--> Skip to main content

Cara Menyalakan dan Mematikan Windows Defender di Windows 10 Creator Update

Cara Menyalakan dan Mematikan Windows Defender di Windows 10 Creator Update -- Windows Defender melindungi PC atau laptop Anda dari spyware dan program lain yang berpotensi merusak sistem windows Anda. Oleh karena itu, admin akan menjelaskan cara mengaktifkan atau menonaktifkan Windows Defender di Windows 10.

Microsoft mengakui adanya ancaman spyware yang terus berkembang sejak diluncurkannya Windows Defender beberapa tahun yang lalu. Windows Defender telah tersedia untuk semua versi Windows, mulai dari Windows XP dan seterusnya. Pada Windows 8 dan Windows 10, Microsoft menyediakan versi Defender yang disempurnakan yang juga melindungi terhadap malware - pada dasarnya Microsoft meluncurkan Security Essentials (program antivirus gratis dari Microsoft) dan Defender yang telah menjadi satu.

Windows Defender terus dirubah karena masih mengalami ancaman terhadap keamanan perangkat lunak. Jadi Microsoft memberikan opsi untuk mematikan Windows Defender saat versi uji coba keamanan yang dipasang di PC atau laptop baru. Hal ini karena keduanya mungkin saling bertentangan dan menimbulkan masalah kinerja.

Namun, jika Anda tidak mengaktifkan McAfee atau Norton dalam versi trial, maka Windows Defender tidak akan mengaktifkannya secara otomatis, jadi Anda kerentanan terhadap malware. Dan itu bukan hal yang baik. Baca juga: Cara Memperbaiki Unidentified Network di Windows 10

Cara Mengetahui Windows Defender Menyala atau Tidak

Pada Windows 10, Windows Defender memiliki ikon Shield kecil yang bisa ditemukan di taskbar, meski pada versi Windows sebelumnya Anda harus mencari ikon seperti kastil.

Cara Menyalakan dan Mematikan Windows Defender di Windows 10 Creator Update

Lihat di taskbar untuk ikon ini: mungkin tersembunyi di menu pilihan lainnya, yang dapat Anda akses dengan mengklik ikon segitiga ke atas.

Jika Windows Defender dimatikan maka PC Anda yang mendapatkan ancaman virus maka Anda akan melihat sebuah ikon perisai yang memiliki salib kecil di sudut kanan bawahnya. Klik ikon ini untuk meluncurkan aplikasi Windows Defender dan cari tahu pasti apakah Windows Defender telah dinyalakan atau dimatikan.

Cara Menyalakan dan Mematikan Windows Defender di Windows 10 Creator Update

Jika Anda tidak dapat menemukan ikon ini, ketik Windows Defender ke dalam kotak pencarian menu Start atau Start screen dan pilih hasil teratas, yang memunculkan tulisan Windows Defender. Klik bagian ini maka akan meluncurkan aplikasi Windows Defender.

Cara Menyalakan dan Mematikan Windows Defender di Windows 10 Creator Update

Anda akan melihat bahwa gambar yang ditampilkan di sini memiliki banyak warna merah - ada strip merah di bagian atas, tombol Turn on berwarna merah besar, dan gambar layar dengan layar merah dan sebuah salib di dalamnya. Ini berarti Defender dimatikan. Saat Windows Defender menyala, semua warna merah ini akan berubah menjadi berwarna hijau.

Jika Windows Defender dihidupkan namun Anda masih banyak melihat warna merah, ini mungkin karena Windows Defender mengharuskan Anda untuk memperbarui definisinya. Anda dapat mengizinkannya untuk mencari pembaruan dari dasbor utama Windows Defender.

Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 10

Jika Windows Defender dimatikan, ini mungkin karena Anda menginstal aplikasi antivirus lain di komputer Anda (periksa Control Panel, System and Security, Security and Maintenance untuk memastikannya).

Anda harus mematikan dan menghapus aplikasi ini sebelum menjalankan Windows Defender untuk menghindari bentrokan perangkat lunak apapun. Anda dapat mencopot pemasangan aplikasi di Control Panel, Programs, Programs and Features.

Luncurkan Windows Defender dengan menggunakan metode yang diuraikan di atas, lalu tekan tombol Turn on yang berwarna merah besar. Windows Defender akan mulai memantau dan melindungi komputer Anda.

Cara Menyalakan dan Mematikan Windows Defender di Windows 10 Creator Update

Untuk mengetahui apa yang dilindungi Windows Defender, klik ikon roda gigi Settings di layar ini. Mudahnya, cara ini akan membuka aplikasi Settings utama di PC Anda.

Cara Menyalakan dan Mematikan Windows Defender di Windows 10 Creator Update

Anda harus menemukan perlindungan Real-Time Windows Defender yang diaktifkan, namun Anda juga dapat menggunakan menu ini untuk mengaktifkan dan mematikan perlindungan berbasis online, penyampaian sampel secara otomatis dan pemberitahuan yang disempurnakan.

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

Untuk mematikan Windows Defender, luncurkan aplikasi dari ikon taskbar atau dengan mengetik Defender ke dalam menu Start bar atau menu Start. Sekarang klik ikon Settings dan di jendela yang terbuka aktifkan perlindungan real-time dari menyala menjadi tidak aktif.

Jika Anda mematikan Windows Defender di Windows 10 dengan menggunakan tombol toggle di atas, ingatlah bahwa ini adalah hal sementara. Perlindungan akan diaktifkan kembali secara otomatis jika perlu agar PC Anda tetap aman.

Demikianlah Cara Menyalakan dan Mematikan Windows Defender di Windows 10 Creator Update. Semoga PC Anda menjadi lebih aman dan dapat melindungi semua data Anda. Terimakasih. Baca juga: 4 Cara Mengunci Windows 10
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar