Strategi Mengerjakan Tes Listening TOEIC agar diatas 600





Baca Juga

Strategi Mengerjakan Tes Listening TOEIC agar diatas 600 -- Test of English for International Communication (TOEIC) adalah tes yang dirancang untuk mereka yang bahasa ibunya (mother tongue) bukan bahasa Inggris. Tes TOEIC dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris untuk orang-orang yang dalam kesehariannya bekerja di lingkungan internasional. Nilai-nilai yang diperoleh dalam mengikuti tes TOEIC ialah menggambarkan seberapa mahir seseorang berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan yang lainnya dalam konteks komunikasi yang umum, termasuk dalam ruang lingkup pendidikan, bisnis, perdagangan dan industri.

strategi mengerjakan listening TOEIC

Tes ini tidak memerlukan pengetahuan khusus atau istilah yang tidak umum yang digunakan orang dalam aktivitasnya sehari-hari. Bagian dari tes TOEIC adalah Listening dan Reading saja. Berbeda sekali dengan tes TOEFL yang ditambah dengan Structure and Grammar test. Salah satu format tes TOEIC adalah paper-and-pencil based. Pada kesempatan kali ini admin hanya memfokuskan pada tes Listening saja. Tes Listening berlangsung sekitar 45 menit. Tes ini berisi 100 pertanyaan, dibagi menjadi empat bagian, yaitu:

Model-Model Tes Listening TOEIC

Part
Content
Old Test
New Test
1
Photographs
20 questions
10 questions
2
Question-Response
30 questions
30 questions
3
Short Conversations
30 questions (30 conv., 1 question each)
30 questions (10 conv., 3 questions each)
4
Short Talks
20 items (6-9 talks, 3-4 questions each)
30 questions (10 talks, 3 questions each)

Ada 4 bagian dari tes listening TOEIC yang harus Anda kuasai agar nilai tes Listening diatas rata-rata. Bagian-bagian tersebut ialah photographs, question-response, short conversations, dan short talks. Masing-masing bagian memiliki tingkat kesulitan dan kemudahan masing-masing. Jadi mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes dengan cara membiasakan diri untuk selalu mengerjakan soal-soal TOEIC adalah cara yang paling benar. Berangkat dari situlah kebiasaan tersebut juga membuatuhkan sebuah strategi agar nilai yang diharapkan sesuai dengan kenyataan. Berikut adalah strategi dan gambaran umum dari bagian-bagian dari tes Listening TOEIC. Baca juga: Strategi Meningkatkan Skor Listening TOEFL


Gambaran Umum Bagian-Bagian Tes Listening TOEIC

Berikut ini adalah penjelasan singkat dari tes Listening TOEIC. Baca dan pahami betul apa sih sebenarnya dari part-part yang ada di tes ini. Gambaran umum ini akan memberikan pandangan kepada Anda seperti apa listening tes pada TOEIC. Gunakan wawasan berikut ini untuk menambah pengetahuan Anda tentang tes TOEIC nantinya.

Photographs

Pada bagian ini Anda akan disajikan dengan sebuah gambar yang disertai dengan empat buah pernyataan. Gambar yang disajikan bisa berupa orang, sesuatu benda, dan sebuah tempat. Setelah teks listening diperdengarkan, Anda diharuskan untuk memilih kalimat yang sesuai dengan gambar yang ada. Anda hanya akan mendengar teks listening sekali saja dan kemudian harus sesegera mungkin memilih pilihan jawaban yang paling tepat. Part ini merupakan part termudah dalam tes listening TOEIC. Maksimalkan pada bagian ini jika pada bagian lain Anda mengalami kendala.

Question-Response

Pada bagian ini Anda akan disajikan dengan sebuah pertanyaan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan orang, kejadian-kejadian, tempat, waktu, emosi, alasan-alasan, pendapat-pendapat, dan aktivitas-aktivitas. Pilihlah jawaban yang sesuai dengan audio yang Anda dengar.

