Cara Membuat Puisi: 4 Langkah Membuat Puisi





Baca Juga

Cara Membuat Puisi: 4 Langkah Membuat Puisi -- Untuk membuat puisi yang baik dan benar itu tidak sesulit yang Anda bayangkan. Jadi Anda tidak perlu khawatir bagaimana cara membuat puisi yang pas. Karena pada kesempatan kali ini admin akan menjabarkan mengenai cara membuat puisi dengan mudah. Hanya melalui 4 langkah saja maka Anda bisa membuat puisi yang indah dan menarik.
Cara Membuat Puisi
Sama halnya dengan pantun, puisi juga merupakan sebuah karya sastra yang bersajak dan berirama. Namun bedanya, puisi jauh lebih memiliki banyak isi jika dibandingkan dengan pantun. Baca juga: Perbedaan dan Persamaan Pantun dan Gurindam.

Nah tidak usah panjang lebar lagi, jika Anda mau belajar mengenai cara membuat puisi berikut adalah ulasan dari admin yang bisa Anda gunakan.

Langkah-Langkah Membuat Puisi yang Baik dan Menarik

Berikut adalah step demi step membuat puisi dengan baik dan benar adalah sebagai berikut ini. Silahkan Anda baca ulasan dari admin berikut ini.

Tentukan Tema Puisi

Ibarat sebuah niat, tema adalah batang tubuh dari puisi tersebut. Oleh karena itu tentukan tema puisi yang Anda minati. Pilih tema yang sudah cocok dengan isi hati dan harapan Anda. Jadi pilihlah tema puisi yang banyak mengandung informasi dan Anda selalu membicarakannya. Misalnya saja, mungkin Anda datang dari kalangan remaja jadi tema puisi Anda bisa mengambil tema puisi cinta. Nanti ambil sub-tema puisi tentang kebahagiaan.


Pemilihan Diksi yang Tepat

Diksi atau pilihan kata dalam membuat puisi juga harus tepat. Sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam memilih bahasa puisi Anda yang tepat. Teruslah berlatih dalam memilih pilihan kata yang sesuai agar Anda bahkan pembaca dari puisi Anda mudah dalam memahaminya. Jangan sampai Anda selaku penulis puisi mengalami kebingungan saat membaca puisi Anda sendiri.

Bangun Suasana Puisi yang Menarik

Berikutnya agar dalam proses membuat puisi dapat berjalan dengan lancar maka Anda harus membangun suasana puisi yang menarik. Pasalnya, jika Anda berhasil dalam membuat puisi memiliki suasana yang menarik itu poin plus untuk Anda. Anda bisa memakai sinonim, majas, dan teknik deskripsi agar suasana puisi Anda kian berwarna.

Sentuh Perasaan Pembaca

Jika Anda mampu membuat puisi yang bisa menyentuh perasaan pembaca maka Anda tergolong orang yang mahir dalam membuat puisi. Jadi buatlah seolah-olah pembaca mengerti apa yang Anda tulis dalam puisi Anda. Buatlah tulisan Anda menjadi hidup dan bisa menyentuh perasaan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat puisi. Inilah 4 Langkah membuat puisi yang menarik. Semoga Anda berhasil dalam membuat puisi sesuai dengan keinginan Anda. Baca juga: Makna Eksplisit dan Implisit dalam Bahasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Puisi: 4 Langkah Membuat Puisi"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.