--> Skip to main content

Cara Memindahkan/Mentransfer Musik dari iTunes ke Android

Cara Memindahkan/Mentransfer Musik dari iTunes ke Android -- Jika Anda baru saja pindah dari iPhone atau iPad ke ponsel atau tablet Android, Anda mungkin memiliki musik di perpustakaan iTunes yang ingin Anda pindahkan ke perangkat baru Anda. Anda dapat menyalin musik secara langsung dengan kabel atau mengunggah lagu ke Google Play Music, sehingga musik tersebut tersedia untuk streaming ke berbagai perangkat tanpa mengambil penyimpanan yang cukup banyak.

Cara Memindahkan/Mentransfer Musik dari iTunes ke Android

Disini nanti admin akan menjelaskan dengan dua cara memindahkan lagu dari iTunes ke Android. Jika Anda menggunakan metode pertama, prosesnya cukup sederhana karena perangkat Android bisa digunakan seperti USB stick. Anda memerlukan kabel USB ponsel atau tablet untuk melakukan hal ini. Baca juga: Cara Menggabungkan Subtitle dengan Film di Android

Berikut adalah penjelasan cara memindahkan musik dari iTunes ke Android.

Cara Memindahkan Musik dari iTunes ke Android dengan Kabel USB

Pertama, pasang ponsel Android Anda (atau tablet) ke PC Anda. Anda mungkin perlu memberi tahu telepon agar beroperasi dalam mode MTP untuk mentransfer file. Setiap perangkat berbeda-beda, tapi ada sesuatu yang akan muncul saat terhubung ke PC.

Cara Memindahkan/Mentransfer Musik dari iTunes ke Android

Selanjutnya, buka jendela File Explorer atau tekan tombol Windows + E di komputer Anda dan arahkan ke folder musik pada ponsel atau tablet Anda. Dalam hal ini lokasinya adalah: PC > Nama Folder Anda > Internal Storage > Music.

Jika ponsel atau tablet Anda memiliki kartu SD dan Anda ingin memasukkan musik ke sana, maka Anda mungkin akan menemukannya muncul sebagai drive yang terpisah di bawah 'This PC'.

Biarkan jendela ini tetap terbuka dan untuk memindahkan musik Anda.

Buka jendela File Explorer yang lain dan temukan perpustakaan musik iTunes Anda. Secara default perpustakaan akan ditemukan di: This PC > Musik > iTunes > iTunes Media > Music.

Dengan menggunakan dua buah jendela file explorer di dekstop Anda, maka Anda cukup menyeret dan melepaskan musk yang ingin Anda pindahkan ke perangkat Android Anda. Anda dapat memilih folder tertentu atau memindahkan semuanya jika Anda memiliki cukup ruang penyimpanan gratis pada perangkat Anda.

Cara Mengupload Musik iTunes Ke Google Play Music

Metode pertama yang sudah dijelaskan di atas adalah cara yang tercepat dan termudah bagi kebanyakan orang untuk memindahkan musik iTunes ke Android, namun bagi Anda yang mungkin menginginkan lagu Anda tersedia untuk beberapa perangkat tanpa menggunakan penyimpanan internal yang cukup banyak. Anda dapat mengikuti cara memindahkan musik iTunes ke Android yang kedua ini.

Solusi yang bagus untuk memindahkan musik iTunes ke Android adalah dengan mengunggah musik Anda ke Google Play Music. Jadi Anda akan memerlukan koneksi internet untuk mengunggah musik tersebut namun disisi lain Anda juga masih dapat menyematkan (mendownload) konten musik Anda agar disimpan secara lokal dan bisa didengarkan secara offline.

Google Play Music memungkinkan Anda untuk mengunggah 50.000 lagu secara gratis dan sangat mudah mengunggah seluruh koleksi musik Anda dengan menggunakan Music Manager.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mentransfer perpustakaan iTunes (plus Windows Media atau folder lokal) ke ponsel Android Anda dengan menggunakan Google Play Music.

Dibawah ini adalah Langkah-langkah untuk mengunggah musik ke Google Play Music.

Cara Memindahkan/Mentransfer Musik dari iTunes ke Android

Pertama, kunjungi Google Play Store di browser web dan klik Musik, lalu pilih Musik Saya. Disini Anda harus masuk dengan menggunakan akun Google.

Setelah Anda berada di bagian musik, buka menu di sebelah kiri dengan tiga baris dengan keterangan 'Listen Now' dan pilih Upload musik ke arah bawah.

Cara Memindahkan/Mentransfer Musik dari iTunes ke Android

Anda akan diminta untuk mendownload Music Manager namun jika sudah memilikinya maka buka dan masuk dengan akun Google Anda.

Saat masuk ke Music Manager pilih 'Upload Songs to Google Play' dan tekan Next.

Cara Memindahkan/Mentransfer Musik dari iTunes ke Android

Sekarang Anda dapat memilih perpustakaan atau folder mana yang ingin Anda upload - untuk panduan ini admin memilih iTunes. Manager Music akan secara otomatis menemukan perpustakaan Anda dan akan menampilkan jumlah lagu dan daftar putar yang tersedia.

Anda dapat memilih untuk mengunggah semuanya atau lagu yang dipilih menurut daftar putar ditambah pilihan untuk menyertakan podcast.

Cara Memindahkan/Mentransfer Musik dari iTunes ke Android

Klik Next dan Anda akan ditanya apakah Anda ingin mengunggah lagu yang Anda tambahkan ke perpustakaan secara otomatis di masa depan, sehingga iTunes dan Google Play Music tetap disinkronkan. Buat pilihan Anda, setujui layar berikutnya dan musik Anda akan diunggah. Jika komputer Anda dimatikan, jalannya akan kembali secara otomatis saat dinyalakan kembali.

Demikianlah Cara Memindahkan/Mentransfer Musik dari iTunes ke Android. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Mengaktifkan GPS di Android
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar