Cara Memaksimalkan Hasil Penelusuran Google





Baca Juga

Cara Memaksimalkan Hasil Penelusuran Google -- Banyak dari pengguna internet yang akhir-akhir ini mengeluhkan tentang hasil penelusuran yang mereka lakukan. Apa yang mereka masukkan sebagai kata kunci pada search engine besar semacam Google tidak diikuti dengan hasil penelusuran yang diharapkan. Hasil penelusuran justru melenceng jauh dengan apa yang diharapkan oleh pengguna. Oleh karena itu, dengan cara berikut ini semoga saja hasil penelusuran Google yang pengguna lakukan akan lebih maksimal dan lebih akurat.

Cara Memaksimalkan Hasil Penelusuran Google

Berikut adalah cara-cara yang dapat sobat lakukan agar hasil penelusuran lebih maksimal. Baca demi satu supaya paham dengan apa yang ingin dicari nantinya.

Cara Memaksimalkan Hasil Pencarian Google

Keselarasan antara kata kunci yang dimasukkan dengan hasil penelusuran yang keluar adalah harapan setiap pengguna internet. Namun nyatanya, hanya ada beberapa saja web/blog yang tampil pada halaman pertama Google yang menampilkan apa yang dimau oleh pengguna. Dengan cara berikut ini semoga saja apa yang pengguna mau akan sama dengan apa yang diharapkan. Baca satu persatu.

Cara Mencari URL atau Alamat Situs (Blog/Web)

Cara yang dapat dilakukan untuk mencari alamat sebuah situs adalah dengan cara mengetikkan kata kata langsung yang terdapat pada URL situs tersebut pada kotak "Search". Contoh yang paling mudah ambil saja URL blog ini. Ketik secara langsung pada kotak pencarian dengan tulisan "www.bosinformasi.web.id" atau "bosinformasi.web.id" maka akan sangat cepat hasil penelusuran yang sobat dapatkan. Hasilnyapun juga akan sangat sama 100%. Namun yang perlu digaris bawahi adalah jika situs yang ingin dicari tidak dihafal URLnya oleh pengguna. Maka akan sangat sulit untuk mencarinya.


Cara lain yang dapat digunakan untuk mencari URL sebuah situs adalah dengan mengetikkan kata seperti berikut ini "inurl:''Cara redirect custom domain dari Idwebhost" maka dengan keyword demikian, Google akan menampilkan semua hasil penelusuran yang berkaitan dengan cara meredirect custom domain dari idwebhost ke blogger. Bahkan lebih dari pada itu. Oh iya kalau satu kata kunci tidak usah di kasih tanda "..." oke.

Cara Mencari Artikel Pada Domain Tertentu

Kadang kala kita sebagai pengguna internet kesulitan dalam mencari artikel yang pernah kita baca namun kita lupa nama judulnya. Sobat hanya ingat alamat URL dan label dari artikel tersebut. Misalnya saja sobat pernah membaca salah satu artikel di web admin ini. Namun lupa dimana. Maka dengan bantuan Google Search artikel tersebut akan dapat di cari. Caranya dengan mengetikkan "site:bosinformasi.web.id". Sehingga, dengan kata kunci demikian hasil penelusuran Google hanya akan menampilkan URL yang dicari tersebut. Tidak percaya? Coba saja search milik admin tersebut.


Cara lain yang dapat digunakan untuk mencari artikel yang lebih terperinci adalah dengan cara berikut ini. Misalnya saja mau mencari kabar berita (news) dari situs admin ini. Caranya adalah demikian dengan menambahkan kata kunci baru setelah kata kunci pertama tadi yang berupa domain tadi. Akhirnya menjadi seperti ini "site:bosinformasi.web.id news". Kelebihan dari cara ini kita dapat mencari backlink dari domain yang berpagerank tinggi misalnya saja dengan mencari "site:edu" kemudian kita juga dapat menambahkan hal terperinci lainnya dibelakang kata pertama tadi.

Cara Mencari File Berdasarkan File type

Yang dimaksud disini adalah sobat mencari sebuah atau beberapa artikel dengan langsung menspesifikan bentuk file yang dicari. Misalnya saja file berupa Ms. Word, Excel, Power Point atau berupa PDF file. Bagaimana caranya? Caranya seperti berikut ini:
  • Belajar Membuat Blog filetype pdf = Mencari Tipe file .pdf
  • Cara Analisis Data ANCOVA filetype xls/xlsx = Mencari tipe file Ms. Excel
  • Factor Affecting Reading Comprehension filetype doc/docx = Mencari tipe file Ms. Word.
  • Validity and Reliability of Test filetype ppt/pptx = Mencari tipe file Ms. Power Point

Gunakan Google Advance Search

Google Advance Search sama halnya dengan apa yang sudah dijelaskan diatas. Sobat dapat menggunakan fitur ini untuk membantu memaksimalkan hasil penelusuran Google. Cara ini terbilang sangat mudah dibandingkan cara sebelumnya. Jika pada paparan diatas harus mengingat kata kunci dan querynya maka kalau fitur ini justru lebih mudah tanpa harus kerja dua kali semacam itu.

Demikianlah paparan admin malam ini mengenai Cara Memaksimalkan Hasil Penelusuran Google. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan pada kolom komentar.

Salam Blogging.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memaksimalkan Hasil Penelusuran Google"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.