--> Skip to main content

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menerima Kerja

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menerima Kerja -- Dengan diterimanya Anda bekerja tentu perasaan bahagia juga akan Anda rasakan. Spontanitas perasaan Anda ketika mengetahui bahwa diterima kerja akan menimbulkan perasaan senang, gembira, penasaran tak terkecuali juga perasaan takut. Rasa senang yang Anda rasakan bahkan tidak sanggup Anda bendung sendiri. Akhirnya Anda juga akan memberikan kabar kepada orang-orang terdekat Anda seperti orang tua dan istri.

hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menerima kerja

Senang boleh-boleh saja tetapi ada hal yang tidak boleh Anda tinggalkan begitu saja. Hal yang dimaksud disini jika tawaran kerja yang diberikan justru merugikan Anda. Oleh karena itu, disini Anda dituntut agar lebih bijak dalam menerima tawaran kerja. Jangan sampai salah pilih kerjaan. Meskipun tawaran kerja sudah didepan mata, Anda masih harus memilah dan mengerti pekerjaan seperti apa yang harus Anda terima. Baca juga: Contoh CV dengan Bahasa Inggris yang Baik

Memang pada dasarnya memilah-milah pekerjaan itu tidak baik. Disini admin hanya memberikan sedikit saran saja untuk menerima tawaran kerja selepas lamaran kerja yang Anda kirim sudah dinyatakan diterima. Apa saja yang harus dipertimbangkan? Bagaimana jika tidak sesuai dengan harapan? Jangan khawatir!! Admin punya sedikit solusinya. Mari dibahas satu demi satu.

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Menerima Tawaran Kerja

Berikut adalah tips yang dapat Anda pakai untuk mempertimbangkan pekerjaan seperti apa yang Anda inginkan. Sesuai atau tidak dengan keahlian yang Anda miliki. Berbagai macam pertanyaan tentu sekarang ada didalam benak Anda. Biar tidak bingung inilah sedikit jawabannya. Baca Juga: Tips Lolos Beasiswa Ke Luar Negeri dengan Mudah

Perhatikan Reputasi Kantor

Jika belum mengetahui secara detail kantor atau perusahaan yang menawarkan kerja, Anda dapat bertanya kepada seseorang yang mengetahui reputasi kantor tersebut. Jika ternyata tidak ada seorangpun yang tahu dengan reputasi kantor tersebut, dengan berat hati berusahalah untuk browsing melalui internet terlebih dahulu. Dengan cara ini Anda akan mengetahui reputasi kantor yang sedang menerima karyawan baru tersebut. Mengapa hal ini perlu dipertimbangkan? Karena dijaman sekarang ini yang serba mudahnya tidak sedikit perusahaan ilegal yang menipu calon karyawannya dengan empuk seperti seekor burung yang mematuk cingur kerbau.

Baca dengan Teliti Surat Tawaran Kerja

Sebelum Anda menandatangani surat perjanjian kerja, ada baiknya Anda membacanya dengan teliti.  Baca berulang jika tidak memahaminya. Jangan sampai sungkan bertanya jika menemui hal yang tidak dipahami. Ini membuktikan bahwa Anda cakap dalam menerima kerjaan. Dengan membaca surat ini tandanya Anda sudah paham betul dengan job description dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang ditawarkan tersebut. Jika ternyata Anda cocok dengan kerjaan yang ditawarkan, segeralah menandatanganinya. Tetapi jika Anda tidak pas, maka Anda sangat disarankan untuk tidak menandatanganinya dahulu karena ini berbau dengan hukum.

Job Description/Deskripsi Kerja

Menanyakan deskripsi kerja selepas Anda diterima kerja tidak ada salahnya. Hal ini karena supaya Anda paham betul dengan beban dan tugas Anda dikantor. Jangan sampai Anda harus bekerja melampaui batas tanggungjawab Anda. Diluar sana banyak sekali, perusahaan yang membebani karyawannya dengan tugas yang melewati kapasitasnya sebagai karyawan. Berusahalah sebijak mungkin dalam job description yang Anda pegang.

Perhatikan Lingkungan Kerja Baru

Jika tiga hal diatas sudah Anda pahami betul, maka selanjutnya Anda harus memahami lingkungan kerja baru Anda. Untuk menghasilkan hasil kinerja yang produktif dan inovatif adalah PR bagi semua karyawan. Sebagai karyawan baru yang akan menerima tawaran kerja, perhatikanlah lingkungan kerjanya. Jangan sampai Anda kikuk setelah menerima kerjaan. Ada baiknya Anda berusaha menyesuaikan diri terhadap lingkungan baru. Maka baca artikel ini untuk lebih jelasnya Tips Menyesuaikan Diri di Lingkungan Kerja Baru

Perhatikan Jenjang Karier

Bagian akhir dari pertimbangan Anda adalah meneliti lebih jauh kembali jenjang karir jika menerima tawaran kerja tersebut. Dengan hal ini Anda akan mengetahui apakah pekerjaan yang diterima dapat menunjang karir dimasa yang akan datang atau tidak. Jenjang karir adalah masa depan Anda. Jika tidak diperhatikan betul, ditengah jalan jika Anda merasa penat dengan pekerjaan takutnya Anda akan meninggalkannya dengan begitu saja. Jadi waspada tidak ada salahnya.

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menerima kerja. Perhatikan betul pekerjaan yang Anda terima. Jangan sampai salah pekerjaan yang justru menyiksa diri Anda. Memulai sebuah kerjaan itu mudah yang sulit adalah bagaimana cara untuk mempertahankannya. Terimakasih. Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja dengan Bahasa Inggris
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar