--> Skip to main content

Cara Memperbaiki Layar iPhone atau iPad yang Tidak Merespon

Cara Memperbaiki Layar iPhone atau iPad yang Tidak Merespon -- Apakah layar iPhone dan iPad Anda bermasalah? Layar iPhone atau iPad kadang kala memang tidak mau merespon gesekan yang kita berikan. Apakah itu sebuah masalah besar? Oke untuk menjawab pertanyaan Anda. Admin akan sedikit menjelaskan permasalahan ini dan bagaimana solusinya.

Cara Memperbaiki Layar iPhone atau iPad yang Tidak Merespon

Layar pada iPhone atau iPad tiba-tiba membeku dan layar tersebut sulit merespon perintah Anda, hal yang pertama harus Anda lakukan adalah jangan panik. Kadang tidak peduli seberapa keras Anda mencoba untuk menjalankannya, layar tersebut tetap tidak akan menanggapi tekanan yang Anda berikan. Perangkat ini terjebak dan pada dasarnya tidak dapat digunakan. Tapi yakinlah, sebenarnya cara memperbaiki masalah ini cukup mudah dan admin sudah menyiapkan sembilan langkah sederhana yang Anda harus coba untuk mengatasi masalah tersebut. Baca juga: Cara Reset iPhone atau iPad ke Pengaturan Pabrik

Cara Memperbaiki Layar iPhone atau iPad yang Tidak Merespon

Yang harus Anda tahu bahwa untuk model-model tertentu dari iPhone yang memiliki layar lebih besar sering mengalami layar beku, dan jika ini adalah apa yang menyebabkan masalah Anda mungkin Anda tidak perlu khawatir. Karena hal ini disebut dengan Touch Disease.

Cara Memperbaiki Layar iPhone atau iPad yang Tidak Merespon

Mari kita bahas saja 9 cara untuk mengatasi layar iPhone yang tidak responsif.

Tips dan Cara Memperbaiki Layar iPhone yang tidak Responsif

  1. Apakah layar iPhone tidak bekerja sepanjang waktu, atau hanya ketika menggunakan salah satu aplikasi tertentu? Jika itu yang terjadi, cobalah untuk menghapus dan menginstal ulang aplikasi.
  2. Apakah jari Anda basah? Cobalah untuk mengeringkan Jari Anda dan jangan sampai lembab. Periksa apakah jari Anda juga bersih karena kalau tidak bersih maka touchsreen tidak akan berjalan.
  3. Jangan memakai sarung tangan meskipun beberapa sarung tangan dirancang untuk bekerja dengan layar sentuh, tapi kebanyakan juga tidak.
  4. Coba hapus pelindung layar jika Anda menggunakannya.
  5. Usaplah layar dengan kain yang lembut.
  6. Periksa pengaturan sensitivitas 3D Touch. Buka Settings > General > Accessibility > 3D Touch dan sesuaikan slider sensitivitas.
  7. Jika masalah layar berkaitan dengan rotasi layar coba periksa Lock Orientasi. Gesek ke atas dari bagian bawah layar untuk memunculkan Control Center, dan tekan ikon 'rotating padlock'. Dan coba mengutak-atik saklar di sisi perangkat Anda.
  8. Tahan tombol Home dan tombol On/Off atau (Sleep / Wake) pada waktu yang sama selama sekitar 10 detik. Ini akan me-restart perangkat dan semoga layar dapat bekerja kembali setelah booting.
  9. Cara terakhir ini terbilang ekstrim yaitu setting iPhone dan iPad ke Pengaturan pabrik.
Jika dari tips-tips yang admin sampaikan ini tidak bekerja, mungkin perangkat Anda telah mendapatkan Touch Disease.


Apa itu Touch Disease?

Touch Disease adalah sebuah keadaan tampilan telepon yang berkedip-kedip yang memunculkan bar abu-abu kecil di bagian atas layar. Atau juga bisa disebut dengan keadaan layar iPhone yang menjadi benar-benar tidak responsif terhadap sentuhan.

Telah dikatakan oleh beberapa pengguna bahwa hal ini muncul ketika mereka pertama kali menyalakan perangkat kemudian mati seketika setelah satu menit atau lebih dinyalakan. Untuk mengatasi masalah seperti ini, beberapa pengguna mengatakan bisa diatasi dengan cara menekan diarea tertentu dibagian layar atas iPhone. Sebagian lagi mengatakan memutar-mutar posisi iPhone juga dapat mengatasi masalah seperti ini.

Namun menurut admin, jangan menggunakan cara-cara tersebut. Takutnya, justru iPhone atau iPad Anda malah tidak bekerja sama sekali. Alangkah lebih baik jika Anda membawanya ke tempat yang lebih baik misalnya App Retail Store.

Demikianlah Cara Memperbaiki Layar iPhone atau iPad yang Tidak Merespon. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Membuat Folder di iPhone dan iPad
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar