Perbandingan iOS 11 vs Android 8.0 Oreo: OS Mobile Mana yang Terbaik Sejauh ini?





Baca Juga

Perbandingan iOS 11 vs Android 8.0 Oreo: OS Mobile Mana yang Terbaik Sejauh ini?  -- Apple meluncurkan preview pengembang iOS 11 di Konferensi Pengembang Worldwide (WWDC) baru-baru ini di San Jose, California. Sebaliknya, Google telah memamerkan versi pratinjau kedua Android 8.0 Oreo di konferensi I / O tahun ini di bulan Mei yang lalu.

Perbandingan iOS 11 vs Android 8.0 Oreo

Sejauh ini, Apple iOS 11 berusaha untuk terus melawan keperkasaan OS mobile terbaru milik Google Android 8.0 Oreo dalam pertarungan platform mobile OS teratas di pasaran. Admin berusaha untuk mengeksplorasi fitur terbaik dari dua sistem operasi mobile untuk menentukan siapakah pemenangnya. Baca juga: Cara Mematikan Siri di iOS

Inovasi dan Kreativitas Dari Google untuk Android 8.0 Oreo

Berikut adalah terobosan-terobosan baru yang telah diusung oleh Google untuk menyempurnakan Android 8.0 Oreo dari pada versi yang sebelumnya yaitu Android 7.0 Nougat. Berikut sedikit ulasan mengenai fitur baru dari Android 8.0 Oreo.

iOS 11 vs Android 8.0 Oreo: OS Mobile Mana yang Terbaik Sejauh ini?

Jika Anda sendiri untuk menilai, kira-kira manakah yang akan menjadi OS Mobile terbaik saat ini. Apakah iOS 11? Ataukah Android 8.0 Oreo? Mari kita ulas saja.

Fitur AI Baru

Google telah benar-benar memakukannya dengan fitur AI-powered baru di Android 8.0 Oreo seperti menyalin kata kunci Wi-Fi saat Anda memfokuskan kamera ke dalamnya.

Apple belum mengintegrasikan teknologi Augmented Reality (AR) ke dalam sistem operasi untuk menawarkan fitur AI mainstream pada tingkat sistem.

Mode Picture-in-Picture

Android O/Oreo sekarang memungkinkan pengguna mengecilkan video menjadi gambar mini mengambang atau menggunakan mode picture-in-picture untuk meningkatkan kemampuan multitasking.

Selanjutnya, pengguna Android 8.0 dapat memutar musik dari ponsel ke beberapa speaker dengan batasan tunggal sehingga kompatibel dengan Chromecast.

Sistem Pembayaran Peer-to-Peer

iOS 11 Apple memenangkan pertarungan dengan aplikasi iMessaging yang didukung oleh berbagai macam pembaharuan termasuk fitur Apple Pay terbaru.

Di sisi lain, Google Android O hadir dengan aplikasi texting dasar tanpa sistem pembayaran peer-to-peer terintegrasi.

Asisten Suara

Asisten Google selangkah lebih maju dari Apple Siri dengan menawarkan lebih dari sekedar asisten suara. Modus baru yang disebut Google Lens memungkinkan asisten untuk mengidentifikasi objek, selain memungkinkan pengguna mengetikkan kueri dan tidak hanya menggunakan perintah suara seperti dengan Siri.

Android O atau Android Oreo nampaknya jauh lebih ramping, berkat perangkat tambahan yang inovatif. Sebaliknya, Siri terlihat ketinggalan jaman tanpa update yang muncul untuk asisten digital dari WWDC.

Sistem Operasi Proaktif

Google Android O lebih proaktif dan up-to-date dalam hal update konstan dari para pengembang karena menggunakan kode sumber terbuka, tidak seperti Apple iOS 11 yang ditutup. Akibatnya, sistem operasi Apple kurang proaktif karena menciptakan perangkat lunak yang sama untuk semua perangkat portabelnya sementara Google menciptakan perangkat lunak yang dapat berjalan di ratusan perangkat Android.

Dengan perbaikan dan optimisasi yang terus-menerus terhadap berbagai hal, Android O bisa berjalan lebih cepat dan sama halnya ketika masuk proses boot daripada iOS Apple 11.

Masalah Keamanan dan Bug yang Melekat

Apple memegang keunggulan ketika menyangkut keamanan karena mengendalikan perangkat keras dan perangkat lunak dengan sistem operasi yang digabungkan dengan baik. Apple iOS 11 menjadi lebih aman dengan kebijakan kode sumber tertutup perusahaan.

Apple iOS 11 jelas akan menampilkan lebih sedikit jumlah bug yang melekat, mengingat integrasi sistem yang lebih erat dengan aplikasi. Selain itu, mekanisme keamanan superior iOS 11 membuka jalan bagi bug yang lebih rendah daripada Android O.

Performa dan Daya Tahan Baterai

Ketika mengacu pada kinerja dan masa pakai baterai, Android O pasti mengalami kemajuan seiring dengan waktu bootingnya yang lebih cepat, waktu muat aplikasi yang lebih cepat, dan berbagai penyempurnaan perangkat lunak yang bertujuan untuk meningkatkan keseluruhan masa pakai baterai perangkat.

Di sisi lain, Anda tidak akan melihat banyak keuntungan kinerja saat Anda bermigrasi dari iOS 10 ke iOS 11 karena Apple sering kali membuat peningkatan antarmuka pengguna (UI) antara peningkatan perangkat lunak berikutnya, dengan penekanan lebih pada desain, keamanan dan fitur.

Augmented Reality dan Virtual Reality

Android tampak lebih maju di depan iOS dalam hal kemajuan yang dibuat di bidang AR dan VR. Fitur Google Daydream menjadi penentu kemenangan dalam pertempuran VR yang dimiliki oleh Android. Sementara untuk kemampuan kamera iPhone AR yang akan datang juga akan memberikan persaingan yang ketat kepada Google Tango.

Google Tango tidak sepenuhnya dikembangkan dan ini memungkinkan Apple meluncurkan platform pengembang ARKit-nya dalam usaha menangkap pasar AR. Tidak ada pemenang yang jelas dalam bidang AR.

Demikianlah sedikit ulasan iOS 11 vs Android Oreo. Silahkan Anda tentukan sendiri siapa pemenang dalam hal menjadi OS Mobile Terbaik. Jika singkat cerita mungkin Android O masih menjadi terdepan saat ini. Tapi tidak menutup kemungkinan Apple iOS 11 akan menjadi pesaing mutlak dari Android Oreo. Baca juga: Cara Membawa Control Center iOS 11 ke iOS 10

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Perbandingan iOS 11 vs Android 8.0 Oreo: OS Mobile Mana yang Terbaik Sejauh ini?"

  1. tetap android paling ajib pak :3
    BTW ios blum icip haraga nya MAHAL :v

    ReplyDelete

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.