Strategi Mengerjakan Tes Reading TOEIC agar diatas 600





Baca Juga

Strategi Mengerjakan Tes Reading TOEIC agar diatas 600 -- Apa yang dimaksud dengan TOEIC (Test of English for International Communication)? TOEIC adalah sebuah tes kecakapan bahasa inggris yang mengukur kemampuan bahasa inggris dalam dunia kerja dan bisnis. TOEIC sering digunakan sebagai salah satu tes prasyarat masuk di sebuah perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang memakai syarat sertifikat TOEIC, yaitu PERTAMINA, CONOCOPHILIPS, dan HOLCIM. Pada dasarnya tes TOEIC sangatlah mirip dengan tes TOEFL. Hanya saja tes TOEFL biasanya digunakan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi baik itu S1, S2, dan S-3. Tetapi apakah TOEFL dipakai hanya untuk melajutkan pendidikan yang lebih tingg? Tentu tidak, masih ada beberapa perusahaan yang menggunakan persyaratan TOEFL sebagai syarat masuknya, yaitu: PLN dan PUSRI.

Artikel kali ini akan menyambung artikel yang sebelumnya mengenai Strategi Mengerjakan Tes Listening TOEIC karena yang perlu Anda ketahui bahwa tes TOEIC ini hanya terdiri dari tes dua skill saja, yaitu Listening dan Reading saja. Berbeda halnya dengan tes TOEFL yang terdiri dari tiga skill, yaitu ditambah dengan tes Structure dan Grammar. Pada artikel sebelumnya, admin sudah menjabarkan gambaran umum tes listening TOEIC dan strategi mengerjakannya. Sehingga, pada kesempatan kali ini admin akan menjabarkan bentuk-bentuk tes Reading TOEIC dan strategi mengerjakannya. Pada akhirnya, dua skill yang di ujikan pada tes TOEIC tidak akan terasa sulit untuk dikerjakan alhasil skor 600 sebagai passing grade tes TOEIC dapat Anda raih.


cara mengerjakan reading TOEIC

Sebelum kita bahas lebih lanjut lagi, kencangkan sabuk pengaman dan minum antimo agar tidak mabuk ketika membaca penjelasan dari admin. 😏

Sudah siap? Oke kalau sudah, Anda harus tahu bahwa tes Reading TOEIC terdiri dari 100 soal sama halnya dengan tes Listening TOEIC. Jika di listening TOEIC waktu yang disediakan selama 45 menit, untuk tes readingnya Anda harus mengerjakan selama kurang lebih 75 menit. Sanggup menyelesaikannya? 75 menit untuk 100 soal pilihan ganda. 😝. Baca juga: Cara Meningkatkan Skor TOEFL diatas 500


Gambaran Umum Tes Reading TOEIC

Ini adalah sesi kedua dalam tes TOEIC. Tes reading ini nanti akan di bagi menjadi tiga bagian pokok, yaitu Incomplete Sentence, Text Completion, dan Reading Comprehension. Jika dilihat-lihat sebenarnya didalam bagian tes reading ini terselip tes Grammar dan Structure. Mungkin tidak banyak yang menyadarinya. Padahal pada bagian incomplete sentence dan text completion inilah terdapat tes grammar dan structure. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa lihat perbedaan tes reading TOEIC model lama dan model baru. Ini untuk memberikan gambaran umum saja.

Old Test
New Test
Incomplete
Sentences
40 questions
Incomplete
Sentences
40 questions
Error
Recognition
20 questions
Text
Completion
12 questions
Reading
Comprehension
40 questions
Reading
Comprehension
48 questions

Di atas adalah perbedaan tes TOEIC part Reading model lama dan yang baru. Ada sedikit perbedaan istilah dan jumlah soal yang di ujikan. Jangan khawatir bisa dikerjakan tepat waktu atau tidak. Berdoa dan berusaha terlebih dahulu. Baca juga: Strategi Terjitu Meningkatkan Skor Listening TOEFL

Sebelum menginjak pada strategi mengerjakannya, mari kita bahas terlebih dahulu ada apa saja di dalam part-part tes reading TOEIC tersebut.

Bagian-Bagian Tes Reading TOEIC

Berikut adalah tiga bagian penting tes reading TOEIC beserta dengan paparan singkatnya. Baca dengan seksama agar tahu apa yang harus dilakukan jika sudah mendapatkan wawasan tentang bagian-bagian tes tersebut. Baca juga: Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dalam Sehari

Incomplete Sentences

Pada bagian tes ini, Anda harus memilih jawaban terbaik untuk menyelesaikan kalimat agar menjadi kalimat yang benar. Pengetahuan Anda tentang tata bahasa dan kosakata merupakan dua faktor penting dalam membantu Anda memahami konteks bacaan yang benar dari kalimat dan dalam memilih jawaban yang tepat. Misalnya, Anda harus terbiasa dengan bentuk kata seperti kata benda (noun), kata sifat (adjective), kata keterangan (adverb), dll untuk mengetahui mana yang cocok untuk menyusun kalimat yang benar.

Text Completion

Di sini, Anda akan diminta untuk mengisi bagian kalimay yang kosong. Bagian ini mirip seperti pada bagian Incomplete Sentence diatas. Perbedaannya adalah bahwa bagian yang kosong tersebut merupakan bagian teks panjang seperti halnya letter (surat).

