Cara Belajar Gitar dengan Mudah dan Cepat, Inilah 5 Caranya





Baca Juga

Cara Belajar Gitar, Cara Bermain Gitar -- Bagi seseorang yang memiliki bakat bermain musik terasa kurang jika belum bisa bermain gitar. Pasalnya, banyak orang yang menyukai bermain gitar untuk menarik perhatian dari lawan jenis. Nyatanya, cara belajar gitar tidaklah sesulit yang dibayangkan. Jika Anda mengetahui cara main kunci gitar, urutan main, dan ketepatan dalam mengalihkan jari jemari belajar gitar akan sangat mudah dan cepat.

Nah, untuk menyiapkan mental anda dalam bermain gitar. Inilah 5 Cara bermain dan belajar gitar agar lebih mudah dan cepat menguasainya. Jangan sampai Anda sudah membeli mahal-mahal gitar Anda tapi Anda tidak tahu bagaimana cara bermain gitarnya. Baca juga: Apa itu Paytren?

Cara Belajar Gitar dengan Mudah dan Cepat

Langkah-langkah bermain gitar dapat Anda ulas sesuai dengan artikel yang akan Admin sampaikan berikut ini.

Kuasai Nada

Unsur utama dalam bidang musik adalah nada. Setidaknya, Anda sudah bisa membedakan nada dasar. Nada dasar ialah do re mi fa sol la si doo. Nah kuasai perbedaan nada tersebut sebagai dasar ilmu Anda dalam belajar gitar.

Untuk belajar nada lebih lanjut Anda bisa ikut les gitar atau minta tolong pada teman Anda yang sudah mahir. Namun sebelum kesana, belajarlah terlebih dahulu bagaimana cara stem nada di gitar.

Kuasai Kunci Gitar Dasar

Kunci dasar pada gitar biasanya adalah kunci dasar A, B, C, D, F, dan G. Kuasai benar bagaimana meletakkan jari jemari pada senar gitar agar membentuk sebuah kunci gitar. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar.
Kunci Gitar Dasar
Sesuai dengan urutan nomor pada gambar, berikut adalah penjelasannya:
  • Jari telunjuk ada di nomor 1
  • Jari tengah ada di nomor 2
  • Jari manis ada di nomor 4
  • Jari kelingking ada di nomor 5
Nomor 1 menunjukkan fret paling ujung. Lihat pada kunci F dan B, untuk membuat kunci gitar tersebut maka Anda harus meletakkan satu jari Anda untuk menutup lebih dari satu senar gitar. Nah, ketika Anda sudah mengetahui kunci-kunci dasar pada gitar ini. Maka cobalah Anda untuk menghafal, mencoba menggenjreng, dan berpindah-pindah antar kunci gitar dengan tujuan membiasakan jari jemari Anda. Pastikan Anda sudah terbiasa dan jangan memaksakan ketika jari sudah panas.

Kuasai Kunci Gitar Tingkat Lanjut

Jika sudah mahir dalam memainkan kunci gitar dasar, Anda bisa melanjutkan ke kunci gitar tingkat lanjut. Kunci gitar tingkat lanjut yaitu kunci kres (#), b(mol), minor, dll. Anda juga bisa menambah kunci tegak atau gantung dan kunci balok. Tapi untuk menguasai kunci gitar lanjutan ini Anda harus benar-benar menguasai kunci gitar dasar.
Dari gambar diatas, kita ambil contoh saja kunci A maksudnya kunci A mayor sedangkan Am adalah kunci A minor.

Belajar Gitar dengan Lagu-Lagu Mudah Dulu

Anda bisa memulai kemampuan penguasaan kunci gitar Anda dengan memulai untuk memainkan lagu-lagu tingkat mudah dahulu. Jika Anda sudah mahir dalam memainkan lagu-lagu yang mudah, Anda bisa memainkan lagu yang lebih tinggi tingkatannya.

Teratur Bermain Gitar

Jika semua hal diatas sudah Anda kuasai, Anda tinggal memberikan jadwal yang teratur dalam bermain gitar. Meskipun teori sudah banyak Anda kuasai namun jarang praktek itu juga akan menjadi sia-sia. Jadi intinya, beranilah untuk bisa terus praktek main gitar agar terbiasa. Dengan terbiasa Anda akan bisa menguasai belajar gitar. Teraturlah bermain gitar.

Demikianlah penjelasan mengenai cara belajar gitar dengan mudah dan cepat. Semoga Anda mampu menguasai gitar Anda dengan cepat. Baca juga: Pengertian Hak dan Kewajiban.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Belajar Gitar dengan Mudah dan Cepat, Inilah 5 Caranya"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.