12 Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy S8/S8+ yang Boros





Baca Juga

12 Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy S8/S8+ yang Boros -- Galaxy S8 bisa bertahan lama dengan charge baterai yang harus sedikit lebih lama pula. Kurang lebih daya tahan baterai normal Samsung Galaxy S8 adalah 10 jam 39 menit dan lebih dari 11 jam untuk Galaxy S8+. Tapi tidak ada yang namanya baterai dapat bertahan lebih lama, terutama bila menyangkut perangkat yang Anda bawa dan yang selalu Andalkan kapan dan dimana saja

.Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy S8 yang boros

Oleh karena itu, berikut adalah Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy S8 yang boros. Baca juga: 10 Tips dan Trik Keren Samsung Galaxy S8

12 Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy S8/S8+ yang Boros

Berikut adalah 12 tips menghemat atau meningkatkan daya tahan baterai samsung galaxy S8 yang boros.

Turunkan Kecerahan Layar Anda

Semakin terang layar Anda maka semakin banyak energi yang digunakan telepon Anda pula. Apalagi jika Anda berada di dalam rumah. Anda hanya memerlukan set brightness kurang dari 50% saja.

Auto brightness Galaxy S8

Apabila Anda tidak mau repot pergi saja ke Settings kemudian pilih Auto brightness untuk mengaktifkan fitur kecerahan layar otomatis. Fitur ini akan membantu Anda dengan mudah jika berada didalam dan diluar ruangan.

Anda juga dapat menyesuaikan kecerahan dengan menurunkan shade notifikasi dan menyesuaikan slider. Ketikan Anda memindahkan slider ke arah kiri maka akan menurunkan brightness sedangkan menggerakkan slider ke kanan akan meningkatkan brightness. Selain itu, jika Anda menekan panah di sebelah kanan slider maka sebuah menu drop down akan muncul sehingga Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan kecerahan otomatis layar dengan mengklik pada kotak di sebelah kanan.

Matikan Always-On Display

Meskipun layar AMOLED Galaxy S8 super efisien dan tidak menarik daya yang banyak saat menampilkan layar gelap. Tapi masalahnya adalah Always-On Display Galaxy S8 masih sedikit demi sedikit menyerap daya tahan baterai galaxy S8 Anda.

matikan always-on display

Jadi matikan saja fitur ini dengan masuk ke bagian Lock Screen and Security pada menu Settings. Dengan begini maka Anda dapat menghemat beberapa persen baterai tambahan dalam semalam.


Matikan Bluetooth dan NFC Payment

Anda dapat mematikan bluetooth dan NFC Payment untuk meningkatkan daya tahan baterai Galaxy S8 Anda. Anda dapat mematikannya dengan masuk ke menu Quick Settings, atau dengan mengalihkan opsi tersebut dari bagian Connections di menu Settings.

Matikan bluetooth dan NFC Payment

Dua fitur ini sebenarnya tidak menguras baterai namun jika terus mempertahankannya Anda tidak akan mendapatkan apa-apa.

Kecilkan Resolusi Layar

Secara default, layar galaxy S8 sudah diatur ke 2220 x 1080 pixels, bukan 2960 x 1440 pixels. Memang dengan resolusi yang besar akan menarik hati tetapi perlu disadari bahwa layar super lebar akan menarik lebih banyak tenaga dari prosesor. Oleh karena itu, Upgrade ke resolusi layar penuh adalah salah satu fitur pertama yang admin sarankan untuk diaktifkan di Galaxy S8.

Change resolution

Tapi jika Anda lebih sadar akan konsumsi daya baterai maka silahkan Anda kecilkan resolusi layar Anda. Aturlah layar sampai 1480 x 720 pixels merupakan salah satu cara untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Nyalakan Power Saving Mode

Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan daya tahan baterai Samsung Galaxy S8 Anda, Anda dapat mengaktifkan power saving mode Galaxy S8 dengan mengetuk ikon power saving di menu Quick Settings.

Nyalakan Power Saving Mode

Pengaturan hemat daya memberi Anda pilihan untuk memilih dari pengaturan tertentu, atau Anda dapat secara manual mengatur penghematan daya dengan mengutak-atik pengaturan individual misalnya kecerahan, resolusi layar, kecepatan CPU dan penggunaan jaringan.

Percepat Screen Timeout

Jika Anda ingin menyimpan daya setiap detiknya, Anda dapat membuka bagian Tampilan pada menu Settings dan mengatur layar agar secara otomatis menjadi gelap setelah 15 detik tidak aktif.

percepat screen timeout

Jika Anda tidak aktif menggunakan telepon Anda, Anda tentu tidak memerlukan layar tetap menyala.

Paksa Aplikasi Berjalan dalam Mode Sleep

Banyak aplikasi di Android yang belum benar-benar ditutup. Aplikasi ini masih sering mengirimkan pemberitahuan sesekali atau mentransmisikan data di latar belakang. Namun, jika Anda meletakkan aplikasi dalam mode sleep (caranya dengan menekan sedikit lebih lama pada ikon aplikasi dan memilih opsi yang bertuliskan "Sleep") maka Anda dapat mencegah aplikasi mengirimkan notifikasi di belakang layar dan Anda tentu akan sedikit lebih menghemat daya tahan baterai Anda.

mode sleep aplikasi galaxy s8

Catatan: cara ini tidak akan berfungsi untuk setiap aplikasi penting seperti Google Play Store, Phone dialer, dan lainnya.

Optimalkan Smartphone Galaxy S8 Anda

Samsung Galaxy S8 telah disertai dengan aplikasi perawatan perangkat yang bermanfaat untuk kesehatan ponsel Anda. Tidak hanya itu, aplikasi ini berfungsi sebagai cara menutup aplikasi yang tidak dibutuhkan dan membersihkan cache untuk memastikan ponsel Anda berjalan seefisien mungkin.

optimize smart phone galaxy s8

Semakin banyak layanan yang Anda buang karena tidak Anda butuhkan, semakin banyak pula daya tahan baterai yang Anda miliki. Untuk menemukan tombol pengoptimalan, buka menu Settings dan klik bagian Device Management.

Matikan Suara dan Vibrasi Atau Gunakan Headphone

Mematikan suara dan getaran adalah contoh lain untuk menonaktifkan fitur yang tidak Anda perlukan sehingga Anda dapat menghemat daya tahan baterai samsung galaxy s8 yang boros.

turn off sound and vibration in galaxy s8


Toh, dibutuhkan baterai yang cukup banyak untuk mengeluarkan suara atau memicu getaran setiap kali Anda mendapatkan notifikasi. Jika Anda masih ingin mendengarkan musik dari film, coba hubungkan dengan headphone saja karena dengan memakai headphone maka daya tahan baterai dapat dimampatkan. Anda dapat mematikan getaran dengan mengetuk ikon speaker kecil di Quick Settings Menu.

Temukan Sinyal Wifi yang Kuat atau Nyalakan AirPlane Mode

Anda mungkin tidak menyadarinya, namun bila Anda memiliki layanan seluler yang buruk, telepon Anda akan mengeluarkan tenaga ekstra yang cukup besar untuk menemukan sinyal sel yang menempel pada ponsel Anda. Jadi kalau bisa, hubungkan saja ke Wi-Fi untuk mendapatkan data, atau aktifkan mode aiplane agar telepon Anda terus berusaha mencari layanan.

airplane mode galaxy s8
Switch untuk mode airplane dapat Anda temukan di menu Quick Settings.

Matikan atau Perkecil Akurasi GPS Anda

Samsung Galaxy S8 memiliki GPS built-in, namun untuk mendapatkan data lokasi yang paling akurat, ia juga akan mengambil informasi dari data seluler dan tempat Wi-Fi terdekat. Dengan menurunkan ketepatan data GPS di setting telepon, atau mematikan sepenuhnya, Anda dapat menghemat lebih banyak daya baterai.

battery saving mode

Anda dapat menyesuaikan keakuratan GPS Anda dengan membuka bagian Connections di Menu Settings, gulir ke bawah ke opsi yang bertuliskan "Location," lalu ketuk daftar "Locating method" dan pilih opsi hemat baterai.

Hentikan Layar Galaxy S8 Menyala Karena Sengaja

Ini bukan solusi hemat daya tahan baterai yang pas, namun Galaxy S8 memiliki fitur praktis yang akan mencegah layar agar tidak menyala di lingkungan yang sangat gelap seperti saku atau tas. Hal ini dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko ponsel menyala dengan sendirinya tanpa sengaja yang mengakibatkan baterai habis tanpa diketahui.

Untuk mengaktifkan fitur ini, klik pada bagian Display pada menu Settings dan gulir ke bawah ke pilihan yang bertuliskan "Keep screen off" dan tekan tombol toggle di sebelah kanan. Maka proses akan selesai dan baterai Anda akan tahan lebih lama.

Sekian paparan mengenai 12 Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy S8/S8+ yang Boros. Semoga bermanfaat. Baca juga: 10 Fitur Unggulan Samsung Galaxy S8 yang tidak akan ditemui di iPhone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy S8/S8+ yang Boros"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.