Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani Menurut Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Tahun 2003





Baca Juga

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani -- Sebenarnya jika berbicara tentang unsur-unsur kebugaran jasmani ada banyak sekali. Namun pada kesempatan kali ini admin hanya akan menjabarkan 10 komponen kebugaran jasmani dilihat dari segi komponen kondisi fisik. Unsur-unsur kebugaran jasmani disini diambil dari pendapat Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Tahun 2003. Unsur-unsur kebugaran jasmani ini merupakan bagian dari kegiatan manusia agar melakukan setiap aktifitasnya menjadi lebih efektif dan efisien.


Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Sebagai manusia yang berfikir dan berlogika tentu Anda selalu membutuhkan yang namanya kesehatan atau kebugaran, baik jasmani atau rohani. Dengan memperhatikan kebugaran jasmani berarti Anda sudah satu step lebih didepan dalam hal mengurangi resiko kematian dini. Tapi tahukah unsur apa saja yang ada didalam kebugaran jasmani.

Coba kita bahas saja dan tidak usah basa-basi. Baca juga: Pengertian Istilah Kebugaran Jasmani

Macam-Macam Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Mari kita bahas satu demi satu unsur-unsur dalam kebugaran jasmani agar lebih mudah memahami.
  • Daya Tahan (Endurance). Ada dua daya tahan yaitu daya tahan umum dan daya tahan otot. Yang dimaksud dengan daya tahan umum adalah kemampuan seseorang dalam memaksimalkan kinerja sistem jantung, paru-paru, dan peredaran darah secara efektif dan efisien yang dibarengi dengan intensitas tinggi dalam mengontraksikan otot-otot dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan daya tahan otot adalah kemampuan otot seseorang dalam berkontraksi menahan beban tertentu dalam jangka waktu yang lama
  • Daya ledak otot. Untuk mendapatkan total daya ledak yang dimiliki oleh seseorang dapat menggunakan rumus, daya ledak (power) = kekuatan (strenght) × kecepatan (velocity). Daya ledak disini maksudnya adalah kemampuan sekelompok otot dalam menjalankan kerja secara besar-besaran.
  • Kekuatan Otot. Kemampuan seseorang dalam menggerakkan otot untuk menerima beban selama bekerja.
  • Kelenturan. Kemungkinan gerak secara maksimal yang dilakukan oleh persendian yang meliputi hubungan antara bentuk persendian (tulang yang berbentuk sendi) , otot, tendo, ligament dan sekeliling persendian disebut dengan Kelenturan.
  • Kecepatan. Kemampuan seseorang dalam mengerjakan gerakan secara berkesinambungan dalam bentuk yang relatif sama dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
  • Kelincahan. Kemampuan seseorang untuk mengubah posisi secara cepat dalam keadaan tertentu. Orang yang dikatakan memiliki kelincahan yang baik jika dalam kecepatan yang tinggi dia dapat merubah posisinya dengan secara cepat dan tepat.
  • Koordinasi. Kemampuan seseorang dalam mengintegrasikan berbagai macam gerakan yang berbeda kedalam pola-pola gerakan tunggal secara efektif dan efisien.
  • Keseimbangan. Kemampuan seseorang dalam mengendalikan jaringan-jaringan saraf otot, contohnya hand stand.
  • Ketepatan. Kemampuan seseorang dalam mengendalikan gerak-gerak bebas terhadap suatu sasaran. Sasaran tersebut merupakan jarak atau objek langsung yang harus dikenai dengan menggunakan salah satu bagian tubuh.
  • Reaksi. Kemampuan seseorang memberikan response secepat kilat dalam bertindak dengan menggunakan indera, saraf atau perasaan lainnya. Contohnya, menangkap bola yang datang ke arah kita.
Demikianlah unsur-unsur kebugaran jasmani. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan Anda. Jangan sampai sakit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani Menurut Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Tahun 2003"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.