mereka kini bisa mengirimkan kabar kepada koleganya kapanpun dan dimanapun.

Sekian dulu paparan dari admin mengenai Contoh Paragraf Deduktif. Semoga saja Anda terbantu dengan posting kali ini. Baca juga: Contoh Paragraf Deskripsi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar