Contoh Paragraf Eksposisi Singkat: Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya





Baca Juga

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat -- Banyak diantara kita yang masih belum memahami tentang pengertian paragraf eksposisi. Apabila Anda melihatnya sekilas mungkin Anda akan berfikir paragraf ini sama persis dengan paragraf Argumentasi. Tapi aslinya kedua jenis paragraf ini sangatlah berbeda. Walaupun demikian masih ada sisi kesamaan dan perbedaannya.

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat yang akan kita bahas nanti sangatlah berbeda dengan Contoh Paragraf Deskripsi Singkat dan Contoh Paragraf Persuasi Singkat yang sudah admin bahas di beberapa artikel yang lalu.

contoh paragraf eksposisi singkat

Oleh karena itu, agar Anda paham dengan penjelasan kali ini Admin akan menjabarkan tentang pengertian paragraf eksposisi, ciri-ciri paragraf eksposisi, jenis-jenis paragraf eksposisi, dan contoh paragraf eksposisi singkat yang mana dapat Anda pelajari untuk menambah wawasan Anda.


Pengertian Paragraf Eksposisi

Dari segi bahasa, Eksposisi berasal dari bahasa Inggris, yaitu explanation dan information. Maksudnya, paragraf eksposisi adalah sebuah paragraf yang didalamnya menjelaskan tentang pengetahuan dan informasi terkini yang berkaitan dengan topik penulis. Paragraf eksposisi sangat mudah ditemui seperti halnya di acara gosip artis setiap pagi dan sore. Fungsi paragraf eksposisi adalah sebagai sarana pemberi informasi dan pengetahuan dari penulis ke pembaca dengan segamblang-gamblangnya.


Ciri - Ciri Paragraf Eksposisi

Untuk membedakan antara paragraf eksposisi dengan paragraf argumentasi maka bacalah ciri-ciri paragraf eksposisi dibawah ini.
  1. Terdapat definisi istilah dari penulis mengenai topik yang sedang dibahas.
  2. Bersifat informatif kepada pembaca.
  3. Objektif dan netral.
  4. Tidak mempengaruhi atau mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu.
  5. Data yang dijelaskan didalam paragraf eksposisi harus akurat dan tidak boleh dibuat-buat.
  6. Agar paragraf eksposisi yang dibuat makin bagus gunakanlah pendekatan 5W + H.

Jenis-Jenis Paragraf Eksposisi

Ada enam jenis paragraf eksposisi yang dapat Anda pelajari, yaitu...

Paragraf Eksposisi Definisi

Jenis paragraf eksposisi yang pertama adalah paragraf eksposisi definisi. Paragraf eksposisi definisi adalah sebuah teks yang menjelaskan topik tertentu dan dalam kaitannya untuk menjelaskan disini berdasarkan batasan-batasan yang dibuat oleh penulis. Agar dalam pembuatan paragraf eksposisi menjadi menarik maka penulis harus memberikan topik dan penjelasan secara runtut.

Paragraf Eksposisi Proses

Paragraf eksposisi berikutnya adalah paragraf eksposisi proses. Paragraf Eksposisi Proses adalah sebuah rangkaian paragraf yang memaparkan tentang sebuah topik berurutan sesuai dengan langkah-langkah proses pengerjaannya. Jenis paragraf eksposisi proses sering kita temui di artikel-artikel tutorial seperti, Contoh Kalimat Imperatif, Kalimat Interogatif dan Kalimat Deklaratif

Bahkan tidak jarang, jenis paragraf eksposisi proses dipakai dalam memaparkan bagaimana cara mengoperasikan sesuatu benda ataupun dalam menjelaskan proses terjadinya sesuatu seperti Gempa bumi. Tapi perhatikan bedanya dengan paragraf explanation ya...

Paragraf Eksposisi Ilustrasi

Yang ketiga, Paragraf Eksposisi Ilustrasi adalah sebuah teks yang ketika dibaca oleh pembaca akan menimbulkan efek imajinasi. Jadi tujuannya untuk menarik imajinasi pembaca agar memperoleh gambaran mengenai yang ia baca.

Ciri khas dari jenis paragraf eksposisi ini adalah dengan adanya tambahan hal lain yang berkaitan dengan beberapa hal tertentu yang memiliki kesamaan. Meskipun demikian, Anda harus tetap memfokuskan ide pokok bacaan karena adanya dua hal yang dibahas tadi. Disisi lain, Anda sebagai pembaca paragraf ilustrasi tidak boleh membandingkan kedua teks yang dibahas melainkan harus bisa mencerna kesamaan diantara keduanya. Bahasa logisnya ialah Dianalogikan.

Paragraf Eksposisi Perbandingan

Dengan melihat dari katanya saja tentu Anda sudah paham dengan maksud paragraf eksposisi ini. Paragraf eksposisi perbandingan adalah sebuah paragraf yang digunakan untuk menjelaskan kalimat utama dengan menambahkan perbandingan yang sejalan. Anda harus berhati-hati disini agar tidak cumbuh dengan paragraf eksposisi ilustrasi.

Di dalam Paragraf Eksposisi Perbandingan, salah satu ciri khasnya adalah banyak menggunakan kata hubung seperti, seperti halnya, sama dengan, demikian juga, sesuai dengan, selaras dengan dan berbeda dengan. Sifat yang harus ada dalam paragraf eksposisi perbandingan ialah paragraf eksposisi perbandingan harus konkret dan sudah diketahui secara umum.

Paragraf Eksposisi Klasifikasi

Yang dimaksud dengan jenis paragraf eksposisi klasifikasi adalah sebuah paragraf yang menjelaskan tentang pembagian sebuah data atau pengelompokkan sebuah data dalam sebuah topik pembahasan. Harapannya, dengan membaca jenis paragraf eksposisi klasifikasi adalah agar mendapatkan informasi lebih mendetail dari apa yang sudah dibaca.

Contoh jelas dari paragraf eksposisi klasifikasi dapat Anda temukan didalam sebuah buku atau artikel mengenai pengelompokkan sesuatu topik, misalnya jenis-jenis hewan menyusui, jenis-jenis ikan hias, dsb.

Paragraf Eksposisi Laporan

Jenis paragraf Eksposisi yang terakhir adalah paragraf eksposisi laporan. Artinya adalah sebuah paragraf yang disusun secara sistematis berdasarkan data-data yang sudah terbukti kebenarannya. Disini tidak akan pernah ada kata-kata yang merujuk pada subjektifitas penulis. Sehingga, jenis paragraf ini memang bertujuan untuk mengemas data sedetail dan seobjektif mungkin.

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat

Berikut adalah salah satu contoh paragraf eksposisi singkat. Namun admin tidak menulis semua contohnya. Berikut hanya ada satu contoh saja, yaitu...

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat Klasifikasi

Baca dan pahami contoh berikut agar Anda semakin paham dengan maksudnya.
Secara umum fungsi belajar tidak hanya untuk meningkatkan kepandaian semata, melainkan juga sebagai cara untuk meningkatkan kedisiplinan. Disisi lain, orang yang rajin belajar juga akan tahu gaya belajar yang dia pakai.
Seorang pakar pendidikan bernama Cohen, Weaver, dan Chi (2001) mengelompokan jenis gaya belajar menjadi beberapa, yaitu:
  • Auditori merupakan gaya belajar dengan cara mendengar.
  • Visual adalah gaya belajar dengan cara mengamati dan menggambarkan sesuatu.
  • Kinesthetik adalah gaya belajar dengan selalu menggerak-gerakkan bagian tubuhnya agar materi belajar dapat dimengerti.
Ketiga gaya belajar ini harus diketahui dan dikuasai oleh setiap individu sehingga kemampuan belajar mereka dapat dikembangkan secara optimal.
Demikianlah pembahasan singkat mengenai Contoh Paragraf Eksposisi Singkat yang admin tambah dengan Pengertian Paragraf Eksposisi, Ciri-Ciri Paragraf Eksposisi, dan Jenis-Jenis Paragraf Eksposisi. Semoga bermanfaat. Baca juga: Contoh Paragraf Analogi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Paragraf Eksposisi Singkat: Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.