Pengertian Wawasan Nusantara Untuk Warga Negara Indonesia





Baca Juga

Pengertian Wawasan Nusantara Untuk Warga Negara Indonesia -- Wawasan Nusantara adalah Cara sudut pandang dan sikap bangsa Indonesia yang memprioritaskan persatuan dan kesatuan yang diawali dari lingkungannya menuju yang lebih luas demi menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai masyarakat Indonesia.

Yang menjadi Wawasan Nusantara adalah UUD 1945. Adapun dasar dalam menentukan sikap dan cara pandang warga Indonesia adalah Pancasila. Agar tujuan nasional dapat terwujud maka bangsa Indonesia harus meniadakan perbedaan dan memenuhi kesatuan wilayah secara bersama-sama demi tercapainya wawasan nusantara secara luas.

pengertian wawasan nusantara

Dari Sabang sampai dengan Merauke, Indonesia memang terkenal dengan berbagai macam suku bangsa, agama dan budaya. Mereka semua mendiami hampir diseluruh kepulauan Indonesia. Indonesia yang memang notabene negara kepulauan hampir tidak pernah ada satu saja pulau yang tanpa penghuni. Inilah kekayaan Indonesia yang harus tetap dijaga oleh seluruh warga negara Indonesia. Baca juga: Pengertian Persatuan dan Kesatuan

Sebagai warga negara Indonesia sepatutnya Anda berterimakasih kepada UUD dan Pancasila karena telah sedikit banyak membantu mempersatukan perbedaan yang ada di Indonesia ini. Jadi sikap toleransi antar warga negara seharusnya terus dipupuk agar wawasan nusantara dapat di berikan kepada generasi penerus tanpa adanya gangguan sama sekali.

Pengertian Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara secara etimologis adalah cara pandang terhadap kesatuan pulau yang berada di antara dua benua yaitu Asia dan Australia serta dua buah samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.


Bahasa Wawas merupakan bahasa awal dari Istilah Wawasan. Bahasa ini berasal dari bahasa Jawa yang artinya adalah pandangan, tinjauan atau penglihatan indrawi. Kemudian sastrawan Indonesia menambahkan akhiran -an maka menjadi Wawasan yang berarti  cara pandang, cara tinjau, cara lihat.



Jika mengacu pada kata kedua dalam Wawasan Nusantara, yaitu Nusantara. Awal dari kata Nusantara berasal dari Nusa + Antara. Nusa berarti kepulauan dan Antara berarti letak antara dua unsur. Jika melihat negara Indonesia maka diartikan sebagai dua samudra dan dua benua.


Pengertian Wawasan Nusantara dari Para Ahli

Jika tadi Anda sudah paham pengertian Wawasan Nusantara secara etimologis maka sekarang pengertian Wawasan Nusantara menurut para ahli, yaitu.
  • Menurut Prof. Dr. Wan Usman, Pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.
  • Menurut Kel. Kerja LEMHANAS tahun 1999, Pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan lingkungan yang beragam dan bernilai startegis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.
  • Pengertian Wawasan Nusantara menurut Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 Tentang GBHN adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.
Demikianlah Pengertian Wawasan Nusantara Untuk Warga Negara Indonesia. Semoga dengan pengertian wawasan nusantara yang sudah dijelaskan diatas Anda kian memahami perbedaan banyak hal di Indonesia. Semoga bermanfaat. Baca juga: Pengertian Hak dan Kewajiban

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Wawasan Nusantara Untuk Warga Negara Indonesia"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.