Doa Setelah Sholat Tahajud Beserta Artinya





Baca Juga

Doa Setelah Sholat Tahajud, Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud, Lafadz Doa Setelah Sholat Tahajud -- Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu sepertiga malam setelah sholat isya' dan harus melalui tidur terlebih dahulu. Jika Anda belum tidur maka sholat malam yang Anda lakukan hanya sekedar sholat malam mutlak saja.

Keutamaan sholat tahajud adalah allah akan meninggikan derajat yang menjalankannya. Ingatlah dalam menjalankan sholat tahajud Anda harus istiqomah maka Anda akan benar-benar merasakan nikmatnya. Bukan yang sekali dua kali lantas Allah akan mengangkat derajat orang tersebut. Perlu Anda tahu bahwa derajat dari sholat tahajud ini lebih tinggi daripada sholat sunnah lainnya. Hal ini karena pada waktu sepertiga malam merupakan waktu malaikat Allah mencatat semua amal perbuatan kita sewaktu siang dan merupakan waktu yang sangat istimewa untuk bermuhasabah kepada Allah SWT seperti yang tertulis pada hadist riwayat Muslim yang diterima oleh Abu Hurairah berikut ini. Baca juga: Niat Sholat Tarawih dan Seluk Beluknya.

"Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah yaitu Muharram, shalat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam (tahajjud)". (HR Muslim dari Abu Hurairah)

Dari hadist diatas sudah sangat jelas bahwa kedudukan sholat tahajjud sangat luar biasa istimewa karena memiliki posisi yang tinggi selepas sholat fardhu. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Isra' ayat 79 seperti berikut ini.

surat al-isra' ayat 79

Artinya: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu dari ke tempat yang Terpuji. (QS. Al-Isra': 79)

Untuk memperkuat keutamaan sholat tahajud diatas, Allah sudah memberikan firman yang indah dan dapat diresapi bahwa memang sholat malam tahajjud merupakan sholat sunnah yang sangat istimewa. Lantas bagaimana niat sholat tahajud?

Niat Sholat Tahajud

Jika Anda sudah paham apa itu sholat tahajud? dan bagaimana keutamaan sholat tahajud maka jika Anda mau melaksanakan sholat tahajud harus tahu niatnya. Berikut adalah niat sholat tahajud.


Latin: Ussollii Sunnatat-tahajjuudi rok'ataini lillahi ta'aalaa dan jika ingin lebih lengkap Anda dapat menambahkan mustaqbilal kiblati.

Artinya: Saya niat sholat sunnah tahajud dua rakaat karena Allah ta'ala

Tata Cara Sholat Tahajud

Berikut adalah tata cara sholat tahajud yang harus Anda pelajari agar sholat tahajud bisa berjalan dengan benar.
  • Niat sholat tahajud dalam hati.
  • Takbirotul ihram atau mengangkat kedua tangan sambil mengucapkan Allahu Akbar.
  • Baca surat Al-Fatihah dilanjut dengan surat pendek.
  • Berikutnya seperti Anda sholat lima waktu.
Hanya saja disini Anda harus ingat bahwa sholat tahajud dikerjakan sebanyak dua rakaat dengan satu salam.

Doa Setelah Sholat Tahajud

Agar doa yang Anda panjatkan segera dikabulkan oleh Allah SWT, syarat utamanya Anda harus ikhlas tanpa adanya embel-embel apapun kepada Allah SWT. Anda jangan sampai pamrih kepada Allah. Cukup pasrahkan kepadaNYA karena Allah semata yang mampu berkehendak atas semua hamba-hambaNYA.

Berikut adalah bacaan doa setelah sholat tahajud.

Latin: "Allahahumma lakal hamdu angta qayyimus samaawaati wal ardhi wamangfiihinna walakal hamdu angta malikussamaawaati wal ardhi wamangfiihinna, walakal hamdu angta nuurus samaawaati wal ardhi wamang fiihinna, walakalhamdu angta haqqu, wa wadukal haqqu, waliqaa uka haqqun, wa qauluka haqqun, waljannatu  haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu alaihi wasallama haqqun, wassaa'atu haqqun, Allaahumma laka asalamtu, wabika aamangtu, wa alaika tawakkaltu, wa alaika anabtu, wabika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maaqaddamtu, wamaa akh khartu, wamaa asrartu, wamaa a'langtu, wamaa angta  a'lamu bihi minnii, angtal muqaddimu, wa angtal mu'akh khiru, laa ilaaha illaa angta, walaa haula walaa quwwata illaabillaah".
doa setelah sholat tahajud
Artinya: "Wahai Allah, milikMUlah segala puji, Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikMUlah segala puji, Engkaulah penguasa raja langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikMUlah segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya, milikMUlah segala puji, Engkaulah yang hak benar janjiMUlah yang benar, pertemuan denganMU adalah benar, perkataanMU benar, surga itu benar ada, neraka itu benar ada, para nabi itu benar, nabi Muhammad SAW itu benar, dan hari kiamat itu benar ada, wahai Allah hanya kepadaMUlah aku berserah diri, hanya kepadaMUlah aku beriman, hanya kepadaMUlah aku bertawakkal, hanya kepadaMUlah aku kembali, hanya denganMUlah kuhadapi musuhku, dan hanya kepadaMUlah aku berhukum, oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang mungkin akan ku lakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang terangan, dan dosa dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya, dari pada aku, Engkaulah yang Maha terdahulu dan Engkaulah yang Maha terakhir, tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah".

Jika sudah menyelesaikan bacaan doa setelah sholat tahajud maka disarankan untuk membaca Istigfar semampunya.

bacaan istigfar setelah sholat tahajud

Latin: "Astaghfirullaahal 'azhiim, alladziilaa ilaaha illaahuwalhayyul qayyuumu wa atuubu ilaih".

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Sholat tahajud, Niat Sholat Tahajud, Tata Cara Sholat Tahajud, Jumlah Rakaat Sholat Tahajud, Waktu Sholat tahajud, dan Doa Setelah Sholat Tahajud. Semoga dengan penjelasan ini, Anda dapat mengamalkan ibadah sunnah sholat tahajud menjadi penambah amal ibadah sehingga nantinya yang akan membawa ke surga. Amin. Baca juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doa Setelah Sholat Tahajud Beserta Artinya"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.