--> Skip to main content

Pengertian Proposal: Ciri-Ciri, Unsur-Unsur, dan Tujuan Proposal

Pengertian Proposal: Ciri-Ciri Proposal, Unsur-Unsur Proposal, dan Tujuan Proposal Proposal -- Proposal dapat dikatakan sebagai rencana yang dituangkan kedalam rancangan kerja kegiatan yang meliputi kegiatan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan, dan penyajian data yang disusun secara sistematis dalam rangka menyelesaikan sebuah permasalahan yang ditujukan untuk menguji hipotesis sehingga data yang diperoleh dapat digunakan sebagai acuan baru pengembangan sebuah ilmu (Teori). Oleh karena itu, jika Anda mengharapkan sebuah proposal yang bagus. Anda harus belajar tentang sistematika proposal agar proposal enak dibaca dan dapat menarik minat baca.

Pengertian Proposal

Pada mulanya, proposal berasal dari kata to propose yang berarti mengajukan. Orang-orang di Indonesia kemudian menggunakan istilah tersebut untuk digunakan sebagai bahan pengajuan sebuah permohonan dan penawaran baik yang berupa sebuah gagasan ide, pemikiran ataupun yang lainnya kepada seseorang yang sifatnya untuk meminta dukungan. Contoh dukungan ini bisa berupa finansial, surat ijin, dan lain sebagainya. Sedangkan arti yang lebih luas dari proposal, adalah sebuah laporan tertulis yang dibuat oleh seseorang mengenai sebuah rencana dan tujuan sebuah kegiatan. Baca juga: Pengertian dan Contoh Kalimat Persuasif

Pengertian Proposal dari Para Ahli

Berikut adalah definisi proposal dari beberapa ahli ternama. Baca dan pahami makna yang dikandung dalam pengertian proposal tersebut.

Pengertian Proposal Berdasarkan KBBI (2002) adalah rencana yang dituangkan ke dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik penelitian di lapangan (field research) ataupun penelitian di perpustakaan (library research). Keterampilan menulis proposal perlu dimiliki setiap insan berpendidikan agar mereka terbiasa berpikir sistematis dan juga logis sebagaimana di dalam langkah-langkah penulisan proposal.

Jay (2006:1) mengatakan bahwa proposal adalah alat bantu manajemen standar agar menajemen dapat berfungsi secara efisien.

Proposal dalam dunia ilmiah (pendidikan) adalah sebuah rancangan atau desain penelitian dalam hal ini disebut dengan usulan penelitian yang akan dilakukan oleh seorang peneliti tentang suatu bahan penelitian.

Jadi proposal adalah sebuah laporan tertulis yang berkaitan dengan sebuah rancangan kegiatan kerja yang disusun secara sistematis dan mengikuti kaidah-kaidah tertentu yang mana dimulai dari penelitian di perpustakaan hingga penelitian di lapangan untuk mencari sebuah jalan alternatif pemecahan masalah yang efektif dan efisien terhadap sebuah bahan kajian penelitian (SEO Anyaran, 2017). Baca juga: Contoh Latar Belakang Makalah

Ciri-Ciri Proposal

Untuk mendapatkan sebuah proposal yang baik dan benar maka Anda harus memperhatikan ciri-ciri proposal yang baik berikut ini.
  1. Proposal dibuat seringkas-ringkasnya
  2. Proposal digunakan sebagai media informasi kepada pembaca
  3. Berisi latar belakang, tujuan, dan saran-saran
  4. Laporan penelitian sudah harus dijilid
  5. Laporan penelitian tidak harus tebal melainkan berkualitas.

Unsur-Unsur Proposal

Unsur-unsur proposal yang dimaksud disini adalah bagian-bagian dari proposal penelitian, yaitu:
  1. Latar belakang masalah.
  2. Rumusan masalah
  3. Tujuan Penelitian
  4. Hipotesis.
  5. Asumsi dasar
  6. Manfaat
  7. Batasan dan Ruang Lingkup
  8. Definisi Operasional
  9. Kajian Pustaka
  10. Metode
  11. Hasil
  12. Penutup
Dengan mengacu pada bagian-bagian proposal penelitian tersebut kiranya dapat membantu Anda dalam mengajukan sebuah permohonan.

Tujuan Proposal

Tujuan Proposal adalah untuk mendapatkan dukungan finansial dan mendapatkan bantuan sponsor tentang masalah perizinan. Dengan adanya tujuan yang jelas maka sebuah kegiatan akan dapat dengan mudah meraih hasil yang diharapkan. Beda halnya dengan kegiatan yang tidak memiliki proposal tentu didalamnya tidak akan ada kejelasan mengenai nama kegiatan, latar belakang mengadakan sebuah kegiatan, waktu dan lokasi, sasaran, susunan panitia, anggaran dana, dan siapa yang bertanggungjawab atas acara tersebut. Sehingga tidak akan ada orang yang mau membantu kegiatan tersebut.

Demikianlah paparan singkat mengenai Pengertian Proposal, Ciri-Ciri Proposal, Unsur-Unsur Proposal dan Tujuan Proposal. Semoga bermanfaat untuk pendidikan Anda dimasa yang akan datang. Baca juga: Contoh Latar Belakang Laporan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar