Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri, Cepat dan Tanpa Les





Baca Juga

Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri, Cepat dan Tanpa Les -- Siapa yang tidak tahu tentang Kampung Inggris Pare, Kediri. Disanalah tempat semua anak yang suka dengan bahasa Inggris bisa memperdalam kemampuan bahasa inggris. Mulai dari Sabang hingga Merauke banyak sekali anak mudah yang berkunjung kesana untuk kursus bahasa inggris. Namun, bagaimana bagi Anda yang tidak punya kesempatan untuk mengambil kursus bahasa inggris disana? Apakah ada cara cepat belajar bahasa inggris tanpa harus les?
Cara Belajar Bahasa Inggris
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, admin selaku seorang pendidik di salah satu universitas akan mencoba menjelaskan kepada Anda bagaimana cara belajar bahasa inggris tanpa harus kursus. Jadi Anda bisa mempelajari kemampuan bahasa inggris sesuai dengan kemampuan Anda sendiri. Tapi yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana cara mengetahui kemampuan bahasa inggris sudah meningkat kalau tidak dengan les bahasa inggris? Jangan khawatir karena ada 1000 macam cara untuk menuju Roma. Baca juga: Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat dengan Bahasa Inggris.

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Diri Sendiri

Ada beberapa poin penting yang harus Anda pahami sebelum Anda belajar bahasa inggris untuk diri sendiri. Jadi Anda bisa mempercepat belajar bahasa inggris sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan diporsir santai saja agar semua berjalan dengan lancar saat belajar bahasa inggris.

Tata Niat Belajar Bahasa Inggris Anda

Semua hal baik itu mudah atau sulit semua berawal dari niat Anda belajar. Tata niat pertama kali ketika mau belajar bahasa Inggris. Tidak jarang orang yang gagal dalam belajar bahasa inggris karena niatnya yang salah. Jadi pastikan bahwa niat Anda untuk belajar bahasa inggris ada didalam hati bahkan dalam keseharian Anda supaya membantu Anda dalam mempercepat belajar bahasa inggris.


Pelajari Hal Termudah dalam Bahasa Inggris

Untuk bisa menguasai bahasa inggris, Anda jangan terlalu terburu-buru hendak menguasai hal tersulit dalam bahasa inggris. Anda harus mempelajari bagian termudah dalam bahasa inggris. Hal termudah bisa diambil dari sub-skill bahasa inggris yaitu vocabulary. Dari vocabulary seperti alphabet, number, kata benda disekitar Anda, kata benda yang mengacu pada nama orang dan tempat, kata benda yang mengacu pada tubuh, bahkan Anda bisa mempelajari hal mudah seperti kata aku, kamu, dia, mereka, dilengkapi dengan kata tanya seperti Apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana. Untuk masalah berikutnya Anda bisa mengembangkan kata tanya tersebut misalnya agar dapat berbicara bahasa inggris biasanya Anda harus berdialog dengan teman Anda. Orang berdialog pasti bertanya dan menjawab. Oleh karena itu, Anda bisa mempelajari hal mudah dalam bahasa inggris yaitu dengan bertanya tentang seseorang tersebut. Kata tanyanya misalnya:
  1. Who are you?
  2. What is your name?
  3. Where do you live?
  4. When do you come from?
  5. Why are you late?
  6. How are you?
Itu semua adalah pertanyaan termudah dalam bahasa Inggris. Anda dengan teman pasti langsung bisa mempelajari berbicara bahasa inggris tanpa canggung dalam waktu sehari. Cukup melakukan tanya jawab maka proses belajar bahasa Inggris dapat terjadi.

Perbanyak Perbendaharaan Kosa Kata (Vocabulary)

Kosa kata atau vocabulary dalam bahasa Inggris sangat memegang peran penting dalam belajar bahasa inggris. Semakin banyak kosa kata dalam bahasa inggris yang Anda miliki insyaallah Anda akan semakin mudah dalam mempelajari bahasa inggris. Kosa kata ini tinggal Anda hubungkan satu dengan yang lainnya. Kosa kata bisa diawali dengan memperbanyak kata-kata yang berkaitan dengan part of speech, yaitu kata benda (noun), kata keterangan (adverb), kata kerja (verb), dan kata sifat (adjective). Anda tinggal mencari kata-kata yang tergolong kedalam jenis-jenis kata tersebut. Atau kalau Anda memang niat belajar bahasa inggris Anda bisa menambah jenis kelas kata menjadi 8 hal selain 4 hal yang sudah disebutkan. 4 kelas kata yang lain adalah kata hubung (conjunction), kata ganti (pronoun), kata depan (preposition), dan kata seru (interjection).

Pelajari Cara Pengucapan Kata Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Bahasa Inggris memang berbeda sekali dengan dengan bahasa Indonesia. Banyak sekali kata-kata dalam bahasa inggris yang diucapkan mirip sekali. Misalnya saja, tree, three, dan Sri. Atau contoh lain misalnya, She, Sea, dan See. Oleh karena itu, agar belajar bahasa Inggris Anda lancar karena tanpa kursus cobalah untuk mencari aplikasi kamus dari Play Store atau App Store yang bisa melafalkan kata dalam bahasa Inggris dengan benar. Sudah kosa kata banyak, pengucapan dalam bahasa inggris juga bagus. Tentu Anda akan cepat belajar bahasa inggris dan cepat menguasai bahasa Inggris.

Dengan cara ini, ranah belajar bahasa Inggris mendengar dan berbicara sekiranya bisa ditingkatkan dengan cepat.

Perdalam Kemampuan Grammar dan Syntax

Grammar adalah seperangkat aturan yang menetapkan standar penggunaan yang benar dalam bahasa. Aturan-aturan ini mendikte bagaimana Anda harus mengatakan sesuatu dengan benar. Misalnya, kesepakatan antara kata-kata dalam kaitannya dengan konstruksi lainnya dalam kalimat. Grammar biasanya berkaitan erat dengan himpunan sebuah aturan terstruktur yang mengatur susunan kalimat, frase, dan kata dalam bahasa. Di dalam tata bahasa Inggris ada tiga dasar tata bahasa, yaitu (1). etimologi, (2). orthographi, dan (3) Sintaks. Sintaks adalah studi tentang kalimat dan strukturnya, dan konstruksi dalam kalimat. Sintaks memberitahu Anda apa yang terjadi dalam sebuah kalimat.

Jadi dengan kombinasi antara grammar dan syntax yang baik maka belajar bahasa Inggris dalam ranah menulis dan membaca sekiranya bisa ditingkatkan.

Perbanyak Membaca Essay, Artikel ataupun Tulisan Bahasa Inggris

Teruslah membaca hal-hal yang berkaitan erat dengan bahasa Inggris. Walaupun Anda hanya memiliki bekal kosa kata bahasa inggris yang minim, Anda bisa memahami bacaan setidaknya sepertiga dari tulisan tersebut. Jadi carilah bacaan dari internet, majalah, buku ataupun yang lainnya yang berkaitan dengan bahasa inggris. Kalau bisa sesuai dengan minat Anda agar dalam membaca bahasa inggris tidak terbebani. Ini yang disebut ilmu extensive reading.

Anda akan terpacu ketika menemukan kosa kata yang tidak diketahui dalam bacaan yang Anda sukai. Anda akan mencoba mengartikan sedikit demi sedikit. Alhasil, perbendaharaan kosa kata Anda juga meningkat dalam mempelajari bahasa Inggris. Disisi lain, akhirnya Anda juga tahu bagaimana kalimat-kalimat dalam bahasa inggris tersebut disusun.

Perbanyak Mendengarkan Orang Berbicara Bahasa Inggris

Entah melalui media apa, baik MP3 ataupun MP4 Anda bisa memperdalam kemampuan mendengar dalam bahasa Inggris. Anda bisa mencari lewat internet semua hal tersebut. Anda tinggal mendengarkannya dan berusaha meraba-raba apa makna ucapannya. Sesuaikan tingkat kecepatan berbicaranya, lebih baik Anda belajar mendengar dengan lirik lagu bahasa inggris terlebih dahulu yang terbilang lebih mudah. Dilanjutkan dengan yang lain misalnya, pidato ataupun pembawa berita yang lebih enak didengar. Terakhir, Anda bisa mencoba tes tes listening dalam bahasa inggris yang lebih cepat. Misalnya, tes listening TOEIC, TOEFL ataupu IELTS.

Perbanyak Latihan Berbicara Bahasa Inggris

Jika semua hal diatas sudah Anda kuasai betul-betul, entah hanya 50% darinya atau lebih. Anda bisa mencoba untuk latihan berbicara bahasa inggris dengan siapapun dan kapanpun. Jangan pernah malu dan takut untuk berbicara bahasa inggris dengan siapapun dan kapanpun jika ada kesempatan. Ini adalah langkah awal Anda untuk berani malu dan berani berbicara bahasa inggris. Jika Anda masih canggung dalam berbicara bahasa inggris pasti hasil dari apa yang Anda lakukan sebelumnya akan sia-sia.

Nikmati Prosesnya

Untuk menguasai bahasa inggris bukanlah semudah membalikkan tangan semata. Ada proses yang panjang didalamnya. Anda harus menikmati semua prosesnya karena itu adalah perjalanan hidup Anda. Jangan terpatok pada target berapa hari, minggu atau bulan untuk menguasai bahasa inggris. Memang itu semua harus diingat-ingat tapi proses belajar bahasa inggris harus dinikmati dan selalu dievaluasi agar kedepannya lebih mudah. Jadi hasil tidak akan pernah mengingakari prosesnya.

Demikianlah penjelasan dari admin mengenai cara belajar bahasa inggris Sendiri, Cepat dan tanpa les. Semoga saja cara belajar cepat bahasa inggris ala diri Anda sendiri bisa membantu Anda sebelum masuk perkuliahan ataupun kursus. Ingat, sebelum Anda belajar bahasa inggris diatas Lakukan apa yang Anda cintai, Cintai Apa yang Anda Lakukan. Dengan begitu semuanya pasti terasa mudah. Sekian. Baca juga: Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Hanya dalam Sehari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri, Cepat dan Tanpa Les"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.