Reading Comprehension

Bagian Reading Comprehension ini menyediakan teks yang diambil dari berbagai konteks seperti buletin, iklan, laporan, tabel, pengumuman, memo, dll kemudian diikuti dengan sejumlah pertanyaan yang harus Anda jawab. Keterampilan membaca atau strategi membaca seperti skimming, scanning dan pemahaman kosakata dalam konteks semua berguna di sini karena ini adalah bagian tersulit pada tes reading yang mana Anda harus sangat cepat disini. Teks yang disajikan pada bagian ini sangatlah panjang jika dibandingkan dengan dua bagian sebelumnya. Dua bagian sebelumnya adalah part yang paling mudah dalam tes Reading TOEIC. Jadi maksimalkan waktu Anda.

Jika sudah paham dengan isi perbagian tes reading TOEIC maka tiba saatnya untuk belajar bagaimana strategi yang pas untuk mengerjakannya.

Strategi Mengerjakan tes Reading TOEIC

Baca dan teliti perstrategi yang akan admin bagikan ini. Semoga saja, artikel ini dapat membantu Anda dalam mengerjakan tes TOEIC. Alhasil, skor 600 yang Anda idam-idamkan dapat tercapai. Amin.

Incomplete Sentences

Untuk melakukannya dengan baik di bagian ini, Anda harus tahu berbagai macam part of speech (kelas kata) dan bagaimana mereka digunakan untuk membentuk kalimat dengan tata bahasa yang benar. Oleh karena itu secara khusus, Anda harus berhati-hati dengan:
  • Two-part phrasal verbs
  • Kesalahan dalam penggunaan preposisi
  • Kesalahan penempatan kata sifat
  • Bentuk kata yang salah
  • Kesalahan tenses yang digunakan
  • Kesalahan penggunaan kata transisi seperti however, furthermore, etc.
  • Kesalahan penggunaan konjungsi seperti and, but, dll

Banyak pilihan yang mungkin sama menurut pandangan Anda. Untuk menghemat waktu, cobalah untuk memasukkan kata-kata yang disediakan kedalam bagian yang kosong untuk mengecek kata mana yang cocok untuk mengisi tenses yang benar.

Text Completion

Strategi yang digunakan di sini kurang lebih sama dengan yang digunakan untuk melengkapi incomplete sentences di atas. Perbedaannya adalah karena bagian yang kosong yang harus Anda isi adalah bagian dari potongan tulisan yang panjang seperti surat dll maka Anda perlu memperhatikan tidak hanya aspek tata bahasa didalam pikiran tetapi juga konteks dan nada seluruh tulisan. Dengan kata lain, Anda harus mendapatkan makna yang pas jika kalimat tersebut diisikan pada bagian yang kosong.

Reading Comprehension

Seperti dalam semua latihan Reading Comprehension, berbagai macam keterampilan atau strategi harus digunakan untuk menyimpulkan jawaban yang benar. Contoh dari strategi tersebut adalah skimming, scanning, parafrase, dan pemahaman kosakata dalam konteks. Anda harus mampu mengidentifikasi sinonim dan informasi tersirat. Sebuah petunjuk yang jelas adalah bahwa urutan pertanyaan dan urutan lokasi jawaban pada bagian ini selalu berurutan dari atas kebawah dalam teks bacaannya. Jadi semisal soal nomor satu kunci jawabannya berada di paragraf pertama baris pertama, kemungkinan besarnya soal nomor dua akan berada di urutan berikutnya semisal berada di paragraf satu baris kedua. Ini akan menghemat waktu Anda ketika memindai rincian spesifik dari teks yang Anda baca. Pastikan bahwa jawaban yang Anda pilih adalah jawaban yang benar, karena banyak pilihan jawaban yang hanya mengulangi informasi dalam bacaan. Terakhir, Anda mungkin lebih suka membaca pertanyaan sebelum menjawab soal pada bagian ini, untuk mendapatkan makna dari teks yang disajikan, tetapi itu kurang benar. Biasakanlah membaca pertanyaan dahulu baru kemudian membaca teksnya agar lebih cepat. Disisi lain, agar kemampuan membaca Anda semakin baik dari hari ke hari maka menyelesaikan banyak latihan tes Reading TOEIC adalah jalan yang tepat untuk membiasakan diri dengan tes TOEIC.

Demikianlah strategi mengerjakan tes reading TOEIC. Semoga dengan adanya dua strategi yang sudah admin jelaskan ini, skor TOEIC Anda dapat diatas 600. Sehingga dapat Anda pakai untuk melamar kerja atau bahkan daftar beasiswa LPDP untuk melanjutkan karir pendidikan Anda. Semoga bermanfaat. Baca juga: Tips Pintar Lolos Beasiswa LPDP

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Strategi Mengerjakan Tes Reading TOEIC agar diatas 600"

  1. Nice info gan .. Sangat bermanfaat .. :D

    ReplyDelete
  2. bisa dicoba nih gan triknya

    ReplyDelete
  3. Strateginya keren lahh ini baru yang namanya Strategi :D

    ReplyDelete
  4. my english so bad :'v tapi ngerti maksud nya sama arti nya kalau nyanyi inggris :v mungkin butuh belajar yg dikasih tips nya di artikel ini

    ReplyDelete
  5. mantab juga ni, ntaps gan tengkyu ya

    ReplyDelete
  6. kebetulan ane mau Test nih gan

    ReplyDelete
  7. Banyak belajar pastinya yg paling utama ya gan, btw makasih gan informasinya

    ReplyDelete
  8. mantap nih strategi manjurr,, ane dapet nilai 8 yg biasanya di bawah 6 :D

    ReplyDelete
  9. Ini baru yang namanya strategi sangat bermanfaat gan thanks

    ReplyDelete

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.