Short Conversation

Pada bagian ini Anda akan disajikan dengan sebuah dialog pendek yang diikuti dengan beberapa pertanyaan detail tentang dialog tersebut. Anda diharuskan untuk memilih salah satu jawaban yang paling tepat dari empat pilihan yang disediakan. Pada bagian ini materi yang disajikan berupa dialog-dialog yang berkaitan dengan aktifitas, lokasi, hubungan atau emosi dari pembicara.

Short Talks

Pada bagian ini Anda akan diberikan sebuah monologue seperti laporan berita cuaca, iklan atau buletin. Kemudian setelah selesai mendengarkan audio, Anda diharuskan memilih jawaban yang paling pas sesuai dengan apa yang pembicara katakan. Materi pada monologue ini berkaitan dengan tempat, waktu, alasan dan kegiatan. Ini adalah part tes yang lumayan berat. Jadi Anda harus benar-benar hati-hati pada bagian ini.

Itulah gambaran umum mengenai bagian-bagian dari tes Listening TOEIC. Jika sudah paham kira-kira bagaimana model tesnya. Sekarang saatnya masuk pada bagian tips atau strategi dalam mengerjakan tes tersebut. Baca juga: Cara Meningkatkan Skor TOEFL diatas 500


Tips Mengerjakan Tes Listening TOEIC

Dibawah ini akan dijelaskan mengenai tata cara dalam mengerjakan tes listening TOIEC. Bacalah dengan seksama tipsnya karena ini akan dapat membantu Anda dalam mengerjakan tes realnya. Apa saja yang harus diperhatikan?


Strategi Mengerjakan Photographs

Pada bagian pertama tes listening TOEIC adalah Anda akan disajikan sebuah Photographs. Anda akan diperdengarkan sebuah audio yang berkaitan dengan gambar yang disajikan kemudian Anda diharuskan untuk memilih pilihan jawaban yang benar-benar mendeskripsikan gambar yang Anda lihat. Kunci pertama yang dapat Anda gunakan ialah dengan membaca seksama terlebih dahulu empat pilihan jawaban yang disiapkan sebelum audio diperdengarkan. Ada jeda beberapa waktu untuk membacanya. Jadi maksimalkan kesempatan ini. Jika sudah menemukan pilihan jawabannya maka Anda juga harus detail dalam menemukan tiga pilihan jawaban yang salah. Tiga pilihan yang salah memiliki kriteria, yaitu:
  • Bunyi yang Anda dengar mirip dengan pilihan jawaban yang Anda baca. Tetapi kenyataannya berbeda. Jadi pilih yang berbeda.
  • Kata-kata yang benar digunakan dengan tidak tepat.
  • Kata-kata yang benar digunakan dalam pola yang salah.
  • Jawaban hanya sebagian yang benar.
  • Kata-kata yang mengacu pada konteks berbeda sekali dengan apa yang ada di gambar.
  • Kata-katany berkaitan, tetapi tidak sesuai dengan gambar.
Cara yang paling pas dalam mengerjakan bagian tes ini ialah dengan membaca ringkas dan mengamati secara jelas gambar yang disediakan. Kenali apa yang sedang terjadi seperti halnya journalis atau spy. Gunakan pendekatan: who, what, where, dan why? Dengarkanlah kata-kata yang ditekankan atau diperkuat oleh pembicara. Kemungkinan itulah klue dalam soal tersebut.

Strategi Mengerjakan Question-Response

Pada bagian kedua dari tes listening TOEIC ialah Question-Response. Anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan tentang hampir apa saja dan Anda harus memilih jawaban yang cocok. Yang harus diperhatikan adalah:
  • Kata-kata yang terdengar serupa tapi memiliki arti yang berbeda
  • Pertanyaan WH - yang dengan what, when, where, why, who - yang membutuhkan jawaban logis.
  • Pertanyaan dengan Question Tag.
  • Pertanyaan Ya atau tidak yang mungkin tidak dijawab dengan langsung ya / tidak.
Untuk mendapatkan jawaban yang terbaik ialah dengan mengingat pertanyaan dengan jelas dalam pikiran saat Anda memindai kemungkinan jawaban yang disediakan. Pilih salah satu yang menurut Anda paling benar. Jika ragu, kira-kira saja. Anda tidak akan kehilangan poin saat salah menjawab.

Strategi Mengerjakan Short Conversation

Pada bagian ketiga, Anda akan mendengar dialog singkat dan kemudian Anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan tentang apa yang Anda dengar. Anda perlu menggunakan memori jangka pendek Anda dengan baik. Strategi terbaik adalah untuk berhati-hati pada hal-hal berikut ini:
  • Kata-kata serupa yang terdengar
  • Kata-kata yang tidak akurat
  • Pola kalimat yang membingungkan
  • Kata-kata yang mengubah makna
  • Kata-kata negatif (Hardly, not, dll)
  • Kata yang berhubungan dengan waktu (always, never, dll)
Ini akan membantu jika Anda dapat membaca pertanyaan dengan baik dan bahkan mungkin dengan mudah memilih jawaban. Perhatikanlah, sebelum Anda mendengar dialog. Periksa semua pilihan dan jangan memilih terlalu cepat. Coba pahami dan imaginasikan di mana mereka (pembicara) berada.

Strategi Mengerjakan Short Talks

Pada bagian keempat dari tes listening TOIEC ialah Short Talks. Disini Anda akan mendengar beberapa monolog dan kemudian Anda akan disajikan pertanyaan tentang hal itu. Tindakan yang sama harus dilakukan seperti pada bagian sebelumnya, tetapi Anda perlu berkonsentrasi dan harus lebih hati-hati untuk mengingat detail monolog yang Anda dengar. Memperhatikan konteks. Cobalah untuk membaca pertanyaan terlebih dahulu jika Anda punya waktu, dan Anda harus bisa mendengarkan seluruh pembicaraan sebelum memilih jawaban. Gunakan waktu Anda dengan bijaksana atau Anda harus menebak jawaban jika ketinggalan. Jangan sampai tertinggal atau kehilangan informasi penting terkait dengan pertanyaan berikutnya.

Demikianlah Strategi Mengerjakan Tes Listening TOEIC agar diatas 600. Berusahalah jika Anda masih gagal dalam mengikuti tes ini. Tes TOEIC sangatlah penting bagi siapapun yang bekerja dalam ruang lingkup internasional karena tes ini akan membantu mengukur seberapa paham Anda dalam menguasai bahasa inggris dalam dunia kerja. Semoga bermanfaat. Baca juga: Tips Meningkatkan Skor Reading TOEFL

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Strategi Mengerjakan Tes Listening TOEIC agar diatas 600"

  1. cocok nih gan buat adik saya yg masih sma biar dapet nilai gede bahasa bule nya :D

    ReplyDelete
  2. Lumayan nih udah dikasih gambaran umun tes dikasih strategi nya juga lagi..

    ReplyDelete
  3. Ada contoh file audionya ga gan untuk test TOEIC. Saya pengen nyoba. Minta bantu dishare kalau ada filenya ya. Thanks.

    ReplyDelete
  4. apakah ini sejenis TOEFL? soalnya saya punya impian masuk univ luar yg nilai toefl harus tinggi

    ReplyDelete
  5. wahh thx infonya gan bermanfaat banget

    ReplyDelete
  6. mantap bro , kebetulan ini Q sudah menjalani TOEFL, dan sekarang tinggal TOEIC , mayan dah buat referensi nanti menjelan TOEIC, terimakasih ya bro

    ReplyDelete
  7. Wueh.. fokus ke conversation dulu gan ane..

    ReplyDelete
  8. Bagaimana dengan yang agak tuli seperti saya ? dan juga speaker yang agak rebek di sekolah saya.

    Terima kasih .

    ReplyDelete
  9. wahh sangat bermanfaat banget nih thanks gan

    ReplyDelete

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.