Cara Memasang Script Adsense for Search di Blog Terbaru





Baca Juga

Cara Memasang Script Adsense for Search di Blog Terbaru -- Sudah bukan hal umum jika Google Adsense adalah program terbaik dari Google untuk menghasilkan uang dari internet. Google Adsense merupakan sebuah alternatif jalan yang pas bagi seseorang yang senang dengan dunia menulis. Menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan, Google akan membantu orang tersebut dalam wadah blogging. Orang yang bergelut di Google Adsense disebut dengan advertiser iklan sedangkan orang yang bergelut dengan Google Adwords disebut dengan Publisher iklan. Namun untuk kali ini admin tidak akan membahas perbedaan antar keduanya. Cukup Adsense saja yang akan kita pelajari kali ini.


Google CSE
Untuk menjadi advertiser iklan, seorang blogger harus memiliki setidaknya sebuah situs yang berkualitas untuk menanamkan kode atau script iklan dari Google Adsense. Situs yang berkualitas akan di hargai lebih oleh Google. Google akan mengijinkan situs tersebut ikut andil bagian dalam program monetisasi situs. Untuk blogger yang dapat melewati proses monetize blog, mereka dapat dengan mudah menerapkan berbagai jenis iklan Google Adsense, contohnya iklan adsense untuk konten (adsense for content), iklan adsense tautan (Link Unit), dan iklan adsense untuk pencarian (adsense for search). Sebenarnya macam-macam Google Adsense masih banyak. Namun admin rasa, tiga hal diatas sudah cukup bagus untuk dipelajari. Dan untuk kesempatan kali ini, admin akan memfokuskan pada salah satu jenis adsense diatas, yaitu adsense for search. Perlu digarisbawahi bahwa semua jenis adsense dapat Anda nikmati jika status Google Adsense sobat ialah Google Adsense Non-Host. Apakah adsense for search juga menghasilkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita jawab satu demi satu. Baca juga: Cara Mengupgrade Status Google Adsense (English Version)

Cara Memasang Kode Iklan Adsense untuk Pencarian

Pada dasarnya, sebuah situs yang berada di internet haruslah memiliki sebuah kotak pencarian untuk membantu pengunjung dalam mencari artikel yang berada didalam situs tersebut. Dengan adanya kotak pencarian maka pengunjung akan lebih mudah dalam mencari artikel-artikel yang dibutuhkan. Terlebih lagi jika situs yang diakses tersebut juga telah diterima dalam program Google Adsense. Tentu, dengan demikian penghasilan yang diterima juga semakin bertambah. Walaupun memang adsense for search menurut para web master bayarannya tergolong kecil. Tergantung pada jumlah pengunjung yang mencari pada kotak yang disediakan tersebut. Semakin banyak juga semakin besar.

Sebelum masuk pada pokok bahasan yang perlu diketahui bahwa adsense untuk pencarian ini dapat diatur sedemikian rupa. Konfigurasi dalam jenis iklan ini ada dua, yaitu Anda dapat mencari artikel yang hanya ada di blog tersebut dan atau Anda dapat mencari artikel seperti halnya di halaman Google. Saran saja, untuk meningkatkan kualitas situs Anda dan nilai SEO situs Anda. Pakailah konfigurasi yang pertama. Sehingga, pengunjung tidak akan pernah pergi kemana-mana. Mereka hanya akan stay ditempat Anda. Baca juga: Cara Meningkatkan Status Google Adsense Hosted Menjadi Google Adsense Non-Host Terbaru

Nah berangkat dari permasalah diataslah, Admin hendak memberikan sedikit tutorial bagaimana cara memasang adsense untuk pencarian tersebut. Jika Anda berhasil memasang ini, Anda tidak hanya mendapatkan tambahan gaji adsense tetapi juga akan mendapatkan nilai SEO On-Page yang meningkat pula. Baca juga: Apa itu SEO On-Page?

Tata Cara Memasang Kode Iklan Adsense untuk Pencarian

Perlu diingat kembali, hanya Adsense yang sudah full approve yang dapat memakai fitur ini. Bagi adsense yang masih berupa adsense for content host belum bisa. Jika ingin menikmati fitur ini Anda harus mengupgrade status adsense Anda. Mari kita mulai tata caranya.
  • Log in Adsense Anda
  • Klik My Ads, scroll ke bawah bagian ini. Hingga menemukan kata Other Products.
  • Pada bagian Other Products silahkan aktifkan Adsense for Search. Jika ada pilihan lain, silahkan mau diaktifkan atau tidak itu terserah Anda.
  • Jika sudah aktif, dibagian bawah My Ads akan muncul tab baru bertuliskan Search.
  • Klik Search dilanjutkan dengan klik Custom Search Engines.
  • Untuk membuat kotak pencarian adsense, klik pada bagian New Custom Search Engine.
Lebih jelasnya lihat pada gambar berikut ini.


Google CSE

Sudah jelas apa belum? Setelah paham dengan gambar, maka ikuti petunjuk berikut ini:
  • Isilah form yang muncul dengan benar dan jangan sampai ada yang ketinggalan.
  • Isilah nama iklan dengan nama situs Anda diakhiri dengan kata search agar lebih mudah menghafalnya.
  • Yang paling penting jangan lupa masukkan kata kunci situs Anda. Masukkan sebenar-benarnya dan setepat-tepatnya.
  • Dibagian “What to Search”, pilih  “Only Sites I select” dan tulis Url Situs Anda dengan lengkap. Jangan lupa centang "use popular queries" dan "use safe search", seperti pada gambar.
Tahapan Pengisian Google CSE
  • Dibagian “Search Results”, pilih  “On my website using an iframe” atau "URL yang akan menampilkan hasil penelusuran" dan jangan lupa pilih jenis gaya iklan sesuai dengan keinginan Anda beserta panjangnya.
Setting Hasil penelusuran Google CSE
  • Sign in ke dashboard blog Anda. Silahkan Anda mau mengintegrasikan pada template Anda atau mau buat kotak pencarian di laman baru. Terserah Anda.
  • Jika menaruh pada template Anda jangan lupa parse dahulu dan pasangkan sesuai dengan ukuran yang Anda mau. Sedikit catatan saja, menata kotak adsense untuk pencarian sedikit susah karena harus menyesuaikan panjang dan lebarnya sesuai dengan template Anda.
  • Jika ingin membuat kotak pencarian di laman baru, Anda dapat mengikuti cara berikut ini:
    • Sign in Blog Anda
    • Buka Tab Laman
    • Buat Laman Baru, ini yang nantinya akan menjadi laman penampil hasil pencarian dengan Google CSE (Custom Search Engine) Anda.
    • Paste script Adsense for Search yang sudah di copi tadi dengan menambah kode berikut ini pada mode HTML.
<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<style>
#main-wrapper{width: 920px; float: left;  word-wrap: break-word;overflow: hidden;}
</style>
<style>
#rsidebar-wrapper{display:none;}
</style>
<style>
#sidebar-wrapper{display:none;}
</style>
<style>
#lsidebar-wrapper{display:none;}
</style>
<style>
#comment-form{display:none;}
</style>
<style>
#comments{display:none;}
</style>
<style>
#linkwithin{display:none;}
</style>
  • Apabila sudah berhasil mem-paste kode iklan tersebut jangan lupa simpan laman Anda.
  • Setelah menyimpan laman tersebut, cobalah untuk menampilkan laman tadi dan copy Url-nya untuk ditempatkan di domain pencarian. (URL where search results will be displayed).
  • Kemudian “Save and get the code”. Jika melihat 3 macam kode pencarian. Silahkan pilih keinginan Anda.
script google cse
    Catatan:
  • Kode pertama, cara menggunakannya ialah dengan masuk pada Lay out (Tata Letak) blog Anda dengan menambahkan widget HTML. Paste kodenya dan tempatkan widget tersebut sesuai dengan keinginan.
  • Kode kedua dan ketiga, masukkan pada laman yang telah Anda buat di blog tadi. Klik edit pada laman Anda kemudian copi-paste kedua script tersebut pada laman Anda tanpa menghapus kode yang Anda buat pertama tadi.
Tahap Selanjutnya:
  • Buka situs Anda, carilah artikel dari situs Anda pada kotak pencarian yang sudah Anda buat. Perlu berhati-hati apakah mencari atau menggunakan adsense milik sendiri itu aman atau tidak.
Demikianlah penjelasan singkat "Cara Memasang Kode Iklan Adsense for Search di Blog". Banyak blogger yang mengatakan bahwa dengan mengaktifkan iklan adsense untuk pencarian maka Anda dapat menambah pendapatan Google Adsense. Tidak ada salahnya Anda mencoba, siapa tahu itu benar adanya. Sekian dulu dan semoga bermanfaat. Selamat bereksperimen. Baca juga: Berbagi Pengalaman Tips Sukses Daftar Google Adsense Full Approve

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Cara Memasang Script Adsense for Search di Blog Terbaru"

  1. Wah ada juga to model kaya gini, baru tahu gan. Nice banget lah Infonya

    ReplyDelete
  2. Ijin coba dulu ah tipsnya :D

    ReplyDelete
  3. boro2 menemukan fitur ini, ngelamar aja masih di tolak wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Boleh di coba nih cara memasang nya tapi nanti klo udah daftar adsense dan full approved

    ReplyDelete
  5. Sayangnya saya belum dapet adsense, tapi thanks infonya biar nanti udah dapet bisa langsung dipraktekkin.

    ReplyDelete
  6. Wah ternyata mudah ya pasang Adsense di Costum search... Makasih Bos :D

    ReplyDelete
  7. makasih gan tutorialnya, doain aja ane keterima adsense :)

    ReplyDelete

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.