Cara Agar Konten Blog Tidak Dapat Di Copy Paste (CTRL + C dan CTRL + V)





Baca Juga

Cara Agar Blog Tidak Dapat Di Copy Paste -- Akhir-akhir ini marak sekali pencurian artikel blog/web. Banyak blogger yang tidak menyertakan sumber dimana dia mengambil artikel tersebut. Hanya bermodal CTRL + C kemudian CTRL V mereka sudah mendapatkan puluhan artikel yang dimau. Mereka tidak bertanggungjawab dan tidak menghargai siempunya blog/website. Akhirnya, banyak dari pemilik blog/website mencari solusi agar konten blognya tidak dicuri atau diambil secara harfiah oleh sipencuri konten blog. Terus, bagaimana sih cara memproteksi blog agar tidak dicuri konten blognya? Pertanyaan tersebut sering terlontar dari pikiran blogger yang sedang kalut pikirannya karena konten blognya dicontek secara masal oleh pencuri blog konten.

Bagaimana tidak? Coba difikir semua. Menulis adalah sebuah tugas utama dari seorang blogger. Kalau tidak menulis artikel dapat dipastikan dia bukan seorang blogger. Hehe. Dengan menulis artikel maka blog / web yang dinaunginya akan terus hidup. Namun, perjuangan seorang blogger tersebut terkadang tidak mendapatkan apresiasi dari blogger yang lain. Sebagian dari blogger tersebut menginginkan hal yang instan dalam merawat blog/web yang dimilikinya. Alhasil, blogger tersebut mengambil artikel dari yang lain. Dalam hal ini namanya plagiarism.

Seharusnya kita sesama blogger harus saling menghormati dan menghargai. Salah satu caranya adalah dengan cara menaruh sumber dimana artikel tersebut dicari. Jadi sang pembuat artikel mendapatkan kredit atas kinerjanya. Yang perlu sobat harus tahu adalah blog yang hanya mengcopy kemudian mempaste karya orang lain itu sangat dibenci oleh Google, Bing, Yandex ataupun Search Engine lainnya. Dan pada akhirnya blog sobat malah akan sepi dari pengunjung dan traffic akan secara ostosmastis turun dengan drastis.


Cara melindungi artikel blog

Yang jadi pertanyaan sekarang, jikalau blog yang diproteksi adalah blog biasa dalam arti hanya sekedar sharing info tidak akan jadi masalah jika diproteksi keseluruhan isi blog. Namun bagaimana jika blog tutorial yang memungkinkan seorang blogger menuangkan semua ide kreatifnya dalam bentuk kode-kode html. Disisi lain pasti blogger yang menggeluti hal yang sama sangat membutuhkan info tersebut. Apakah dia tidak akan kesulitan mengambil tutorial tersebut untuk diterapkan diblog masing-masing? Nah untuk menjawab itu admin hanya menyarankan agar blog tersebut diproteksi sebagian saja.

Tips Agar Konten Blog tidak dapat Disalin/Dicopy Secara Keseluruhan

Inilah cara yang pertama yang dapat anda pakai untuk melindungi konten blog sobat agar tidak dapat dicopy paste secara keseluruhan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, caranya sangatlah mudah silahkan ikuti langkah berikut ini:

1. Masuk akun blogger sobat.
2. Buka bagian Template
3. Cari Kode .post-body dengan bantuan CTRL + F biar cepat
4. Jika sudah ketemu, letakkan kode berikut ini tepat setelah kode .post-body
5. Bentuknya akan seperti ini:

.post-body{-webkit-touch-callout:none;-webkit-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;-o-user-select:none;user-select:none}

Jika disisipkan ditemplate sobat maka akan seperti ini hasilnya:

.post-body ......................
.post-body{-webkit-touch-callout:none;-webkit-user-select:none;-moz-user select:none;-ms-user-select:none;-o-user-select:none;user-select:none}

Script tersebutlah yang akan memproteksi blog agar tidak dapat dijiplak secara keseluruhan. Jadi buruan apa lagi segera take action guys. hehe

Tips Agar Konten Blog dapat Disalin/Dicopy Secara Sebagian Saja

Cara ini diperuntukan bagi blog yang berupa tutorial. Cara ini memberikan kewenangan bagi pemilik blog untuk memproteksi sebagian artikel blognya. Bagian yang berisi deskripsi dapat diproteksi secara menyeluruh sedangkan bagian "Quote/blockquote" dapat dijiplak oleh pengguna internet lainnya. Cara agar blog hanya diijinkan dicopy sebagian adalah sebagai berikut:

1. Masuk akun blog sobat
2. Masuk bagian template
3. CTRL + F cari kode blockquote atau .post-blocquote:
4. Kemudian sisipkan script ini setelah kode blockquote atau .post blockquote:

blockquote,.blockquote,pre,code,i{-webkit-touch-callout:text;-webkit-user-select:text;-moz-user-select:text;-ms-user-select:text;-o-user-select:text;user-select:text}

Apabila disisipkan maka akan seperti dibawah ini:

.post blockquote ............................
blockquote,.blockquote,pre,code,i{-webkit-touch-callout:text;-webkit-user-select:text;-moz-user-select:text;-ms-user-select:text;-o-user-select:text;user-select:text}

Caranya anda cukup klik "Quote" pada bagian kode html atau arikel yang ingin dibagikan. Lebih jelasnya klik seperti gambar dibawah ini.

Cara agar konten blog tidak dapat dicopy paste

Demikianlah sob cara agar konten blog tidak dapat dicopy paste oleh orang tidak bertanggungjawab. Semoga bermanfaat. Jangan lupa komen dan sarannya ya... Baca juga 3 tips cepat merampingkan alexa rank web/blog.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Agar Konten Blog Tidak Dapat Di Copy Paste (CTRL + C dan CTRL + V)"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.