Sistem Operasi Komputer Terbaik dan Terpopuler untuk Bisnis, Blogging, dan Gaming





Baca Juga

Sistem Operasi Komputer Terbaik dan Terpopuler untuk Bisnis, Blogging, dan Gaming -- Berbicara tentang sistem operasi komputer tentu semua sudah kenal dengan sebutan OS. Jika dalam bahasa inggris disebut dengan Operating System. Pada kesempatan kali ini, admin bukan berniat untuk membandingkan atau mensejajarkan beberapa sistem operasi pada komputer yang telah admin ketahui. Melainkan disini nanti Admin akan memberikan sebuah gambaran jelas mengenai sistem operasi komputer terbaik dan terpopuler di kalangan masyarakat kita ini.

sistem operasi komputer terbaik dan terpopuler

Jika berbicara tentang sistem operasi pada komputer tentu banyak kalangan yang akan menyebut windows. Mengapa demikian? Karena hampir sebagian besar penduduk kita hanya mengenal satu sistem operasi saja pada komputer. Tak pelak banyak orang dewasa, remaja bahkan anak-anak menyebut windows sebagai sistem operasi yang paling banyak diminati. Baik dari Windows Xp, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10 yang saat ini menjadi sistem operasi pertama kali saat Anda membeli laptop di conter-conter penjual laptop. Padahal, masih banyak sistem operasi komputer yang terbaik dan terpopuler di luar sana yang menjadi andalan untuk hacking, bisnis, blogging bahkan untuk gaming. Apa saja itu? Jika Anda penasaran mari kita ulas saja satu demi satu. Baca juga: Pengertian Sistem Operasi Pada Komputer

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer Terbaik dan Terpopuler

Berikut ini admin akan menjelaskan sedikit demi sedikit sistem operasi komputer yang cocok untuk kalangan mana saja. Jadi jangan terpacu pada sistem operasi yang sering ditemui saja.

Windows

Windows merupakan sistem operasi besutan microsoft. Sistem operasi ini memiliki data pengguna terbesar didunia. Kelebihan OS windows ialah OS yang paling user friendly atau sistem operasi yang paling mudah dipakai. Windows mempunyai banyak dukungan dari pengembang software komersial. Inilah alasan banyak pengguna memilih OS Windows sebagai alternatif termudah untuk menjalankan laptop atau komputer. Sistem operasi ini terbilang cukup baik digunakan untuk bermain blogging, bisnis, ataupun menyelesaikan tugas-tugas perkantoran.

Disisi lain OS windows juga mempunyai dukungan yang lebih baik dari produsen hardware. Banyak sekali hardware komputer yang cocok dipasangkan di OS Windows. Tidak hanya itu, kelebihan windows yang masih tidak dapat disaingi oleh OS lain, ialah ketersediaan Video Game yang terbilang cukup banyak jika dibandingkan dengan sistem operasi yang lain. Baca juga: Cara Membuat Text Berjalan di Microsoft Power Point

Windows 7 dan Windows 8.1 merupakan versi windows yang diklaim sebagai versi windows terbaik yang diluncurkan oleh Windows. Bahkan saat ini, windows 7 menjadi Sistem Operasi komputer terbaik versi majalah CHIP. Hasil ini mengalahkan sistem operasi MacOS dan Ubuntu. Sedikit kelemahan OS Windows adalah masih banyaknya data yang menjadi target utama virus komputer. Oleh karena itu, agar Anda tidak kecewa saat memakai sistem operasi ini segeralah memasang antivirus terbaru. Oh iya, microsoft tahun lalu telah merilis windows versi terupdatenya, yaitu Windows 10.

Linux

Linux merupakan sistem operasi unix-like yang diprakarsai oleh Linus Torvalds dari Minix. Free dan Open Source merupakan daya tarik dari Linux. Free disini bukan berarti gratis melainkan bebas diotak-atik, dimodifikasi dan dijual kembali sesuai kebutuhan. Jaman sekarang ini sudah banyak sekali pengembang dan distro linux yang memodifikasi linux menjadi berbagai macam karya.

Kelebihan dari banyaknya distro linux ini adalah akan ada banyak pilihan sistem operasi yang dapat dipakai dari hasil pengoprekan linux. Tetapi sisi jeleknya adalah pengguna yang masih baru dengan linux tidak akan paham dengan apa yang dia punyai. Keunggulan lain dari linux ialah berkaitan dengan licensi yang ia miliki. Licensi berlabel Free dan Open Source memudahkan para pecinta dunia maya. Hal-hal mulai dari ngoprek, coding, bahkan hacking cocok sekali jika memakai linux sebagai sarana untuk menjalankan itu semua. Tidak hanya itu, linux ternyata tidak akan melaporkan pada hukum meskipun source codenya dirubah-rubah oleh pengguna. Software dari linux juga terbilang lengkap dan siap pakai. 

Linux telah dipersenjatai dengan software-software yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai macam hal yang berbau komputer secara harian. Jadi setelah Anda menginstal linux, Anda tidak perlu lagi menginstall office dan software dasar lainya. Mengapa demikian? Hal ini karena sebagian besar distro mayor linux sudah dan telah menyertakanya. Linux merupakan OS yang tangguh dan kuat untuk dipakai di kelas server. Apakah Anda tahu Bing.com milik Microsoft? Sebenarnya itu sudah menggunakan Linux sebagai servernya.

Tetapi disini yang perlu digaris bawahi adalah Linux tipe OS yang kurang baik bagi Gamers. Tidak banyak dari developers game yang suka dengan Linux. Bagi sebagian orang yang telah terbiasa dengan windows mengatakan sistem operasi ini lebih sulit jika dioperasikan. Sebenarnya tidak demikian? Yang ada adalah orang malas mempelajarinya. Karena jika diawal sudah terbiasa dengan windows maka untuk belajar di Linux mereka sudah malas. Beda halnya jika mereka belajar Linux dahulu. Iya tidak...???!!

Macintosh

Macintosh sering disebut dengan Mac OSX. MacOSX ialah sistem operasi komputer besutan Apple. Mac termasuk kedalam kategori unix-like seperti halnya Linux. Ternyata Macintosh telah dikembangkan dari BSD salah satu turunan dari unix. Daya pikat dari sistem operasi ini adalah brand Apple yang dibawanya. Tak hanya itu, interface yang sangat indah menjadikan sistem operasi ini juga diburu banyak kalangan.

Dari segi komersial, Apple memang sebuah perusahaan yang sangat besar dan kaya. Tidak ada satupun produk Apple yang tidak laris di pasaran. Coba saja Anda lihat karyanya semacam iPod, iPhone, dan Macbook. Kini sudah memasuki masa keemasannya. Apalagi iPhone 8 yang akan segera hadir di bulan September depan. Baca juga: Rumor iOS 11: Fitur-Fitur iOS 11 Selepas Update dari iOS 10

Banyak dari vendor software komersial untuk Mac yang lebih baik dari pada Linux, contohnya saja keluarga Adobe, Ms. Office yang sudah terpasang pada versi Mac. Dan apakah Anda tahu dimana Photoshop hadir? Yap ada di sistem OS Mac ini. Ada banyak sekali penyedia hardware yang menyukai Mac ini. Sehingga, banyak sekali produsen hardware yang menyediakan driver hardware untuk Mac. Alhasil, OS Mac menampilkan fitur-fitur yang inovatif dan powerfull, contohnya fitur dock, time machine dan spaces.

Sistem operasi ini juga dikatakan sebagai sistem operasi yang baik dan populer di negara barat sana. Hanya dari kalangan kelas atas yang memilikinya. Jadi menurut admin, ini cocok untuk menyelesaikan pekerjaan orang-orang atas. Biasanya dilakukan di perkantoran dengan gedung-gedung yang menjulang tinggi.

Demikianlah paparan singkat mengenai Sistem Operasi Komputer Terbaik. Terbaik atau bukan tergantung pada yang memakainya. Bisa saja pengguna mahir di windows tetapi kurang di sistem operasi yang lainnya ataupun sebaliknya. Jadi jangan menyalahkan siapapun itu orangnya jika tidak menguasainya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Operasi Komputer Terbaik dan Terpopuler untuk Bisnis, Blogging, dan Gaming"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.