Contoh Paragraf Analogi dalam Bahasa Indonesia





Baca Juga

Contoh Paragraf Analogi -- Artikel kali ini memang ditujukan bagi Anda yang memang ingin memahami dengan pasti apa itu Paragraf Analogi. Penting bagi seorang pembelajar bahasa harus dapat membedakan dengan jelas macam-macam paragraf. Bukan hanya paragraf induktif dan deduktif semata namun juga harus memahami macam-macam paragraf yang lainnya.

Contoh Paragraf Analogi

Agar lebih jelas dalam mempelajari contoh dari paragraf analogi ini ada baiknya jika Anda membaca pengertian dari paragraf analogi. Baca juga: Pengertian dan Contoh Kalimat Persuasif

Pengertian Paragraf Analogi

Paragraf Analogi adalah paragraf yang proses penalaran maknanya dengan membandingkan dua hal yang memiliki banyak persamaan. Dalam membuat atau membaca paragraf ini Anda diharuskan untuk memikirkan dua buah hal yang mempunyai kemiripan. Proses semacam ini disebut dengan proses berfikir induktif. Jikalau ditelaah kembali, pendekatan induktif maksudnya adalah penalaran sebuah makna yang diawali dengan penarikan kesimpulan secara umum menuju sesuatu yang khusus atau spesifik. Apabila digambarkan seperti dalam membuat paragraf, penarikan seperti ini letak dari gagasan utamanya berada di awal paragraf.


Contoh Paragraf Analogi

Untuk memulai pemaparan kali ini, harapan dari penulis Anda sudah memahami berbagai jenis macam paragraf. Jadi saat membaca contoh kali ini. Anda tidak akan kebingungan lagi.

Contoh Paragraf Analogi 1

Belajar dengan menggunakan buku tua dan kertas seperti pedang yang berkepala dua. Jika menggunakan kertas terlalu banyak menyebabkan hutan gundul dan pemanasan global. Tapi jika tidak menggunakan kertas dapat menyebabkan orang tidak mau belajar dengan baik apalagi yang memiliki tingkat ekonomi pas-pasan sehingga serba salah untuk mengambil keputusan seperti saat menggukan pedang berkepala dua yang bisa menyerang dua arah yang berlawanan.

Contoh Paragraf Analogi 2

Belajar Matematika dan Fisika butuh ketelitian tinggi apalagi ketika mempelajari tentang aljabar atau gelombang elektromagnetik. Sama seperti kita mencari jarum di tumpukan jerami ialah hal yang susah namun bukanlah mustahil jika dilakukan dengan penuh semangat dan konsentrasi. Ya... itulah belajar. Anda harus bersusah-susah payah terlebih dahulu.

Contoh Paragraf Analogi 3

Pertumbuhan korupsi di Indonesia terus berkembang pesat. Baru saja ada yang tertangkap sudah muncul tersangka lain yang terus menghebohkan dunia perpolitikan Indonesia. Sama halnya seperti pepatah lama mati satu tumbuh seribu. Begitulah gambaran dari keadaaan tindak korupsi di negara kita yang terus tambah kian pesat dan merugikan banyak orang.

Demikianlah paparan sekilas tentang Contoh Paragraf Analogi. Semoga bermanfaat. Baca juga: Pengertian, Fungsi, Elemen dan Jenis-Jenis Diksi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Paragraf Analogi dalam Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.