Fitur Baru iOS 10.3 yang Wajib Anda Ketahui





Baca Juga

Fitur Baru iOS 10.3 -- Beberapa waktu yang lalu Apple sudah merilis iOS 10.3. Banyak sekali kabar yang menjelaskan bahwa ada banyak sekali fitur baru yang diusung dalam pembaruan sistem operasi iOS kali ini. Fitur iOS 10.3 kali ini sangatlah berbeda dengan fitur iOS sebelumnya. Adanya pembaruan yang lebih halus menjadikan sistem operasi terbaru ini memang menjadi pilihan terbaik untuk sistem operasi.

Berikut adalah fitur-fitur baru di iOS 10.3 yang wajib Anda ketahui. iOS 10.3 merupakan pembaharuan mutakhir dari iOS 10.2. Jadi dengan mengupdate sistem operasi terbaru pada iPhone Anda, Anda sudah dikatakan sedikit lebih maju jika dibandingkan dengan lainnya. Baca juga: Cara Backup iPhone Sebelum Install iOS 10.3

Fitur Baru iOS 10.3

Baca dan pahami beberapa fitur baru yang diusung oleh iOS 10.3. Diantaranya adalah:


Find My AirPods

Fitur baru iOS 10.3 yang paling menarik adalah Find My AirPods. Dengan memakai fitur baru iOS 10.3 ini maka Anda akan melacak dimana AirPods Anda yang hilang hanya dengan menyandingkan perangkat bluetoot dan perangkat Apple terakhir yang terhubung. Adanya keamanan bunyi yang disematkan pada iOS 10.3 maka Anda dapat membunyikannya sehingga dapat dilacak melalui peta. Anda dapat melacak AirPods melalui dua cara, yaitu:
  1. Dengan komputer. Dari komputer silahkan buka iCloud.com. Kemudian, masuk dengan Apple ID. Buka Find iPhone. Klik All Devices kemudian klik AirPods Anda.
  2. Dengan iPhone, iPad dan iPod Touch. Buka aplikasi Find My iPhone dari perangkat Anda. Kemudian masuk dengan Apple ID dan Password Anda. Klik Your AirPods.
Hasil dari pencarian AirPods dengan menggunakan iCloud ataupun Find My iPhone ini akan ditandai dengan tiga warna pada peta, yaitu...
  1. Warna biru menunjukkan dimana lokasi AirPods Anda.
  2. Warna hijau berarti AirPods sedang online. Sehingga, keamanan Bunyi dapat Anda nyalakan dan Anda dapat mencarinya menuju lokasi.
  3. Warna abu-abu artinya AirPods Anda bisa saja offline, baterai habis, atau bisa juga diluar jangkauan.
Jika AirPods Anda terbagi menjadi beberapa bagian. Anda hanya akan melihat satu lokasi saja di peta. Segera cari dan ambil AirPods Anda. Kemudian refresh peta Anda dan cari bagian lainnya.

finds my iPhone

Jika AirPods Anda dekat dengan salah satu perangkat Apple Anda dan terhubung dengan Bluetooth, Anda dapat memutar suara untuk membantu Anda menemukan AirPods dari iCloud.com atau cari dari aplikasi Find My iPhone. AirPods Anda akan memainkan suara selama dua menit atau sampai Anda mengaturnya untuk berhenti. Caranya adalah...
  • Pergi ke Actions ⇒ Putar Suara.
  • Jika AirPods Anda terpisah, pilih Mute Kiri atau Mute Kanan untuk menemukan satu per satu.
  • Bila Anda menemukan AirPods Anda, tekan atau klik Stop Playing.
  • Pastikan bahwa Anda menghapus AirPods dari telinga Anda sebelum Anda memutar suara.
Jika Anda tidak mengaktifkan Find My iPhone sebelum AirPods Anda hilang, Anda tidak dapat menggunakan aplikasi ini untuk menemukan perangkat Anda. Jika Anda melihat titik abu-abu di sebelah AirPods Anda pada peta, Anda tidak dapat memutar suara untuk menemukannya, tapi Anda masih bisa mendapatkan arah ke lokasi di mana perangkat Anda terhubung pada waktu yang lalu. Jika AirPods Anda kembali online, Anda akan mendapatkan pemberitahuan di iPhone, iPad, atau iPod Anda.


Find My iPhone adalah satu-satunya cara yang dapat Anda gunakan untuk melacak atau mencari perangkat yang hilang. Tidak ada layanan Apple lainnya yang dapat menemukan, melacak, atau menandai perangkat Anda. Jika Anda menggunakan Manajemen Apple ID berupa sekolah atau lembaga maka Anda tidak memiliki akses ke Find My iPhone. Baca juga: Apple Merilis iOS 10.3.1 Sebagai Update iOS 10.3


Apple ID Profile

Yang terbaru dari Apple ID Profile hasil update dari iOS 10.3 ialah berupa foto dan nama akun Apple Anda. Tekan bagian ini maka informasi rinci tentang akun akan muncul. Ada nama, nomor telepon, metode pembayaran yang ingin di gunakan, daftar perangkat Apple yang terhubung dalam satu akun dan beberapa hal lainnya.


3D Touch pada Bagian Weather

Fitur 3D Touch hadir pada bagian weather untuk pengguna iPhone 6s dan iPhone 7. Untuk menikmati fitur 3D ini, silahkan masuk ke aplikasi Weather, kemudian masuk ke mode list daerah yang sudah di pilih sebelumnya lalu tekan dan tahan sedikit lama di salah satu list. Dengan begini maka Mode 3D Touch akan aktif, silahkan tekan dan tahan lebih dalam untuk menampilkan informasi tersebut dalam mode layar penuh.


Tampilan Baru untuk iCloud

Di bagian Apple ID Setting Anda akan dapat mengakses iCloud. Pada bagian ini akan ditampilkan penggunaan iCloud dalam bentuk grafik. Secara tampilan kurang lebih sama dengan tampilan Disk Utility di komputer Mac atau pengaturan iCloud. Dengan menekan animasi grafis ini maka Anda akan mendapatkan informasi rinci mengenai total penggunaan penyimpanan iCloud dan juga berlangganan untuk pembelian tambahan penyimpanan dalam iCloud.


APFS atau Apple File System

Ini merupakan salah satu perubahan besar yang terjadi dari iOS. Fitur baru iOS 10.3 ini tergolong yang fantastis. Perangkat iOS, macOS, tvOS dan watchOS sudah mulai berpindah ke file system. Kelebihan dari APFS adalah fitur ini memang dibuat khusus untuk media penyimpanan dalam bentuk Flash/SSD storage. Yang dimaksud disini adalah mengutamakan keamanan enkripsi yang kuat, space sharing, kloning untuk file dan direktori, snapshot, quick directory size, safe-keep the primitive atom, dan meningkatkan fundamental file sistem.

APFS hanya diusung oleh iOS 10.3 dan macOS 10.12.4 saja. Memang untuk masalah kecepatan masih belum ada perubahan yang signifikan dengan adanya sistem file seperti ini namun untuk masalah keamanan jangan tanyakan lagi. Apple sudah menambahkan Two Factor Autentication sebagai salah satu dasar keamanan APFS yang diusung oleh iOS 10.3.

Demikianlah Fitur Baru iOS 10.3 yang wajib Anda tahu. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Upgrade iOS 7 ke iOS 8 Melalui iTunes

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fitur Baru iOS 10.3 yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.