Cara-Cara Menghindari Virus Ransomware WannaCry





Baca Juga

Cara Menghindari Virus Ransomware WannaCry, Cara Agar Terhindar Ransomware WannaCry -- Beberapa hari terakhir serangan cyber sudah dilancarkan oleh pihak tidak bertanggungjawab. Korbannya lebih dari 150 negara yang terdiri dari sekitar 200.000 orang. Bahkan kabar menyebutkan, hal ini akan semakin memburuk dari ke hari.

Disebut dengan Virus Ransomware WannaCry ialah karena si pelaku kejahatan cyber menyandera komputer korban dan hanya akan melepaskan sandera jika mau membayarkan sejumlah uang kepada pelaku kejahatan cyber tersebut. Yang menjadi target dari kejahatan Ransomware WannaCry ialah perusahan dengan jaringan yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows. Contoh nyata yang sudah terkena virus Ransomeware WannaCry ini adalah rumah sakit di Inggris, perusahaan bensin di Cina dan perusahaan FeDex di USA.

Cara mencegah penyebaran virus ransomware wannacry

Belum ada cara aman menghindari Ransomware, tapi setidaknya cara sederhana berikut ini dapat Anda gunakan untuk menghindari penyebaran Virus Ransomware WannaCry.


Tips Menghindari Virus Ransomware WannaCry

Baca dengan seksama tips aman menghindari penyebaran virus Ransomware WannaCry berikut ini.

Update Windows Anda

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghindari virus Ransomeware WannaCry adalah memperbarui sistem operasi Anda menjadi lebih baru. Hal ini karena pada bulan Maret yang lalu ternyata pihak Microsoft meluncurkan patch yang sangat rentan terhadap virus Ransomware WannaCry. Jadi jika Anda pengguna windows belum sama sekali memperbarui patch sejak saat itu ada kemungkinan Anda akan terkena virus Ransomware WannaCry. Berikut merupakan daftar versi windows yang rentan terhadap penyebaran virus Ransomware WannaCryWindows Vista, Windows Server 2008, Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows 8.1, Windows Server 2012, Windows 10, Windows Server 2012 R2, dan Windows Server 2016.

Menurut data yang beredar justru menggunakan Windows 10 yang sering diupdate akan relatif lebih aman. Ransoware WannaCry menginfeksi ke dalam sistem operasi Windows dengan memanfaatkan kelemahan protokol Server Message Block (SMB). Jika Anda belum tahu apa SMB, SMB adalah fitur yang memungkinkan antar komputer saling berbagi data.

Backup Data Anda

Cara aman menghindari virus Ransomware WannaCry berikutnya adalah melakukan Backup Data. Dengan memiliki data utama yang terpisah dengan windows Anda maka keamanan dari kerahasiaan data Anda baik yang berupa foto ataupun video semakin terjamin. Anda akan membutuhkan hard drive external untuk melakukan hal ini. Tidak perlu menghubungkan hard drive external dengan internet maka semua akan aman. Tapi Anda harus rajin melakukan update terhadap hard drive external Anda.

Pasang Anti Virus yang Up to Date

Siapa yang mau harus membayar $300 untuk membuka data yang disandera oleh virus Ransomware WannaCry? Oleh karena itu, untuk mencari solusi aman menghindari virus Ransomware WannCry Anda dapat melakukan update pada Anti virus Anda. Mungkin ini tidak akan berhasil 100% namun bersedia dari segala kemungkinan terburuk adalah hal yang tepat. Jadi jika Anda mempunyai anti virus dalam PC atau laptop Anda segera perbaharui.

Jangan Buka Situs Bahaya di Internet

Berhati-hati terhadap apa yang Anda buka di internet merupakan salah satu hal aman menghindari terkena jebakan virus ransomware wannaCry. Hati-hari juga jika Anda melihat sebuah email masuk di inbox Anda. Jangan mau mengikuti untuk mengklik link yang tertera di sana. Bisa saja ini merupakan salah satu trik untuk menjebak Anda agar terkena virus Ransomware WannaCry.

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Menghindari Virus Ransomware WannaCry. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara-Cara Menghindari Virus Ransomware WannaCry"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.