--> Skip to main content

Cara-Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Cara-Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja -- Jika mendengar kata produktivitas tentu tidak lepas dari kata dasarnya yaitu produk. Kemudian dikaitkan dengan skill maka akan menjadi produktif. Semua kata tersebut sarat penuh dengan makna. Bukan hanya sekedar makna yang hanya diliat kasat mata saja. Kemampuan dari diri kita ini jika dikaitkan dengan kata produktif dan produktivitas sangatlah erat sekali jika berada didalam dunia kerja. Maka jangan sampai Anda hanya memaknai kata-kata tersebut seenaknya saja. Jika hal ini Anda lakukan berarti Anda sudah menabung sebuah kegagalan. Produktif berarti diri kita ini harus terus berkembang dan selalu menghasilkan sesuatu saat bekerja. Sedangkan produktivitas yaitu saat bekerja dalam kurun waktu tertentu sudah berapa karya yang sudah kita hasilkan. Jika dibandingkan dengan karyawan yang lain jangan sampai Anda berada dibawah rata-rata mereka. Baca juga: Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menerima Kerja


cara meningkatkan produktivitas kerja

Oleh karenanya, jika Anda ingin selalu produktif dalam bekerja janganlah sering tidak masuk kerja. Jika hal demikian sering Anda lakukan sudah dapat dipastikan kinerja Anda sebagai karyawan akan segera berakhir. Kadangkala masih banyak dari karyawan sebuah perusahaan yang sering sekali ambil cuti berlibur. Padahal seringnya mengambil cuti justru akan memperburuk citra Anda dan akan menurunkan produktivitas Anda dalam bekerja. Banyak yang tidak tahu bagaimana caranya. Bahkan ada sebagain yang malah meninggalkan pekerjaan tanpa alasan karena produktivitas yang menurun. Mereka berlibur ke tempat pariwisata untuk menyelesaikannya. Menurut admin, itu justru bermasalah nantinya. Banyak yang tidak benar dalam meningkatkan produktivitas kerja. Terus bagaimana cara yang benar? Mari bahas satu demi satu.

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Salah satu indikator kinerja karyawan yang baik ialah memiliki etos kerja yang baik sehingga sebagai karyawan juga akan semakin produktif. Untuk meningkatkan produktivitas kerja, Anda dapat memakai tips-tips berikut ini. Baca juga: Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Selalu Menulis atau Mencatat Hal yang Penting

Dijaman era modern yang serba internet ini mungkin sudah banyak sekali yang meninggalkan kebiasaan terdahulu yaitu menulis. Kebanyakan sekarang ini justru menulis didalam laptop atau smartphone. Pada kenyataannya menulis dikertas justru lebih baik dari pada demikian. Ternyata menurut hasil penelitian oleh Psychological Science dan sekaligus telah dibuktikan kebenarannya oleh dua psikolog dari Princeton dan Universitas California, Los Angeles, Pam Mueller dan Daniel Oppenheimer. Mereka menyatakan bahwa menulis di kertas justru lebih banyak memiliki manfaat yang besar bila dibandingkan dengan mengetik. Dengan menulis dikertas, Anda ternyata akan mudah sekali dalam mengingat didalam otak. Tidak hanya itu, menulis dikertas juga akan meningkatkan daya fokus Anda. Dan yang terakhir, menulis dikertas juga menjadi sebuah treatment bagi otak agar tetap tajam hingga usia senja nantinya. Jadi saat bekerja usahakan untuk mencatat hal-hal penting saat rapat ataupun lainnya sehingga produktivitas akan naik seiring dengan pembenahan diri dari hari kehari.


Dahulukan Kerjaan yang Menjadi Prioritas

Sebagai karyawan tentu pekerjaan yang Anda terima itu tidak hanya satu. Semakin Anda tinggi maka semakin kencang angin yang menerpa. Jadi semakin baik Anda dimata pimpinan dan karyawan lainnya maka akan semakin besar tanggungjawab yang Anda pikul. Oleh karena itu, mendahulukan pekerjaan yang menjadi prioritas Anda adalah jalan yang tepat. Meskipun sebenarnya semua pekerjaan yang Anda terima adalah prioritas utama Anda. Jika Anda mampu melewati semua, maka tandanya Anda sudah menjadi karyawan profesional. Buatlah daftar prioritas untuk membantu kerja Anda. So, jangan main-main agar produktivitas Anda semakin baik.


Membuat Daftar List Prioritas

Inilah yang dimaksud Admin diatas, agar pekerjaan-pekerjaan yang benar-benar menjadi prioritas utama Anda lebih cepat terselesaikan maka buatlah daftar list untuk membantu Anda. Dengan list ini Anda akan semakin efektif dan efesien dalam menjalankan pekerjaan utama Anda. Jangan lupa agar Anda termotivasi terusa dalam menjalankan daftar list tersebut, saran dari admin buatlah satu atau dua kalimat penyemangat. Seperti, "Man ja da wa ja da" atau "Tidak ada yang tidak mungkin untuk diselesaikan". So, Stay Strong guys !!! 😀


Selalu Punya Opsi Cadangan

Permasalahan kerja yang Anda hadapi tidak hanya satu. Melainkan pulahan masalah pekerjaan. Oleh karena itu, jika Anda dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan sesingkat-singkatnya sementara tidak ada jalan keluar maka Anda harus selalu menciptakan jalan keluar lainnya. Opsi cadangan inilah yang menjadi angin segar bagi perusahaan ataupun bagi Anda sendiri. Jadi meningkatkan produktivitas bisa digali dengan memberikan kecepatan dan ketepatan dalam memberikan opsi lain ketika sudah tidak ada lagi karyawan yang memberikan bantuan pemecahan masalah. Kegiatan semacam ini yang akan menstimulasi kreativitas dan yang akan melatih otak Anda agar selalu berfikir serta terlatih untuk menjaring ide-ide/gagasan untuk dijadikan sebagai solusi atas berbagai tugas Anda.


Perkirakan Waktu Penyelesaian Kerja

Mengintegrasikan antara ketepatan waktu penyelesaian kerja dengan manajemen perusahaan ternyata juga dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Untuk memiliki analisis ketepatan waktu yang baik maka karyawan harus memiliki skill dan kualitas kerja yang baik. Kedisiplinan disini memberikan peran penting dari penilaian produktivitas kerja. Karena jika sejak awal sudah tidak disiplin kerja tentu semakin kebelakang semuanya juga tidak disiplin tidak terkecuali dengan masalah waktu penyelesain pekerjaan Anda. Baca juga: Kalimat-Kalimat yang Harus dihindari saat Wawancara Kerja


Hilangkan Gangguan

Walaupun Anda sudah menata semua hal yang berkaitan dengan penyelesaian tugas Anda jika ternyata masih banyak gangguan itupun juga akan menghambat penyelesaian pekerjaan Anda. Oleh karena itu, satu-satunya jalan Anda harus menghilangkan gangguan-gangguan yang super banyak tersebut. Hal ini bertujuan agar Anda semakin fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Salah satu yang dapat Anda terapkan ialah jangan memegang atau menyalakan smartphone Anda. Percuma kalau sudah menata rapi ternyata Anda di kamar hanya mainan smartphone bukan untuk menyelesaikan kerja. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menata ulang rapat-rapat yang kurang penting bagi Anda. Dengan demikian, pekerjaan yang Anda selesaikan bisa benar-benar maksimal.


Review Mingguan

Cara lain yang dapat meningkatkan produktivitas Anda ialah dengan melakukan review kerja mingguan. Dengan cara ini Anda dapat membandingkan hasil kerja tiap minggunya. Ada kenaikan atau justru ada penurunan kualitas kerja. Jika sudah ada kenaikan produktivitas kerja maka tugas Anda harus menjaganya agar tetap stabil. Gunakan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal nantinya.


Olahraga dengan Teratur

Dengan banyaknya pekerjaan yang Anda terima, resiko kelelahan sangat besar sekali akan Anda terima. Meluangkan waktu sebentar untuk menghilangkan penat akan meningkatkan kualitas kerja Anda setelah merefresh fikiran Anda kembali. Lakukan olahraga secara rutin dan teratur agar tubuh menjadi sehat. Memiliki peredaran darah yang normal akan selalu menjaga performa kerja Anda. Jadi jangan biarkan tubuh Anda semakin sakit dan terpuruk.

Demikianlah hal-hal yang dapat Anda pakai untuk meningkatkan produktivitas kerja. Meningkatkan produktivitas kerja tidak semudah membalikkan tangan. Anda harus memiliki strategi tersendiri untuk meningkatkannya. Untuk awalan saja, Anda dapat memakai cara-cara diatas. Jika cocok, Anda dapat menerapkannya. Jika masih kurang, maka Anda harus segera putar otak agar Anda tidak ketinggalan kerja oleh rekan kerja Anda. Sekian dulu. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Melamar Kerja Agar Cepat diterima
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar