Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja yang Baru





Baca Juga

Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja yang Baru -- Setelah sekian lama Anda mondar-mandir sana-sini untuk mencari pekerjaan tentunya dengan sebuah kalimat "Anda diterima kerja" adalah sebuah anugerah yang luar biasa yang diterima. Dengan ribuan bunga yang tersemat didalam dada itulah yang Anda rasakan seketika itu juga. Dengan demikian artinya Anda mampu meyakinan perekrut kerja untuk mengisi posisi kerja yang mereka tawarkan. Tapi permasalahannya sekarang adalah bagaimana jika hampir semua orang sinis karena Anda adalah orang baru? Bagaimana jika Anda benar-benar kikuk di lingkungan kerja? Bagaimana seandainya Anda tidak bisa bekerja dengan semaksimal mungkin? Oke. Jangan bingung dulu, admin punya sedikit solusinya. Baca juga: Cara Melamar Kerja agar Mudah Diterima

Cara menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja baru

Perlu Anda sadari bahwa perasaan seperti itu hanyalah kekhawatiran yang Anda ciptakan sendiri. Tidak ada yang semengerikan itu. Jadi, perasaan yang timbul itu juga akan hilang dengan berjalannya hari. Justru setelah kebahagiaan yang Anda rasakan hilang, Anda akan jauh lebih bingung karena harus memikirkan bagaimana caranya untuk mengarungi hari-hari selepas mendapatkan pekerjaan. Harus bagaimanakah dengan lingkungan kerja yang ada. Itu lebih menguras tenaga dan fikiran. Menyesuaikan dengan orang-orang dan lingkungan yang baru itulah yang sangat penting sekarang. So, Jangan panik. Semua orang pernah demikian. Itu hal yang wajar dan normal. Ikutilah petunjuk dari admin ini agar sedikit membantu untuk mengarungi bulan-bulan pertama dalam bekerja di lingkungan yang baru.

Tips Menyesuaikan Diri di Lingkungan Kerja Baru

Berikut ini adalah tips yang dapat Anda pakai untuk menyesuaikan diri di tempat kerja yang baru. Jangan sampai kikuk melanda saat hari pertama Anda kerja. Jangan sampai gelisah, galau dan gundah menyiksa batin Anda saat bekerja. Sesuaikanlah dengan lingkungan dan teman kerja Anda yang baru. Baca juga: Contoh Soal Jon interview dengan Bahasa Inggris beserta Jawabannya

Menjaga Penampilan

Siapa yang tidak kenal dengan istilah yang ini. Untuk menjaga profesionalitas Anda dalam bekerja tidak ada salahnya selalu menjaga penampilan. Jangan menerapkan cara berpakaian seperti saat masih duduk dibangku sekolah ataupun diperkuliahan. Karena disini Anda dituntut untuk lebih profesional jadi busana yang akan dipakai juga bukan asal nyaman saja. Agar lebih mantap dalam berpakaian, tanyalah kepada pihak perusahaan atau instansi yang Anda naungi tentang dress code yang harus dipakai perharinya. Jangan sampai salah pakaian karena kalau sampai salah Anda akan kikuk ditempat kerja.

Selalu Percaya Diri (Confidence)

Ini juga merupakan salah satu tips yang dapat membuat Anda tenang dalam menjalankan pekerjaan ditempat yang baru. Perhatikan, ketika Anda diterima dalam proses wawancara, pewawancara tersebut artinya senang dengan performance yang Anda tampilkan. Terus jaga kepercayaan diri Anda selama bekerja. Inilah yang akan menjadi poin plus Anda. Terus hadapi hari-hari Anda dengan senyum dan semangat yang secerah matahari.

Cobalah Untuk Santai

Seperti halnya kata bang Rhoma, "SANTAI". Itulah hal yang harus Anda ciptakan sebagai karyawan baru. Jangan khawatir jika ada perasaan nervous saat menjalankan tugas pertama itu tandanya Anda menginginkan yang terbaik dalam mengerjakan tugas tersebut. Tetapi terlalu gugup dan panik itu juga perbuatan yang salah. Hidup justru akan jadi lebih ribet. Jika gugup sudah melanda saat bekerja cobalah untuk menarik nafas dengan pelan-pelan. Cobalah untuk rileks.  Pikirkan hal-hal yang menyenangkan sebelum dan setelah bekerja tentu hal ini akan membuat pikiran tambah tenang. 

Segera Cari Teman Baru

Segera mencari teman-teman baru adalah hal yang tepat untuk menyesuaikan diri ditempat kerja yang baru. Sapalah dengan lembut dan penuh keakraban saat berjumpa dengan teman kerja yang baru. Apalagi dengan pimpinan. Jangan ragu dalam memulai pembicaraan. Mulailah dengan tenang dan santai dalam memulai obrolan. Lawan bicara akan sangat mengerti inilah cara Anda untuk beradaptasi, jadi mereka akan dengan senang hati membantu Anda. Yang perlu digaris bawahi adalah semuanya tidak akan berjalan semanis yang Anda harapkan. Kadangkala ada rekan kerja yang tidak suka dengan anak baru dikantor. Jadi jangan difikirkan selalu positif thinking adalah pas. Selalu membantunya untuk menyelesaikan kerja dan selalu menyapa terlebih dahulu, ini akan mencairkan suasana dengan rekan tersebut. Jika ada waktu ajaklah dia makan siang supaya rasa canggung yang ada akan hilang.

Selalu Waspada Masa Percobaan

Sebuah perusahaan tidak akan menerima Anda begitu saja. Anda akan diberikan masa percobaan kurang lebih selama 3 bulan pertama. Hal ini untuk memberikan testing terhadap kinerja Anda kedepannya. Perusahaan tidak ingin rugi setelah merekrut Anda. Jadi selama waktu ini semua aktifitas yang Anda lakukan akan selalu diawasi dan dipantau. Untuk mengatasi masalah ini cukuplah simple. Yang Anda harus lakukan adalah cukup datang selama hari kerja. Jangan pernah absen. Disisi lain, selama masa percobaan ini yang Anda harus lakukan adalah selalu bekerja dengan semaksimal mungkin, memberikan pendapat saat rapat, dan jangan sampai bertanya berkali-kali jika diberikan pekerjaan. Inilah yang akan jadi pertimbangan perusahaan untuk mempertahankan Anda atau tidak. Jadi, gunakan waktu ini sebaik mungkin dan berikan kesan yang luar biasa agar pimpinan terus terkesan dengan kinerja Anda.

Demikianlah tips untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Jangan biarkan rekan kerja yang baru membully Anda dan jangan sampai Anda terlihat kikuk saat bekerja. Selalu tenang dan berfikir semua bisa maka semua akan berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Apakah Anda demikian? Ataukah Anda memiliki pengalaman kerja yang unik? Silahkan sampaikan di kolom komentar. Terimakasih. Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja yang Baru"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.