--> Skip to main content

Cara Mudah Menggunakan Mode Picture-in-Picture di Android 8.0 Oreo

Cara Mudah Menggunakan Mode Picture-in-Picture di Android 8.0 Oreo -- Google merilis Android 8.0 Oreo yang merupakan versi terbaru Android yang sudah hadir di bulan Agustus tahun ini. Yah, itu bukan sesuatu yang revolusioner dan tidak datang dengan perombakan desain utama. Namun, itu datang dengan banyak penyempurnaan yang pada akhirnya membantu meningkatkan pengalaman pengguna sehari-hari. Beberapa fitur penting yang menyertainya adalah Picture-in-Picture (PiP) Mode, Notification Dots, Smart Text Selection, Notification Snoozing and Autofill Framework.

Cara Mudah Menggunakan Mode Picture-in-Picture di Android 8.0 Oreo

Dari semua fitur tersebut, Picture-in-Picture Mode adalah mode yang sangat disukai banyak orang. Itu karena dibutuhkan multi tasking di Android ke level yang baru. Dengan Android 7.0 Nougat, Google menghadirkan fitur multi-window yang memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi dalam mode layar terpisah. Dengan Mode PiP di Android Oreo, multi-tasking selangkah lebih maju. Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android.

Jika Anda menonton video YouTube di smartphone melalui aplikasinya, Anda harus sadar bahwa menekan tombol kembali membawa Anda ke layar sebelumnya sambil juga memutar video di jendela apung. Ini sama dengan Mode PiP di Android Oreo, satu-satunya perbedaan adalah karena Google sekarang telah menerapkannya di tingkat OS sekarang tanpa membuatnya tetap terbatas pada aplikasi YouTube. Terdengar keren? Mau mencobanya? Nah, admin akan menunjukkan cara menggunakan Picture-in-Picture Mode di Android Oreo.

Begini Cara Menggunakan Mode Picture-in-Picture di Android 8.0 Oreo

Sebelum admin menunjukkan cara menggunakan Picture-in-Picture Mode di Android Oreo, admin beri tahu bahwa tidak semua aplikasi memiliki dukungan untuk fitur ini. Ini harus diaktifkan oleh pengembang aplikasi. Selain itu, pada saat penulisan ini, tidak banyak aplikasi yang tersedia yang mendukung Mode PiP. Aplikasi yang mendukung Mode PiP adalah Google Chrome, Google Duo, Google Play Film & TV, Layanan Google Play, Google Maps, WhatsApp, YouTube, dan VLC.

Berbicara tentang YouTube, Anda akan dapat menggunakan Mode PiP pada aplikasi ini di Android Oreo hanya jika Anda memiliki berlangganan YouTube Red. Selain itu, YouTube Red tidak tersedia di beberapa negara (seperti Indonesia), maka hari ini admin akan menunjukkan cara menggunakan mode gambar dalam gambar atau mode picture in picture di Android Oreo dengan memutar video YouTube di Google Chrome. Untuk menggunakan Mode PiP di aplikasi lain, Anda dapat menekan tombol kembali atau tombol beranda, bergantung pada aplikasi mana itu yang Anda gunakan.

Langkah 1: Buka Google Chrome dan buka YouTube dalam mode Desktop. Kemudian putar video apa saja. Setelah video mulai diputar, masuki mode layar penuh dengan mengetuk ikon layar penuh.

Langkah 2: Setelah memasuki mode layar penuh, gesek ke atas dari bawah untuk melihat tombol navigasi dan kemudian ketuk tombol beranda. Begitu Anda melakukannya, Anda akan keluar dari mode layar penuh dan video akan diubah ukurannya menjadi jendela kecil berbentuk persegi empat. Nah, itu saja. Begitulah cara Anda menggunakan mode picture-in-picture di Android Oreo.

Jendela kecil mengambang yang memutar video YouTube akan muncul di bagian bawah layar, namun Anda dapat memindahkannya ke manapun di layar yang Anda inginkan. Tarik saja ke manapun Anda inginkan di layar.

Anda sekarang dapat membuka aplikasi lain saat juga dapat menonton video YouTube tersebut. Dalam kasus lain, Anda bisa membuka aplikasi Whatsapp bersamaan dengan membuka aplikasi Youtube Red.

Untuk menghentikan pemutaran video, cukup sentuh jendela apung lalu ketuk ikon Jeda. Untuk menutupnya, Anda dapat menekan ikon 'X' yang muncul di pojok kiri atas jendela apung. Untuk kembali ke mode layar penuh, cukup ketuk ikon layar penuh. Setelah berada dalam mode layar penuh, Anda dapat menekan tombol kembali untuk kembali ke YouTube. Anda juga dapat menyeret jendela mengambang ke bagian bawah layar untuk menolaknya.

Jika Anda tidak dapat menggunakan mode picture-in-picture di Android Oreo untuk aplikasi yang admin sebutkan sebelumnya di artikel ini, pastikan mode Picture-in-Picture diaktifkan untuk aplikasi ini dengan menuju ke Settings > Apps & Notifications> Tingkat lanjut> Akses aplikasi khusus> Menu picture-in-picture dan aktifkan toggle untuk aplikasi masing-masing dengan mengklik nama aplikasi.

Mode Picture-in-Picture di Android Oreo adalah fitur yang bagus. Pengguna super cerdas akan menyukainya karena mereka tidak hanya dapat membuka dua aplikasi dalam mode layar terpisah, namun juga dapat menonton video atau mendapatkan petunjuk arah dari Google Maps menggunakan Picture-in-Picture Mode.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menggunakan mode picture-in-picture di Android 8.0 Oreo. Semoga saja Anda bisa menggunakan fitur ini saat Android Oreo sudah ditangan Anda. Pasalnya untuk Android Marshmallow dan Nougat masih belum bisa menggunakan mode PiP ini. Baca juga: Cara Mengembalikan File Penting yang Terhapus di Android.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar