--> Skip to main content

Cara Melamar Pekerjaan Agar Cepat Diterima

Cara Melamar Pekerjaan Agar Cepat Diterima -- Pekerjaan adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh seseorang yang sudah tumbuh dewasa. Dengan pekerjaan yang layak maka kehidupan yang mereka jalani juga semakin membaik. Namun dijaman yang sekarang ini untuk mendapatkan sebuah pekerjaan terbilang cukup sulit. Butuh perjuangan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Hal ini karena ada sekitar ratusan bahkan ribuan orang perharinya yang sedang mencari pekerjaan. Untuk melamar pekerjaan, orang-orang ini tadi sudah mengirimkan lamaran kerja bukan hanya sekali tetapi lebih dari pada sekali. Jadi bisa dibayangkan berapa ratus atau ribuan lamaran kerja dalam sehari yang berputar. Apakah mereka langsung diterima? Jawabannya adalah tidak. Susahnya mendapat persetujuan dari instansi yang dituju memang sangat sulit. Maka berusaha terus adalah sebuah jalan yang pas untuk sementara waktu. Baca juga: Contoh Lamaran Kerja dengan Bahasa Inggris

cara mudah melamar kerja

Dengan berbagai macam masalah diatas, admin mulai tergelitik untuk memberikan sebuah solusi agar lamaran kerja segera diterima. Ya walaupun tips ini tidak 100% mutlak harus ditiru tetapi tidak ada salahnya jika sobat dapat mengikutinya agar tidak kembali dan kembali melamar kerja yang pada akhirnya harus menghabiskan uang.

Berikut ini adalah tata cara agar lamaran kerja yang dikirim dapat diterima oleh pimpinan sebuah instansi yang Anda mau. Baca Juga: Contoh Interview Kerja Bahasa Inggris dengan Jawabannya

Tips Agar Lamaran Kerja Cepat Diterima

Baca dan pelajari dengan seksama tips yang diberikan admin ini agar lamaran kerja dapat diterima dengan mudah. Jangan sampai ada yang ketinggalan. Yuk mari dibahas dengan admin ya...

Pilihlah Pekerjaan yang Sesuai dengan Bidang Keahlian

Melamar pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlian adalah hal yang pasti. Jangan biarkan pihak instansi kerja yang dituju harus berfikir berulang kali ketika melihat bidang Anda dengan kesesuaian persyaratan kerja yang mereka tawarkan. Tidak ada istilah "siapa tahu beruntung" disini. Yang namanya keberuntunga itu bukan seperti itu kejadiannya. Jadi pilihlah kerjaan yang memang sesuai dengan bidang Anda atau paling tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda. Baca juga: Kalimat-Kalimat yang Harus dihindari Saat wawancara Kerja

Cantumkan Pekerjaan yang Diambil

Pilihlah jenis pekerjaan atau posisi kerja sejak awal Anda melamar kerja. Jarang sekali pihak instansi yang pertama kali membaca resume lamaran kerja Anda. Biasanya akan menanyakan latar belakang pendidikan dan posisi kerja yang diambil. Sehingga pada waktu wawancara kerja yang itulah yang akan sering ditanyakan pada tahap awal interview kerja. Intinya, bukan pihak instansi yang akan memilihkan posisi kerja yang sesuai dengan kemampuan Anda, tetapi Anda sendirilah yang memilihnya. Jadi perhatikan dengan seksama.

Buatlah CV yang Sesuai dengan Diri Anda dan Lampirkan Pada Berkas Lamaran Kerja

Lamaran kerja yang baik ialah lamaran kerja yang disertai dengan Curriculum Vitae saat mengirimkannya ke pihak instansi yang dituju. CV bukan hanya sebagai prasyarat melamar kerja melainkan juga sebagai penjelas tentang siapa diri Anda dan mengapa memilih posisi kerja tersebut. Dengan menyusun CV yang baik maka pihak instansi juga akan berfikir yang terbaik untuk Anda. Jangan sampai membuat CV yang berbelit-belit. Tunjukkan profesionalitas Anda dalam melamar kerja tersebut jangan sampai dengan CV yang Anda lampirkan justru pihak instansi kebingungan dengan siapa diri Anda. Baca juga: Cara Membuat CV dengan Bahasa Inggris

Ikuti Aturan Perusahaan

Kenyataannya sekitar 25% dari pelamar kerja yang mengkuti petunjuk dari perusahaan terbukti berhasil dan diterima kerja. Jadi mengikuti aturan-aturan yang disediakan oleh pihak instansi yang dituju sangat disarankan. Mungkin terdengar aneh, mengapa harus mengikuti aturan sistem penerimaan kerja? Tetapi jika dapat mengikuti dengan baik justru hasilnya juga akan lebih baik. Salah satu contoh nyatanya adalah dengan melampirkan semua persyaratan yang dibutuhkan oleh instansi. Kadangkala masih ada pelamar yang meninggalkan satu dua berkas yang dianggapnya tidak penting.

Berkomunikasilah dengan Sopan

Baik sebelum ataupun selepas mengikuti kegiatan wawancara kerja, mintalah kontak person mereka dengan sopan. Meminta kontak person disini artinya untuk menunjukkan Anda memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap kerjaan yang Anda pilih. Bertanyalah dengan sopan, bolehkah jika ada pertanyaan tentang pekerjaan nantinya Anda harus menghubungi. Jika ternyata lamaran kerja Anda diterima, Anda dapat selalu memfollow up kerjaan dengan sopan. Namun jika dalam perekrutan Anda dinyatakan gagal, Anda dapat meminta bantuan mereka dengan bertanya apakah ada informasi lain untuk mendapatkan pekerjaan.

Demikianlah artikel tentang Cara Melamar Pekerjaan Agar Cepat diterima. Berusahalah terus meskipun lamaran kerja belum diterima. Jangan sampai Anda sudah menyerah ditengah jalan. Lebih baik terus mencoba dan mencoba. Allah akan sangat menyukai hambaNYA yang tidak kenal putus asa. Jadi berusahalah terus jika lamaran kerja belum ada ditangan Anda. Sekian dulu. Semoga bermanfaat. Baca juga: Tips Jitu Lolos Interview Kerja
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar