Niat Sholat Tarawih Jelas dan Lengkap





Baca Juga

Bacaan Niat Sholat Tarawih, Lafadz Niat Sholat Tarawih -- Anda kaum muslim? Tahu bagaimana lafadz niat sholat tarawih berjamaah? Oke sebelum kita bahas lebih mendalam mengenai niat sholat tarawih ada baiknya Anda mengetahui seluk beluk sholat tarawih.

Pada kesempatan kali ini, Anda harus tahu definisi atau makna sholat tarawih, keutamaan sholat tarawih, waktu sholat tarawih, tata cara sholat tarawih berjamaah, dan bacaan niat sholat tarawih. Langsung saja kita bahas satu demi satu. Baca juga: Doa Setelah Sholat Tahajud

Pengertian Sholat Tarawih

Sholat Tarawih adalah sholat sunnah yang boleh dikerjakan oleh laki-laki dan perempuan yang sudah baligh, berilmu, berakal, dan tidak dalam keadaan najis (muslim) setiap malam di bulan ramadhan sebagai salah satu amalan yang paling indah pada bulan puasa. Hukum dari sholat tarawih adalah sunnah. Jadi jika dikerjakan dapat pahala namun jika tidak dikerjakan tidak mendapat dosa. Tapi, alangkah lebih baik meskipun sunnah Anda harus mengerjakan sholat tarawih. Hal ini karena Anda akan sangat menyesal dikemudian hari jika tidak dapat menikmati keutamaan shalat tarawih berjamaah selama bulan puasa.

Keutamaan Sholat Tarawih

Jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya di kalender hijriah, bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang sangat istimewa bagi kaum muslim di seluruh dunia. Jadi jangan hanya merayakan tahun baru masehi saja setiap tanggal 1 Januari tapi sebagai kaum muslim Anda juga harus memikirkan kemegahan bulan Ramadhan hingga bulan Syawal. Jangan mau dibawa kebudayaan yang tidak jelas yang akan menghancurkan kita dan menuntun kita menuju hari akhir tanpa Anda sadari. Oleh karena itu, setiap amalan di bulan Ramadhan nilainya berlipat ganda. Bayangkan saja, jika Anda beramal di bulan ramadhan yang hanya sebesar biji sawi tapi apakah Anda tahu balasan Allah untuk Anda? Hanya Allah dan Anda sendiri yang bisa merasakannya.

Sehingga, di bulan Ramadhan ini selain ibadah wajib Anda juga harus meningkatkan amalan sunnah lainnya. Misalnya dengan sholat tarawih berjamaah dan tadarus Al-Qur'an. Itulah mengapa keutamaan bulan ramadhan dan sholat tarawih tidak dapat dipisahkan. Disamping itu, bulan ramadhan merupakan bulan dimana semua pintu neraka ditutup dan hanya terbuka pintu surga. Bukalah pintu surga tersebut dengan amalan yang bermanfaat misalnya dengan sholat tarawih.

Waktu Sholat Tarawih

Anda sebagai orang islam tentu akan sangat menyesal jika tidak mengerjakan shalat tarawih berjamaah. Karena shalat tarawih hanya datang sekali dalam setahun, yaitu hanya pada bulan Ramadhan saja. Untuk waktunya juga sangat terbatas kadang 29 atau 30 hari saja tergantung hitungannya.

Dari segi waktu, Shalat tarawih dikerjakan selepas shalat Isya' hingga terbit fajar. Jadi selepas shalat Isya' Anda dapat mengerjakannya. Ingatlah, waktu yang sangat terbatas ini, meskipun ini hanya salah satu amalan sunnah setidaknya dapat mengurangi beban dosa yang Anda terima. Mengingat, meskipun Anda rajin mengerjakan kewajiban namun jika tidak mengerjakan hal sunnah lainnya surgapun masih jauh dari Anda.

Tata Cara Shalat Tarawih Berjamaah

Pada mulanya, saat masa Kanjeng Nabi, Shalat Tarawih dilaksanakan hampir setiap hari. Karena takut dianggap sebagai amalan wajib, Nabi Muhammad menghentikannya. Sehingga, pada masa Khalifah Umar bin Khattab Shalat Tarawih mulai dikerjakan kembali berjumlah 20 rakaat. Jumlah rakaat dalam shalat tarawih ini sudah disepakati oleh Mazhab Maliki, Mazhab Syafi’i, Mazhab Al Hanabilah dan Mazhab Al Hanafi. Oleh karena itu, hingga sekarang jumlah rakaat dalam shalat tarawih adalah 20 rakaat atau 10 kali salam.

Bacaan Niat Sholat Tarawih

Seperti halnya sholat wajib, shalat tarawih diawali dengan niat dan diakhiri dengan salam. Untuk masalah bacaan niat shalat tarawih adalah sebagai berikut.


Bacaan Niat Sholat Tarawih untuk Imam

Berikut adalah bacaan atau lafadz niat sholat tarawih untuk imam.

niat sholat tarawih untuk imam

Niat sholat tarawih diatas merupakan niat sholat sunnah tarawih untuk imam. Jadi jangan sampai salah ambil niat.


Bacaan Niat Sholat Tarawih untuk Makmum

Setelah tahu Anda sebagai imam atau makmum, berikut adalah bacaan niat sholat tarawih untuk makmum.
niat sholat tarawih untuk makmum

Nah, kini Anda sudah tahu betul niat sholat tarawih berjamaah. Jika ada pertanyaan, apakah boleh jika shalat tarawih dikerjakan sendiri? Ya tentu, tapi untuk masalah pahalanya memang tidak sebanyak yang dikerjakan secara berjamaah.

Bacalah niat sholat tarawih tersebut cukup didalam hati. Jangan terlalu keras karena justru tidak diperbolehkan. Demikianlah penjelasan lengkap dan jelas mengenai Seluk Beluk Sholat Tarawih. Semoga bermanfaat. Baca juga: Lafadz Doa Setelah Sholat Dhuha

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Niat Sholat Tarawih Jelas dan Lengkap"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.