Skip to main content

Pengertian Fokus Penelitian, Fokus Penelitian Adalah

Pengertian Fokus Penelitian, Fokus Penelitian Adalah -- Fokus penelitian adalah sebuah pusat konsentrasi dari tujuan penelitian yang sedang Anda lakukan. Dalam menyusun sebuah laporan baik itu, skripsi, tesis atau disertasi maka Fokus penelitian harus dijabarkan secara eksplisit dengan tujuan agar mempermudah peneliti sebelum mengadakan kegiatan observasi. Secara umum, Fokus penelitian adalah garis besar dari penelitian itu sendiri. Dengan begitu maka kegiatan observasi sampai analisa hasil penelitian bisa lebih terarah. Oleh karena itu, apabila Anda mau menyusun fokus penelitian segera perhatikan hal ini. Baca juga: Cara Menulis Footnote dari Berbagai Macam Sumber Ilmiah.
  • Harus fleksibel, maksudnya adalah masalah yang dibawa dalam penelitian memang dapat diteliti dan dapat dilaksanakan secara efisien. 
  • Harus jelas artinya bahwa rumusan masalah yang dibawa dalam penelitian harus bisa dipahami oleh semua orang dengan asumsi yang sama tidak boleh beda. 
  • Harus signifikan maksudnya bahwa hasil kajian dari fokus penelitian dapat memberi kontribusi nyata terhadap perkembangan ilmu dan lain-lain.
  • Harus etis, ini mengandung makna bahwa kajian serta hasil-hasil dari penelitian tidak bertujuan untuk menghujat / merendahkan orang lain.
Fokus Penelitian adalah

Dengan begitu maka dapat ditarik kesimpulan, penelitian adalah kegiatan untuk menguji hipotesis atau yang lebih dikenal dengan kegiatan untuk menguji kecocokan antara teori dengan fakta empirik di dunia nyata. Hubungan yang nyata ini sering dikupas serta diuraikan berlandaskan sebuah variabel, sedangkan hubungan nyata sering dibaca dengan memperhatikan informasi variabel tersebut. Variabel adalah suatu istilah / term yang dapat diberi nilai angka (kuantitatif) / nilai mutu (kualitatif).

Okeh coba kita lihat dulu pengertian Variabel. Variabel adalah pengelompokan secara logika dari 2 / lebih objek yang kita teliti. Dalam hal ini atribut yang dimaksud misalnya family background, family members, dan education backgroudn. Jadi variabel ini merupakan latar belakang keluarga yang berasal dari objek penelitian tersebut. Variabel latar belakang keluarga sudah mencakup seluruh atribut tadi. Variabel dapat disebut juga sebagai sebutan yang berasal dari 2 kata yaitu vary dan able, maksudnya adalah berubah dan dapat. Jadi, kata variabel mempunyai arti dapat berubah. Baca juga: Pengertian Proposal, Ciri-Ciri, Unsur-Unsur dan Tujuan Proposal.

Dengan kata lain setiap variabel penelitian dapat diberi nilai. Nilai-nilai tersebut berubah-ubah. Nilai ini berupa nilai kualitatif / kuantitatif. Ukuran kualitatif / kuantitatif dari variabel adalah bisa dilihat pada jumlah serta derajat atributnya. Jika dilihat dari segi poinnya, variabel dapat dibedakan menjadi 2, yaitu variabel kontinu dan variabel diskrit. Variabel diskrit mempunyai nilai kuantitas yang selalu berupa angka bulat, sedangkan variabel kontinu mempunyai nilai kuantitas berupa pecahan.

Nah berangkat dari paparan di atas admin akan tarik pengertian fokus penelitian agar lebih mudah.

Pengertian Fokus Penelitian

Yang dimaksud dengan fokus penelitian adalah pemusatan fokus kepada inti kegiatan penelitian yang akan dilakukan. Fokus penelitian ibarat sebuah jantung penelitian. Jadi ketika penelitian tidak memiliki fokus, jelas penelitian ini sudah terkategori sebagi penelitian yang bakal gagal.

Merujuk pada pengertian fokus penelitian di atas maka sangat disarankan kepada mahasiswa terutama mahasiswa tingkat akhir agar selalu membawa fokus penelitian yang jelas agar mudah dalam mengantarkan dirinya mencapai puncak keberhasilan dalam penelitiannya.

Maka dengan begini, tidak heran jika fokus penelitian sudah dipahami sejak semester awal akan mempermudah mahasiswa dalam menyelesaikan tugasnya. Banyak dari mahasiswa yang baru bertanya, apa itu fokus penelitian justru sudah semester akhir. Ini sangat berbahaya jadi Anda sebagai mahasiswa harus tahu betul pengertian fokus penelitian.

Ya mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan terkait dengan pengertian fokus penelitian. Ya Fokus Penelitian adalah inti sari dari penelitian Anda. Biasanya ditandai dengan adanya sebuah variabel yang sudah admin jabarkan di atas. Semoga Anda berhasil menyelesaikan skripsi Anda. Baca juga: Strategi Mengerjakan Tes Reading TOEIC Agar di atas 600.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar