Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar | Printer Canon Pixma iP 2700/2770





Baca Juga

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar -- Printer merupakan sebuah alat yang sangat dibutuhkan akhir-akhir ini. Dengan bantuan printer semua kerjaan dapat dicetak dan dilaporkan kepada pimpinan. Sehingga, peran penting dari printer sangatlah penting demi kelancaran menyelesaikan pekerjaan. Jika dibandingkan dengan mesin ketik manual, printer lebih bagus jika digunakan untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan. Hal ini karena jika laporan yang telah dicetak kurang benar kita tinggal mengeditnya dan mencetaknya kembali.

Kini tidak hanya sekedar tulisan saja yang dapat dicetak dengan printer melainkan juga gambar dan fotopun sudah dapat dicetak melalui printer. Dengan bantuan laptop dan printer Anda kini tidak perlu lagi harus datang ke percetakan foto untuk mencetak foto. Tapi nahasnya, printer hanyalah sebuah mesin buatan manusia. Printer tidak sesempurna manusia sebagai ciptaan. Alhasil, kadangkala saat dipakai untuk mencetak dokumen kerja printer mengalami sebuah masalah. Masalah yang umum terjadi adalah tidak munculnya tinta untuk percetakan lembar kerja.

Cara mengatasi tinta printer Canon iP 2700/2770 tidak keluar

Pada era saat ini banyak sekali pengguna yang menggunakan printer inkjet sebagai printer andalan dalam membantu pekerjaan. Printer Inkjet adalah sebuah printer yang pola kerjanya menyemprotkan tinta cair dalam ukuran yang sangat kecil melalui pipa kecil yang disebut dengan nozzle. Setelah dokumen atau lainnya berhasil dicetak dengan printer jenis ini tidak langsung dapat Anda pegang begitu saja. Butuh beberapa detik agar tinta kering dan dokumen bisa Anda pegang sesuka hatinya.

Karena tinta ini sering menyemprot tinta melalui nozzle tersebut maka kerusakan yang sering terjadi pada printer jenis ini memang pada bagian tersebut. Printer ini sering mengalami penyumbatan pada area pipa penyemprot tinta. Penyebab kerusakan tersebut adalah tinta yang mengering dan tidak bisa dibersihkan. Alhasil, kadangkala saat Anda mencetak dokumen tinta yang keluar menjadi terputus-putus dan bahkan kadang juga tidak muncul sama sekali. Merk Printer yang memakai metode seperti ini ialah HP dan Canon. Harganya yang murah dan sangat mudah dipakai untuk mencetak foto dan gambar adalah alasan mengapa banyak konsumen yang memakai printer inkjet ini.

Untuk mengatasi tinta printer yang macet atau tidak keluar gara-gara cartridge printer canon macet Anda dapat memakai cara-cara berikut ini.

Begini Cara Mengatasi Tinta Printer yang Macet

Untuk mengatasi tinta macet atau tinta printer tidak keluar maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:
  • Tinta harus ada. Jika habis isikan kurang lebih 3 ml. Tidak usah berlebihan agar tidak meluber.
  • Jika memakai printer infus, pastikan botol tinta masih ada.
  • Pastikan saluran tinta tidak ada udara yang masuk.
  • Jika ada udara yang masuk segera keluarkan.
  • Kalau tinta masih ada tapi tidak mau keluar silahkan lepaskan cartridge kemudian lihat bagian bawahnya apakah ada tinta atau tidak. Barangkali tinta meluber, segera lap dengan kain lembut kemudian pasang kembali dan lakukan tes ulang.
  • Jika ternyata selepas pengecekan tinta masih tidak mau keluar silahkan tingkatkan taraf percetakan menjadi High pada menu Properties. Secara default percetakan berada pada level normal. Cek ulang.
  • Jika masih belum fix diatasi silahkan lakukan Maintenance.
  • Dibagian percetakan sebelum Anda mencetak kerjaan silahkan cari Printer Properties/Properties saja.
  • Arahkan pada tab Maintenance.
  • Klik Cleaning atau Deep Cleaning. Silahkan lakukan dua cek ini secara bergantian untuk mengetahui apakah printer sudah bagus untuk mencetak atau belum.

  • Jika sudah, maka akan muncul permintaan untuk mengecek pattern. Artinya pola warna dalam percetakan.
  • Klik OK.
Jika ternyata dengan cara maintenance diatas tinta printer tetap tidak keluar kesimpulan awalnya adalah cartridge sudah AUS. Karena pada dasarnya, cartridge jika dipakai setiap hari hanya akan bertahan 2-3 bulan saja. Jadi Anda harus mengganti cartridge yang baru. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar | Printer Canon Pixma iP 2700/2770"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.