Pengertian Persatuan dan Kesatuan serta Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa





Baca Juga

Pengertian Persatuan dan Kesatuan serta Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa -- Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, etnis, budaya, agama, kebiasaan dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu, Indonesia dikenal dengan segudang corak dan keberagaman atas banyak hal sehingga Indonesia termasuk negara majemuk.

Pengertian Persatuan dan Kesatuan

Warga negara Indonesia memiliki berbagai macam latar belakang. Sehingga frasa persatuan dan kesatuan merupakan sesuatu yang pas jika digunakan untuk menggambarkan keberagaman yang terjadi di Indonesia ini. Di Indonesia kita ini, sangat disarankan jangan sampai Anda menyangkut pautkan antara SARA dengan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Hal ini karena Indonesia memiliki beraneka macam suku bangsa.

Oleh karena itu, Persatuan dan Kesatuan Bangsa menjadi senjata yang sangat ampuh untuk mengisi, mempertahankan dan melestarikan kemerdekaan yang sudah kita raih sejak 1945 hingga sekarang ini. Baca juga: Pengertian Hubungan International dan Arti Pentingnya

Pengertian Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Persatuan dan kesatuan berasal dari kata Satu yang mengandung makna Utuh. Persatuan dan kesatuan berarti bersatunya berbagai macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi. Oleh karena itu, Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah persatuan seluruh bangsa yang mendiami seluruh wilayah Indonesia. Tujuan dari persatuan dan kesatuan ialah menjadi wadah untuk memperoleh kehidupan yang bebas dalam negara yang merdeka dan berdaulat.

Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sudah dicetuskan dalam proklamasi kemerdekaan yang disampaikan oleh bapak presiden pertama kita yaitu bapak Ir. Soekarno sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Didalam UUD 1945 ayat 1 menyatakan bahwa "Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik". Hal ini juga didukung dengan bunyi sila ke-3 yang berbunyi "Persatuan bagi seluruh rakyat Indonesia". Inilah yang menjadi tekad bangsa Indonesia untuk terus mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Jika ada hal-hal yang berhubungan erat dengan makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia perlu dikaji lebih jauh karena terdapat beberapa prinsip yang mengirinya sehingga kita juga harus memahami serta mengamalkannya Prinsip-prinsip yang berhubungan erat dengan makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akan dijelaskan dibawah ini.

Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Terdapat 3 makna penting dari persatuan dan kesatuan bangsa, diantara adalah:
  1. Persatuan dan kesatuan akan menimbukan rasa kebersamaan dan saling melengkapi sebagai warga negara Indonesia.
  2. Menjalin rasa kemanusiaan dan tingginya sikap saling toleransi sehingga keharmonisan untuk hidup secara berdampingan akan semakin mudah dicapai.
  3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan dan sikap saling tolong menolong antar warga negara untuk menumbuhkan sikap nasionalisme.
Pada intinya, makna persatuan dan kesatuan harus terus berjalan secara utuh dan saling melengkapi. Jangan sampai negara Indonesia menjadi terpecah belah karena kurangnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Prinsip-Prinsip Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Selain harus memahami makna persatuan dan kesatuan, Anda sebagai warga negara yang baik juga harus memahami betul prinsip-prinsip persatuan dan kesatuan, yaitu:
  1. Prinsip Bhineka Tunggal Ika
  2. Prinsip Nasionalisme Indonesia
  3. Prinsip Kebebasan yang Bertanggungjawab.
  4. Prinsip Wawasan Nusantara.
  5. Prinsip Persatuan Pembangunan dalam Upaya Mencapai Cita-Cita Reformasi.
Cara termudah mengisi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia ialah selalu merubah rasa kemanusiaan yang kita alami setiap harinya. Selalu memperbaiki kualitas diri agar mampu bersaing dimasa yang akan datang jauh lebih penting dari pada Anda harus merusak hari-hari Anda dengan hal yang sia-sia.

Sekian dulu penjelasan mengenai Pengertian Persatuan dan Kesatuan serta Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Semoga bermanfaat. Baca juga: Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Persatuan dan Kesatuan serta Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.