20 Contoh Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks Di Sekitar Kita





Baca Juga

Contoh Kalimat Simpleks dan Contoh Kalimat Kompleks -- Jika Anda belajar tentang struktur bahasa maka Anda akan melihat dan memahami tentang dua buah macam jenis kalimat berdasarkan total kata kerjanya, yaitu Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks. Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan kepada Anda mengenai Contoh kalimat simpleks dan kompleks? Untuk lebih detail lagi, admin akan menjelaskan kepada Anda pengertian dari kalimat simpleks dan kompleks dalam bahasa. Tidak ketinggalan admin juga akan memandu Anda dalam mengetahui mengenai struktur masing-masing kalimat baik kalimat simpleks maupun kalimat kompleks.

Contoh Kalimat Simpleks dan Contoh Kalimat Kompleks

Untuk mengawali materi dalam artikel kali ini admin akan menjabarkan terlebih dahulu makna dari kalimat simpleks dan kalimat kompleks agar tidak kebingunan nantinya. Baca juga: Ciri-Ciri Makhluk Hidup.

Pengertian Kalimat Simpleks dan Kompleks dalam Bahasa

Kalimat simpleks adalah kalimat paling sederhana dalam bahasa yang terdiri dari subjek dan predikat saja. Jadi struktur atau pola kalimat simpleks hanya terdiri dari satu subjek dan satu kata kerja. Oleh karena itu biasanya kalimat simpleks sering disebut dengan kalimat tunggal yang sangat sederhana.

Kalimat tunggal yang sederhana dalam bahasa biasanya tersusun atas SPOK. Jadi kalimat simpleks yang terdiri dari satu subjek dan satu kata kerja tadi bisa dikembangkan menambahkan objek dan keterangan agar lebih mengena dari makna yang dikandung dalam kalimat simpleks yang dibuat.

Kalimat Kompleks adalah kebalikan dari kalimat simpleks. Sehingga kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri dari dua buah pola kalimat atau kalimat yang mempunyai dua buah kata kerja. Nah, untuk mengetahui mana klausa pertama dan klausa kedua dalam kalimat maka penulis biasanya harus menambahkan kata hubung agar kalimat kompleks yang dibuat bisa bermakna.

Jadi, pola kalimat kompleks bisa saja seperti ini SPOK + kata hubung + SPOK. Sehingga dalam kalimat kompleks Anda akan mengenal anak kalimat dan induk kalimat. Anak kalimat merupakan kalimat bawahan dan kalimat atasan adalah induk kalimat. Cara mudah mengenali mana anak mana induk kalimat biasanya, anak kalimat selalu ditempeli oleh kata hubung. Oleh karena itu, kalimat kompleks biasanya juga disebut dengan Kalimat Majemuk. Ya... kalau ini dibagi maka akan menjadi kalimat majemuk setara dan bertingkat. Itulah apa yang dimaksud dengan kalimat kompleks?.

Contoh Kalimat Simpleks

Berikut adalah contoh-contoh kalimat simpleks yang sangat mudah.
  1. Ibu pergi ke pasar.
  2. Sandi dan Budi berangkat ke sekolah naik sepeda.
  3. Bapak Guru sedang rapat di kantor.
  4. Wanita cantik sedang berjemur di tepi pantai.
  5. Ibu Santi sedang mencuci pakaian.
  6. Banu mencuri buah mangga milik tetangga.
  7. Aswin membaca buku di ruang tamu.
  8. Malam ini, Ana sedang tertidur di kursi.
  9. Iswandi sedang menulis buku tentang percintaan.
  10. Haswim melukis pemandangan.
Itulah sedikit mengenai contoh kalimat kompleks. Kalimat kompleks sangatlah mudah. Jadi Anda bisa membuat contoh kalimat kompleks sebanyak-banyaknya. Terus belajar giat agar Anda mahir dalam menulis contoh-contoh kalimat simpleks. Lalu bagaimana dengan contoh kalimat kompleks?.

Contoh Kalimat Kompleks Parataktik atau Kalimat Majemuk Setara

Ini adalah macam-macam dari kalimat majemuk atau kalimat kompleks yang pertama. Anda mungkin tidak akan mengenali apa itu kalimat kompleks parataktik jika admin merubahnya menjadi kalimat majemuk setara. Berikut adalah contohnya:
  1. Ketika Ayah datang, aku sedang mandi.
  2. Samsul pergi ke Surabaya dengan Budi tadi sore dan mereka pulang dua hari dari sekarang.
  3. Bagus sedang mencuci baju dan kemudian dia membeli kecap.
  4. Aya mempunyai sepatu baru kemudia dia memamerkannya kepada Santi.
  5. Aflakha mengambil foto keindahan dengan iPhone X miliknya lalu dia mencetaknya dengan mesin copy.
Bagaimana mudah bukan? Mari lanjut ke contoh kalimat kompleks Hipotaktik atau kalimat majemuk bertingkat.

Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat/Kalimat Kompleks Hipotaktik

Untuk mengetahui dengan cepat bahwa kalimat yang Anda baca adalah kalimat majemuk beringkat biasanya selain kalimatnya memang terdapat dua buah, ialah kalimat ini dihubungkan dengan kata hubung seperti "agar, supaya, andaikan, apabila, jika, seandainya, daripada, ibarat, seperti, laksana, oleh karena itu, sehingga, padahal, faktanya, dengan, bahkan, yang, dan masih banyak lagi." Berikut adalah contohnya.
  1. Anastasia sudah pulang duluan padahal ibu guru masih menerangkan di dalam kelas.
  2. Samsul akan membuang sampah jika dia disuruh oleh ayahnya.
  3. Tiara pergi ke Surabaya nanti malam apabila dia sudah mendapatkan restu dari ibunya.
  4. Suprayitno singgah di Bandung karena mobilnya rusak oleh karena itu dia pulang naik bus.
  5. Ivana suka menangis dimana saja ibarat muka gedheg dalam bahasa Jawa.
Demikianlah paparan admin mengenai contoh kalimat simpleks dan kalimat kompleks di sekitar kita. Semoga bermanfaat. Baca juga: Contoh Kalimat Majemuk Setara, Bertingkat dan Rapatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Contoh Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks Di Sekitar Kita"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.