--> Skip to main content

Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca di Android (Terbaru)

Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca di Android -- Akan sangat menjengkelkan apabila penyimpanan internal Android Anda sudah penuh kemudian Anda berniat untuk menyimpannya di penyimpanan eksternalpun juga demikian. Parahnya, jika kartu memori sebagai penyimpanan eksternal tidak bisa terbaca. Tentu setidaknya Anda akan mencari cara mengatasi kartu sd rusak pada AndroidBaca juga: Cara Mengaktifkan GPS di Android

Penyimpanan internal di Android memang menjadi sesuatu yang vital bagi setiap penggunanya. Penyimpanan dengan kapasitas yang lumayan besar dapat dipakai untuk menyimpan foto, video, dan lain sebagainya. Bahkan agar lebih aman biasanya pengguna Android menambahkan penyimpanan eksternal untuk menyimpan data-data pribadi yang penting. Tapi masalahnya, kadangkala SD card atau kartu memori ini tidak terbaca di Android. Mungkin karena rusak ataupun karena tidak terpasang sebagaimana mestinya.


Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca di Android

Jika Anda menemukan masalah seperti yang disebutkan diatas maka hal pertama yang dapat Anda lakukan ialah jangan panik. Kalau Anda panik justru akan memperkeruh suasana. Bertanyalah pada ahlinya atau jika tidak ketemu silahkan browsing di internet, misalnya saja dengan kata kunci "Cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali" ataupun dengan kata kunci "Cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat" dengan cara tersebut tentu Anda akan menemukan jalan keluarnya.

Setidaknya, jika tidak ketemu penyelesaiannya Anda dapat mempelajari dahulu apa penyebab memory card tidak terbaca di Android dibawah ini.


Alasan-Alasan Memory Card Tidak Terbaca di Android

Untuk mengetahui penyebab memory card tidak terbaca di Android silahkan ditelaah dari penjelasan admin berikut ini. Baca juga: Cara Buka Situs yang diblokir di Android
  1. Kartu memori sering dipindah-pindah. Memory card yang sering dipindah-pindah lebih rentan dari masalah karena harus sering menyesuaikan dengan sistem yang baru.
  2. Kesalahan dalam tata cara memindah memory card. Jika Anda mau memindahkan SD Card ke card reader misalnya, matikan dahulu hp kemudian tunggu kira-kira 10 s.d 20 detik baru melepasnya. Jangan sampai salah cara.
  3. Banyak kotoran. Ketika Anda sering melepas SD Card jangan sampai tangan Anda dalam keadaan yang kotor. Kotoran ini yang akan menyebabkan memory card tidak bisa dibaca.
  4. Adanya Virus. Virus berbahaya dari internet saat Anda mendownload aplikasi harus Anda hindari. Banyak dari hacker berupaya bukan hanya merusak ponsel Anda melainkan juga akan mencuri data-data melalui virus.
  5. Jauhkan dari medan magnet. Agar memory card tidak cepat rusak jauhkanlah dari medan magnet seperti, TV, kumparan motor listrik dll. Hal ini karena SD Card dibaca dan ditulis menggunakan magnet.

Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca di Android

Untuk mengatasi kartu memori/memory card/SD Card/Micro SD Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Pertama untuk Memperbaiki Kartu Memori tidak Terbaca di Android

  1. Lepas kartu memori dari Hp. Jangan lupa matikan hp dahulu sebelumnya.
  2. Bersihkan lempeng kuning keemasan pada SD card dengan penghapus pensil yang berwarna putih.
  3. Jangan sampai terkena kulit saat sudah bersih.
  4. Setelah selesai dan bersih, masukkan kembali kartu memori di HP.
  5. Jika belum coba ikuti langkah kedua berikut.

Cara Kedua Memperbaiki Kartu Memori tidak Terbaca di Android

  1. Saat Hp masih menyala masuk ke Setelan
  2. Masuk pada Penyimpanan
  3. Gunakan menu Format SD Card.
  4. Dengan begini maka Anda akan mengosongkan seluruh isi SD card.
  5. Cobalah untuk mengisinya lagi.

Cara Memperbaiki Kartu Memori tidak Terbaca di Android dengan Laptop/Komputer

  1. Dengan menggunakan kabel USB, hubungkan perangkat Android ke Laptop/Komputer.
  2. Pastikan sudah memilih "Mass Storage Mode MSC"
  3. Buka Windows Explorer.
  4. Klik kanan pada SD Card.
  5. Klik Properties ⇒ Tools ⇒ Error Checking Tunggu sampai selesai prosesnya.
  6. Klik lagi SD card untuk memastikan sudah bisa dipakai atau belum.

Nah kurang lebih demikian Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca di Android. Jika kesemua cara diatas sudah Anda pakai namun memory card masih tidak terbaca berarti kerusakan di kartu memori Anda sudah fatal sehingga Anda harus mengganti yang baru. Sekian dan terimakasih. Baca juga: Cara Melihat Password Wifi di Android
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar