Skip to main content

Contoh Kalimat Majemuk Konsensip, Ini Dia

Contoh Kalimat Majemuk Konsensip -- Sebagai pembelajar bahasa tentu Anda sudah mengenal baik apa itu kalimat dan berbagai macam bentuk serta tipe kalimat. Ada kalimat sederhana dan ada pula yang disebut dengan kalimat majemuk. Yang jelas, kalimat sederhana adalah kalimat yang minimal terdiri dari Subjek dan Predikat. Bisa jadi ini dilengkapi dengan Objek dan Keterangan agar menjadi kalimat sederhana yang memiliki arti sepenuhnya. Baca juga: Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif.

Pengertian Kalimat Majemuk Konsensip

Sedangkan ketika membahas kalimat majemuk tentu yang selama ini kita kenal ada dua, yaitu kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat. Namun pernahkan Anda berfikir jikalau ada jenis kalimat majemuk lainnya? Ya coba apa pengertian dari kalimat majemuk konsensip tentu Anda belum tahu bukan. Dan bagaimana contoh kalimat majemuk konsensip.

Berikut ini akan admin jabarkan kepada Anda semua terkait dengan pengertian / definisi kalimat majemuk konsensip. Bahkan admin lengkapi dengan contoh kalimat majemuk konsensip. Baca juga: Contoh Kalimat Fakta dan Opini.

Pengertian Kalimat Majemuk Konsensip

Adapun maksud dari pada definisi kalimat majemuk konsensip adalah kalimat majemuk yang ditandai dengan kata hubung seperti walaupun, meskipun, biarpun, kendatipun, sungguh pun. Jadi jika Anda mengetahui kalimat majemuk yang terdiri dari 2 klausa dan di klausa tersebut ada tanda hubung seperti yang sudah admin sampaikan maka itulah jenis dari kalimat majemuk konsensip.

Contoh Kalimat Majemuk Konsensip

Admin punya contoh kalimat majemuk konsensip. Silahkan Anda baca siapa tahu bisa bermanfaat untuk Anda.
  • Walaupun Brian sedang kehujanan, dia tetap melanjutkan kuliahnya.
  • Biarpun Pak Jono orang kaya, beliau tetap rendah hati dan tidak pelit.
  • Meskipun Anisa ditinggal pergi oleh ibunya, dia berani di rumah sendirian.
Contoh kalimat majemuk konsensip lainnya silahkan Anda buat sendiri. Anda pasti bisa melakukannya karena sudah ada penjelasan yang pasti mengenai contoh kalimat majemuk konsensip yang sudah admin jelaskan di atas.

Sekian penjelasan admin mengenai contoh kalimat majemuk konsensip. Semoga saja informasi ini membantu Anda, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman Anda. Baca juga: Contoh Kalimat Mejemuk Setara, Bertingkat, Campuran dan Rapatan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar