--> Skip to main content

Cara Buat Lamaran Kerja

Cara Buat Lamaran Kerja -- Setiap individu yang sudah berkeinginan dalam menempuh hidup mandiri tentu hal pertama yang dipikirkan adalah sebuah pekerjaan yang layak. Dengan pekerjaan maka kita akan menghasilkan uang. Perlu disadari memang setiap aktifitas selalu membutuhkan uang. Walaupun memang pada dasarnya kita hidup tidak membutuhkan uang namun yang perlu Anda sadari bahwa segalanya sekarang membutuhkan uang. Hampir di setiap aspek kehidupan membutuhkan uang, misalnya saja makan, minum, pakaian dan lain sebagainya.

cara buat lamaran kerja

Salah satu jalan agar kita mampu menghasilkan uang ialah dengan bekerja. Bekerja bukan hanya sekedar datang kemudian pulang ditempat kerja. Bekerja berarti harus sepenuh hati mencurahkan hati dan pikiran demi terselesaikannya sebuah tugas pekerjaan. Bekerja dapat kita tempuh bukan hanya sekedar paruh waktu melainkan juga sudah ada banyak pekerjaan yang tergolong dalam full day agar dapat memenuhi segala kebutuhan hidup.

Sejatinya, dari pada Anda harus melamar kerja ke sebuah perusahaan akan lebih baik jika Anda membuat lapangan pekerjaan sendiri. Tapi masalahnya, ketika membuka usaha sendiri memang membutuhkan sebuah modal yang tidak kecil, harus berani mengambil resiko dan harus memiliki skill khusus agar lapangan kerja yang kita buka dapat terus berkembanga.

Oleh karena itu, apapun jenis pekerjaan yang Anda miliki saat ini. Baik itu yang dari hasil membuka usaha sendiri ataupun melamar pekerjaan ke tempat lain, dapat Anda jadikan sebagai batu loncatan untuk mengembangkan diri dan menambah wawasan. Sehingga, jika sewaktu-waktu Anda diharuskan untuk membuka lapangan kerja sendiri. Anda sudah tidak kaget lagi harus bagaimana. Baca juga: Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Cara Membuat Lamaran Kerja

Untuk membuat lamaran kerja tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Ada beberapa teknik dasar dalam menulis yang dapat Anda pakai agar lamaran kerja langsung diterima dan tidak dibuang ke tempat sampah oleh HRD yang menyeleksi Anda. Oleh karena itu perhatikanlah beberapa hal berikut ini.

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Hal pertama yang harus Anda ketaui sebelum melamar kerja adalah usahakan sebisa mungkin untuk menulis lamaran kerja dengan menulisnya secara manual dengan tulis tangan. Menulis lamaran kerja dengan tulis tangan berarti Anda sudah menunjukkan kepada pimpinan yang Anda tuju bahwa Anda masih mahir dalam menulis. Dari gaya tulisan yang Anda sajikan maka pimpinan akan mengetahui karakter Anda seperti apa.

Usahakan Surat Lamaran Kerja harus Bersih dan Rapi

Surat lamaran kerja yang akan Anda kirim haruslan bersih dan rapi. Meskipun harus Anda tulis tangan lamaran kerja yang Anda buat, maka Anda harus mengusahakan bahwa surat lamaran kerja hanya ditulis sekali saja kemudian langsung jadi. Jangan sampai ada banyak typo yang membuat surat lamaran kerja Anda tidak bersih. Bersih saja tidak cukup, maka Anda harus membuat surat lamaran kerja juga harus rapi. Anda dapat mengikuti aturan-aturan dalam membuat pola surat lamaran kerja. Anda bisa memakai full indent ataupun semi indent.

Tulis Lamaran Kerja di Kertas Folio Bergaris

Memang ini kadang ada yang meragukannya tapi yang perlu Anda tahu bahwa dengan menggunakan kertas folio bergaris tulisan lamaran pekerjaan Anda akan dapat disusun secara rapi. Beda halnya jika Anda menulis di kertas HVS, meskipun sama-sama lebarnya dan dapat menampung jumlah kata yang banyak namun dengan kertas HVS justru tulisan lamaran pekerjaan Anda semakin kacau dan tidak beraturan.


Identitas Pengirim dan Penerima Surat Lamaran Pekerjaan Harus Jelas

Sewaktu Anda ingin mengirim surat lamaran kerja maka Anda harus menulis identitas diri dan identitas penerima surat lamaran kerja harus jelas. Jangan sampai Anda menulis surat lamaran kerja tidak menjelaskan informasi rinci tentang Anda. Informasi rinci bisa berkaitan dengan Nama, TTL, Alamat, Pekerjaan, Agama, Gelar dll. Jika sudah memastikan informasi rinci Anda maka Anda juga harus memperhatikan alamat tujuan surat/penerima surat. Jangan sampai Anda tidak mencantumkan nama penerima surat karena sewaktu Anda mengirimkannya tidak kebingungan.

Lengkapi Surat Lamaran Kerja dengan Surat-Surat Pendukung

Agar surat lamaran kerja segera di terima oleh lembaga yang Anda tuju maka Anda harus melampirkan surat-surat pendukung seperti foto copy ijazah terakhir, foto copy transkrip nilai, foto copy KTP, Foto copy sertifikat, dan Pas foto. Kadangkala ada persyaratan kerja yang meminta untuk melampirkan foto copy SKCK. Jadi intinya, semua persyaratan yang dicantumkan oleh lembaga yang membuka lowongan kerja harus Anda lengkapi semua.

Demikian Cara Buat Lamaran Kerja. Semoga bermanfaat. Baca juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup Dalam Bahasa Inggris
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar