Contoh Paragraf Deskripsi Singkat dan Jelas





Baca Juga

Contoh Paragraf Deskripsi -- Anda sedang mencari contoh teks deskripsi tentang sekolah? Atau Anda sedang mencari contoh teks deskriptif tentang lingkungan? Untuk menyelesaikan tugas Anda. Jangan khawatir admin akan menjelaskannya serinci mungkin. Namun ada baiknya Anda mempelajari tentang pengertian dari Teks deskripsi atau Paragraf Deskripsi. Paragraf Deskripsi adalah sebuah kumpulan kalimat yang menjelaskan tentang sebuah obyek yang berkaitan dengan bentuk fisik, karakter, sifat, dan semua hal yang melekat pada obyek tersebut. Penulisan dalam paragraf deskripsi selalu didasarkan pada sebuah hasul kegiatan pengamatan atau observasi. Paragraf ini berupaya agar pembaca seolah-olah melihat  obyek yang dijelaskan secara langsung yang dijelaskan oleh penulis dalam paragraf tersebut. Baca juga: Contoh Kalimat Majemuk Setara

contoh paragraf deskripsi

Pengertian lain dari paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seolah-olah melihat dan merasakan objek tersebut secara langsung. Kalimat deskripsi artinya berkaitan dengan panca indera, maka paragraf deskripsi tentu juga akan melibatkan panca indera dalam tubuh Anda.

Dengan menggunakan sebuah media tulis, maka Anda dapat merinci karakteristik objek yang sedang dijelaskan segamblang-gamblangnya. Hal ini tujuannya selaras dengan pengertian diatas bahwa pembaca tanpa harus melihat bendanya secara langsung maka mereka sudah tahu pasti seperti apa. Hal ini karena paragraf atau teks deskripsi itu disusun dengan jalan observasi terlebih dahulu agar sesuai dengan faktanya dilapangan. Baca juga: Contoh Paragraf Analogi

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi

Setiap paragraf selalu memiliki keunikan dan ciri-ciri masing-masing. Karakteristik inilah yang menjadi salah satu tanda bagaimana membedakan teks yang satu dengan yang lainnya. Berikut adalah ciri-ciri paragraf deskripsi:
  1. Mendeskripskan obyek seperti manusia, benda, dan tempat.
  2. Melibatkan panca indera saat menelaah proses deskripsi.
  3. Melibatkan ciri fisik benda mulai dari warna, bentuk dan ukuran.
  4. Banyak mengandung adjective atau kata sifat.
  5. Penjelasan sangat rinci.
  6. Saat proses membaca, pembaca seolah-olah melihat langsung bendanya.

Jenis-Jenis Paragraf Deskripsi

Ada tiga macam paragraf deskripsi yaitu paragraf deskripsi spasial, paragraf deskripsi objektif, dan paragraf deskripsi subjektif. Berikut adalah penjelasannya.
  1. Paragraf Deskripsi Spasial. Yang dimaksud disini adalah jenis paragraf deskripsi yang berkaitan dengan ruang dan tempat. Disini tempat yang disukai oleh penulis akan dipaparkan secara rinci dan berharap pembaca tidak kebingungan karenanya.
  2. Paragraf Deskripsi Objektif. Paragraf ini tidak berkaitan langsung dengan pandangan sendiri dari penulis dan ciri terpentingnya pada bagian ini menjelaskan keadaan yang sebenarnya. Jadi tidak ada campur tangan dari opini si penulis.
  3. Paragraf Deskripsi Subjektif. Berkebalikan dengan paragraf deskripsi objektif, paragraf deskripsi subjektif ini disusun berdasarkan dengan sudut pandang penulis. Jadi semua hal yang dicantumkan disini merupakan semua pandangan dari penulis. Meskipun demikian, benda atau seseorang yang dijelaskan disini tidak boleh sampai tidak bisa diimajinasikan secara langsung.

Contoh Paragraf Deskripsi

Silahkan baca salah satu contoh yang admin sertakan sendiri. Jika Anda tahu ini tergolong yang mana silahkan kirim komentar pada bidang yang disediakan.

Ibu Parti adalah ibuku tercinta. Beliau berkulit sawo matang dan rambutnya sudah mulai memutih. Beliau memiliki perawakan yang cukup subur. Berat badannya kurang lebih 68 kg dengan tinggi badan kira-kira 155 cm. Beliau memang tidak lulus SD tapi meskipun demikian, beliau memiliki cita-cita yang tinggi yaitu menyekolahkan semua anaknya ke jenjang yang lebih tinggi. Doa darinya adalah mukjizat istimewa dari sang Maha Pencipta. Oleh karena itulah, Aku tidak akan pernah melawannya. Itulah ibuku. Ibu yang amat aku sayangi.

Demikianlah penjelasan mengenai salah satu contoh paragraf deskripsi. Semoga bermanfaat. Baca juga: Pengertian Kalimat Persuasif dan Contoh Kalimat Persuasif

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Paragraf Deskripsi Singkat dan Jelas"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.