--> Skip to main content

Doa Setelah Sholat Dhuha Beserta Artinya Lengkap

Doa Setelah Sholat Dhuha, Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha, Lafadz Doa Setelah Sholat Dhuha -- Sholat Dhuha merupakan sholat sunnah dua rakaat yang dilaksanakan setelah sholat shubuh lebih tepatnya setelah waktu syuruq hingga sebelum sholat dzuhur. Sholat Dhuha sangat pas jika dikerjakan sewaktu dalam bekerja karena sholat dhuha sangat dipercaya dapat melancarkan rejeki.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Pada dasarnya, Sholat Dhuha tidak ada batasan hanya dua rakaat saja namun yang pasti ialah sholat dhuha dapat dikerjakan hingga 12 rakaat dengan 6 salam. Dengan menjalankan secara istiqomah sholat dhuha sejumlah 12 rakaat maka Allah akan membangunkan rumah di surga nanti. Baca juga: Bacaan Niat Sholat Tarawih

Asal Muasal Sholat Dhuha

Sholat Dhuha merupakan sholat sunnah yang diwariskan oleh Nabi Agung Muhammad SAW yang telah diriwayatkan oleh hadist Bukhari dan Muslim. Bunyi hadist tersebut adalah...

"Kekasihku (Muhammad) mewasiatkan kepadaku untuk berpuasa selama tiga hari dalam tiap bulan, melaksanakan dua rakaat sholat dhuha dan melakukan sholat witir sebelum tidur". (HR. Bukhari Muslim)

Dari hadist diatas sudah jelas bahwa, Sholat dhuha memang menjadi sholat sunnah yang sudah dilaksanakan sejak jaman nabi. Bahkan beliau menambahkan sholat witir sebagai tambahan amal ibadah sebelum tidur.

Niat Sholat Dhuha

Berikut adalah bacaan Niat sholat Dhuha.

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Latin: Usholli sunnatad dhuhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.

Artinya: Aku niat shalat sunnah dhuha 2 rakaat menghadap qiblat karena Allah ta'ala.

Tata Cara Sholat Dhuha

Untuk lebih jelas cara mengerjakan sholat dhuha, Anda dapat membaca tata cara sholat dhuha dibawah ini.
  • Niat Sholat Dhuha cukup dalam hati.
  • Ikuti dengan takbirotul ihram.
  • Lanjut dengan membaca surat Al-fatihah.
  • Disambung dengan surat pendek, pada rakaat pertama pakailah Surat As-Syamsi dan pada rakaat kedua pergunakan surat Ad-Dhuha.
  • Atau jika surat pendek tersebut terlalu sulit, Anda dapat memakai surat Al-Kafirun di rakaat pertama dan surat Al-Ikhlas di rakaat kedua.
  • Tapi ternyata setelah melewati berbagai pertimbangan, akhirnya para ulama sepakat bahwa pada 2 rakaat pertama dianjurkan menggunakan surat As-Syamsi pada rakaat pertama dan Surat Al-Kafirun di rakaat kedua. Kemudian, pada 2 rakaat berikutnya, rakaat pertama memakai surat Ad-Dhuha kemudian rakaat kedua memakai surat Al-Ikhlas. Sedangkan rakaat berikut-berikutnya, dianjurkan untuk memakai surat Al-Kafirun di rakaat pertama dan Surat Al-Ikhlas di rakaat kedua.
  • Berikutnya sama saja dengan orang sholat biasa. Yaitu ruku'. i'tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, kemudian duduk akhir hingga salam.
Kurang lebih demikianlah tata cara sholat dhuha yang dapat Anda gunakan untuk melancarkan rejeki Anda. Jadi kesimpulannya, salah satu keutamaan sholat dhuha adalah melancarkan rejeki selain mendekatkan diri kepada Allah.

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Jika Anda sudah salam dalam menjalankan sholat dhuha, ada baiknya Anda membaca bacaan doa setelah sholat dhuha berikut ini.

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Latin: "Allaahumma Innadh Dhuhaa-a Dhuhaa-uka, Wal Bahaa-a Bahaa-uka, Wal Jamaala Jamaaluka, Wal Quwwata Quwwatuka, Wal Qudrata Qudratuka, Wal 'Ishmata 'Ishmatuka. Allahuma Inkanaa Rizqii Fis Samma-i Fa Anzilhu, Wa Inkaana Fil Aardhi Fa-akhrijhu, Wa Inkanaa Mu’assaran Fayassirhu, Wainkaana Haraaman Fathahhirhu, Wa Inkaana Ba’iidan Fa Qarribhu, Bihaqqi Duhaa-ika Wa Bahaa-ika, Wa Jamaalika Wa Quwwatika Wa Qudratika, Atinii Maa Ataita ‘Ibaadakash Shaalihiin".

Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.”

Demikianlah penjelasan mengenai Sholat Dhuha, Tata Cara Sholat Dhuha, Waktu Sholat Dhuha, Keutamaan Sholat Dhuha dan Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha. Semoga bermanfaat. Baca juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar