Cara Menjumlahkan di Excel (Otomatis dan Manual)





Baca Juga

Cara Menjumlahkan di Excel -- Hal dasar yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan Ms. Excel adalah melakukan penjumlahan. Baik penjumlahan angka, uang, barang ataupun prosentase. Ada banyak cara menjumlahkan di excel. Baik cara menjumlah di excel beda kolom ataupun cara menjumlahkan di excel antar sheet.

Namun dari itu semua, cara paling mudah menjumlahkan baik uang ataupun prosentase barang di excel ialah dengan cara menjumlahkan di excel secara otomatis. Dengan cara tersebut maka semua hal akan jadi mudah. Lantas apakah ada cara manual untuk menjumlahkan di excel. Jawabannya ada banyak sekali, bahkan ada lebih dari 3 cara menjumlahkan di excel secara manual. Oke langsung saja kita bahas cara menjumlahkan di excel secara otomatis dan cara menjumlahkan di excel secara manual. Baca juga: Cara Membuat Grafik di Excel


Cara Menjumlahkan di Excel 2007, 2010, 2013, 2016 secara Otomatis

Anda tidak perlu susah-susah mencantumkan rumus menjumlahkan di excel jika menggunakan cara berikut ini. Hal ini karena fasilitas di excel sudah memungkinkan untuk Anda menjumlahkan secara otomatis. Caranya adalah...
  • Tentukan cell mana untuk menaruh hasil penjumlahan.
cara autosum di excel
  • Pada bagian menu Ribbon arahkan ke Grup Editing kemudian pilih AutoSum.
  • Tunggu beberapa detik saja lalu Excel akan menampilkan rumus penjumlahan Anda biasanya seperti ini =Sum(cellA:cellZ).
  • Jika data yang akan Anda jumlahkan sudah pas. Langsung tekan Enter. Tapi jika belum benar Anda dapat memblok blok ulang range dimana Anda mau menjumlahkan data di tiap-tiap cell tadi. Kemudian Enter.
  • Secepat kilat hasil penjumlahan di Excel akan ditampilkan.
  • Jika Anda melakukan penjumlahan serupa pada baris atau kolom sebelahnya, Anda dapat menarik kotak pada cell hasil tadi ke arah dimana baris atau kolom yang sejenis yang Anda mau, maka penjumlahan otomatis akan dilakukan.

Cara Menjumlahkan di Excel 2007, 2010, 2013 dan 2016 Secara Manual

Untuk menjumlahkan di excel dengan cara manual dapat ditempuh dengan beberapa cara. Maka perhatikan hal berikut ini.
  • Untuk cara menjumlahkan di excel yang hanya terdiri dari beberapa cell saja Anda dapat menggunakan rumus penjumlahan di excel sebagai berikut =CellA + CellB atau jika cell yang dijumlahkan berada di Sheet yang berbeda maka caranya adalah =CellA + arahkan ke sheet dimana cell kedua yang ingin dijumlahkan. Lalu tekan Enter.
Cara manual Menjumlahkan di Excel
  • Jika data yang mau dijumlahkan memiliki range cukup panjang, rumusnya adalah =CellA + Shift + Arahkan pada Range Data Anda + Enter. Atau =CellA + Arahkan dengan bantuan Mouse ke Range data Anda + Enter.
  • Jika data berikutnya adalah data yang sejenis. Maka tinggal Anda tarik saja sejumlah data yang ada.
Demikianlah cara menjumlahkan di Excel baik secara otomatis ataupun secara manual. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Membuat Tabel di Excel

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjumlahkan di Excel (Otomatis dan Manual)"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.