Cara Mengoptimasi Artikel Blog Agar SEO Friendly





Baca Juga

Cara Mengoptimasi Artikel Blog agar SEO Friendly -- Cara Optimasi Artikel Blog adalah sebuah cara untuk menjadikan artikel blog berada di halaman teratas Google. Tak lain dan tak bukan adalah di halaman pertama Google. Cara ini tergolong kedalam SEO On-Page. Artinya cara optimasi ini adalah perkembangan atau salah satu cabang SEO yang dapat dipakai untuk menjadikan artikel blog selalu berada di halaman pertama Google.

Cara ini banyak di bangun oleh para blogger demi mendapatkan traffic yang tinggi. Traffic yang tinggi akan menjadikan tolok ukur keberhasilan pembangunan sebuah situs. Semakin terkenal sebuah situs tak dapat dipungkiri merupakan salah satu dari keberhasilan optimasi artikel blog yang dilakukan.

Bagaimana cara optimasi artikel blog agar SEO Friendly dapat dilakukan? Mari ikut dengan admin untuk membedahnya kali ini.

Cara Optimasi Artikel On-Page

Cara berikut sewajarnya sobat lakukan dalam membangun situs yang sobat miliki. Tidak usah terburu-buru agar optimasi yang dilakukan berjalan dengan benar. Kita bahas satu demi satu yuk...


Riset Kata Kunci / Analisa Keyword

Sebelum menerbitkan sebuah artikel blog alangkah lebih baik kalau kita sebagai blogger harus menentukan kata kunci yang akan dipakai. Tingkat keberhasilan mencapai halaman pertama Google salah satu faktor yang berpengaruh adalah ketepatan pemilihan kata kunci. Ketepatan yang dimaksud adalah ketepatan kata kunci yang dipakai sesuai dengan tema artikel yang akan di terbitkan. Ada beberapa cara untuk menentukan kata kunci yang akan dipakai. Beberapa diantaranya adalah memakai Keyword Planner dan Google Trends. Namun cara termudah yang sobat dapat lakukan adalah dengan cara meriset kata kunci langsung menggunakan mesin telusur. Bagaimana caranya? Lebih jelas lihatlah gambar berikut ini.

Cara Optimasi On-page langsung dari Search Engine

Jika sudah berhasil melakukan riset keywordnya langsung dari search engine maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah riset keyword yang SEO Friendly pada Judul Artikel yang akan dipakai. Seperti apa contonhya? Ya kalau pada search engine mengatakan bahwa Cara Menulis Artikel SEO Friendly maka pada Judul artikel bisa ditambah menjadi demikian "Cara Menulis Artikel SEO Friendly Agar Masuk Halaman Pertama Google".


Optimasi Judul Artikel agar SEO Friendly

Judul artikel adalah salah satu faktor terpenting untuk melakukan SEO. Judul yang baik, judul yang banyak dicari oleh pengunjung, dan judul yang sangat relevan dengan isi artikel adalah judul yang sangat SEO Friendly. Judul tersebut dapat dilakukan dengan cara meletakkan kata kunci pada judul artikel. Bisa berupa short tail keyword ataupun long tail keyword.

Judul-judul artikel yang sudah sobat buat seharusnya sobat lanjutkan seriesnya. Mengapa demikian? Artinya sobat sedang mengembangkan satu niche tertentu yang banyak dicari oleh seseorang. Maka dengan niche tersebut sobat hanya perlu menekuni dan mengembangkan setiap artikelnya. Contoh milik admin:

  1. Dapatkah Artikel Pendek Memenuhi Kriteria SEO?
  2. Cara Mengoptimasi Konten agar Lebih SEO Friendly
  3. Cara Optimasi Gambar agar SEO Friendly

Ketiganya admin kembangkan. Kekurangan admin adalah masih belum bisa konsisten terhadap artikel yang dibuat karena kesibukan admin sendiri. Namun harapan admin, ada artikel admin yang masuk di Google Page One.

Optimasi Meta Description Agar SEO Friendly

Tahap selanjutnya yang sangat berpengaruh terhadap SERP artikel kita adalah Meta Description/Deskripsi Penelusuran. Sobat dapat memasukkan kata kunci yang ada pada 100 kata pertama pada artikel yang sobat buat. Masukkan kalimat yang sangat bermakna mengenai artikel yang sobat buat. Jangan asal-asalan dalam memasukkan meta description agar mesin pencari mudah merayapi artikel blog sobat.

Optimasi Tautan Permanen Artikel / URL

Keselarasan judul artikel dengan url permanennya adalah salah satu faktor terbaik untuk SEO artikel sobat. Sebelum sobat menerbitkan artikel yang akan dipublish lihatlah ke tab sebelah kanan sobat. Pilih tautan permanen. Perhatikan, jika artikel sobat memiliki judul yang panjang maka secara otomatis tautan permanen akan memotongnya sebagian. Sehingga pilihlah tautan permanen khusus. Kemudian ketikkan sesuai format yang ditentukan. Kemudian klik "Selesei". Lebih jelas lihat gambar.

Cara Optimasi URL agar SEO Friendly

Optimasi Gambar agar SEO Friendly

Masukkan title dan alt text di gambar yang sobat masukkan diartikel agar mendongkrak SEO artikel sobat. Berikanlah judul dan alt text yang sesuai dengan tema artikel blog sobat. Dengan begitu sobat secara tidak langsung akan memperoleh hasil dari Optimasi SEO yang dilakukan.

Optimasi 100 kata pada Awal Paragraf

Letakkan kata kunci yang sobat pakai pada artikel yang akan diterbitkan. Masukkan pada 100 kata awal paragraf. Maksimalkan semaksimal mungkin. Jangan terlalu basa-basi seperti milik admin ini. heheh. Sebenarnya pemaksimalan 100 kata pertama pada artikel adalah salah satu antisipasi cara ketika deskripsi penelusuran lupa tidak dimasukkan.

Demikianlah cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimasi Artikel Blog agar SEO friendly. Semoga bermanfaat.

Salam Blogging

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengoptimasi Artikel Blog Agar SEO Friendly"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.