Contoh Latar Belakang Makalah yang Baik dan Benar Serta Tepat Sasaran





Baca Juga

Contoh Latar Belakang Makalah -- Apakah Anda seorang mahasiswa tingkat akhir? Anda bingung mau buat skripsi atau tugas akhir seperti apa? Bingung judul penelitian? Atau apa? Jika Anda sudah mulai pusing dengan semua hal itu maka Anda harus sesegera mungkin konsultasi dengan dosen Anda. Jika beliau sudah membantu Anda mencarikan judul dan Anda masih bingung. Kira-kira apa yang menyebabkan seperti itu? Bingung cari contoh latar belakang proposal? Bingung cari contoh latar belakang skripsi? Atau bingung cari contoh latar belakang laporanMemang sebuah Latar Belakang masalah didalam laporan baik proposal, makalah, ataupun skripsi sangatlah penting kedudukannya. Hal ini karena Latar Belakang merupakan dasar-dasar dari penelitian yang mencangkup fakta, teori, kesenjangan, dan norma.

Latar Belakang adalah sebuah alasan yang mendasar tentang sebuah permasalahan yang diangkat kedalam sebuah laporan yang menjadi pokok dari permasalahan yang ada. Sehingga, pembaca tidak lagi kebingungan tentang duduk perkara yang sedang dibahas oleh penulis. Latar belakang merupakan sebuah dasar seorang penulis untuk mengajukan sebuah tema bahasan yang akan diselesaikan secara rinci dan sistematis. Diakhir pembahasan penulis akan memberikan kesimpulan dan saran serta rekomendasi pada peneliti atau penulis berikutnya. Baca juga: Pengertian Proposal: Ciri-Ciri, Unsur-Unsur, dan Tujuan Proposal.

contoh latar belakang makalah

Jika dilihat dari struktur laporan makalah, biasanya latar belakang masalah berada di bab satu (pendahuluan) setelah kata pengantar dan daftar isi.

Begini Cara Membuat Latar Belakang Makalah yang Baik

Latar Belakang makalah haruslah mencangkup pokok-pokok masalah yang dibahas didalam makalah tersebut. Sebuah latar belakang makalah juga harus menarik minat baca dengan cara menampilkan sebuah fakta-fakta dan kesenjangan yang berada di lapangan. Disisi lain, agar pembaca betah dalam membaca latar belakang makalah yang Anda buat usahakan jangan memasukkan kalimat-kalimat yang tidak sebenarnya dan bertele-tele.

Perlu disadari memang latar belakang mencangkup informasi yang disusun secara sistematis dalam rangka menarik pembaca agar setia membaca hingga selesai. Dalam menyusun latar belakang hendaknya juga memakai bahasa yang lugas dan padat. Jangan lupa saat menyusun latar belakang juga jangan memasukkan kata-kata yang membingungkan sehingga latar belakang mudah untuk dipahami.

Kesimpulannya, Latar belakang makalah/Latar belakang skripsi/Latar belakang laporan/Latar belakang karya tulis ilmiah kesemuanya berisi tentang alasan-alasan yang rasional dan esensi dari permasalahan yang diangkat kedalam sebuah laporan tersebut. Tidak terkecuali dalam melaporkan semua ini didukung dengan data, referensi, dan hasil-hasil penelitian sebelumnya agar penelitian yang akan diteliti ini bukan sekedar penelitian yang abal-abal. Baca juga: Contoh Latar Belakang Laporan

Dibagian latar belakang masalah dalam laporan penelitian, seharusnya juga tidak meninggalkan kompleksitas penelitian. Karena jika dalam latar belakang makalah yang dibuat justru rumit maka dikemudian hari akan menimbulkan kesulitan dan bahkan mengganggu serta mengancam jalannya penelitian. Oleh karena itu, pada bab-bab berikutnya akan dibahas mengenai pendekatan yang dipakai dan alternatif pemecahan masalahnya. Tidak terkecuali juga metode dan teknik dalam menjalankan penelitiannya.

Nah, itu tips dalam menulis latar belakang makalah. Agar lebih afdhol silahkan baca langkah-langkah cara menyusun latar belakang berikut ini.
  1. