Contoh Surat Niaga yang Benar Sekaligus Terpercaya





Baca Juga

Contoh Surat Niaga -- Contoh surat niaga pemesanan barang inilah yang nantinya akan admin perjelas disini. Namun untuk itu semua Anda harus tahu  dulu bahwa diluar sana banyak sekali jenis-jenis pekerjaan dan jenis-jenis tawaran yang mereka berikan namun itu semua tidak langsung dapat Anda pinjam atau nikmati sekejap saja. Anda harus meminta atau memohon dengan surat niaga agar barang-barang yang ditawarkan dalam pekerjaan Anda dapat diberikan dengan suka rela. Lantas bagaimana cara membuat surat niaga? Ups.. jangan khawatir karena di luar sana Anda dapat menemukan banyak sekali contoh surat niaga jual beli, contoh surat niaga permintaan barang, contoh surat niaga pemesanan barang, dan contoh surat niaga pengiriman barang yang mana kesemua itu dibuat mengacu pada satu hal yaitu berdasarkan contoh surat niaga singkat. Artinya semua contoh surat niaga yang disebutkan tadi haruslah dibuat sesingkat mungkin namun jelas isinya.

contoh surat niaga

Surat Niaga adalah surat yang dibuat untuk kegiatan bisnis atau usaha. Biasanya surat niaga ini dipakai untuk hal-hal yang berkaitan dengan perniagaan atau perdagangan. Sehingga perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan dari pada menggunakan surat niaga tersebut. Badan-badan usaha yang memakai surat ini memang bertujuan untuk menjalankan bisnis yang mereka geluti. Surat perniagaan biasanya terbagi menjadi dua yaitu internal dan eksternal. Seperti halnya dalam menulis surat pada umumnya maka Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.
  1. Gunakan Bahasa Baku dan sesuai dengan korespondensi Perusahaan.
  2. Wajib memakai kop surat.
  3. Hal surat harus jelas.
  4. Keperluan disampaikan dengan ringkas dan tidak bertele-tele.
Setidaknya agar surat niaga yang Anda buat dapat diterima dan diakui sebagai surat yang sah maka Anda harus mengikuti 4 hal diatas. Baca juga: Fungsi Surat Edaran dan Pengertiannya


Jenis-Jenis Surat Niaga

Ada beberapa jenis surat niaga yang wajib Anda tahu, yaitu:
  1. Surat Penawaran. Surat niaga yang berisi informasi barang yang akan dijual pada pembeli. Gaya bahasanya sangat persuasif agar pembeli mau membeli.
  2. Surat Pemesanan. Surat niaga yang dibuat oleh pembeli dan dikirim kepada penjual mengenai pemesanan sebuah barang.
  3. Surat Pengaduan. Surat niaga yang berkaitan dengan sebuah aduan yang dibuat oleh pembeli kepada penjual karena barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan.
  4. Surat Pengantar Barang. Surat niaga dari penjual kepada pembeli sebagai bukti pengiriman barang.
  5. Surat Pengiriman Pembayaran. Surat niaga yang dikirim oleh pembeli kepada penjual sebagai bahan konfirmasi terhadap barang yang sudah diterima dan siap untuk memenuhi tagihan pembayaran.
  6. Surat Tagihan. Surat pemberitahuan masalah niaga yang harus segera dipenuhi oleh pembeli agar segera membayar sejumlah uang sesuai dengan perjanjian.

Contoh Surat Niaga

Berikut adalah satu buah contoh surat niaga yang benar dan biasa dipakai di sebuah Instansi.

Contoh Surat Niaga Pemesanan

CV. MAJU MUNDUR
Jln. Bahagia No. 13a
Tulungagung
Tulungagung, 25 Maret 2017

Nomor : 308/MM/III/2017
Lampiran : -
Hal : Pesanan Barang Elektronik

Kepada PT. Samsung
Jln. Rungkut No. 212
Jakarta Barat

Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi dari surat yang telah diajukan, kami berkeinginan untuk memesan beberapa barang Elektronik dari tempat Anda, yaitu:
1. 25 Unit Kulkas
2. 26 Unit Mesin Cuci
3. 35 Unit TV
4. 16 Unit Kipas Angin
5. 10 Unit AC
Pembayaran kami lakukan secara tunai sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati. Pembayaran akan kami lakukan setelah menerima barang dalam keadaan baik. Kami berharap, barang dapat kami terima secepat mungkin. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

SEO Anyaran
(Vice Director)


Demikianlah contoh surat niaga yang benar. Semoga dengan bantuan permintaan barang semacam ini Anda makin mudah dalam mendapatkan bantuan untuk perusahaan Anda. Sekian. Baca juga: Fungsi Surat Resmi untuk Sebuah Instansi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Niaga yang Benar Sekaligus Terpercaya"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.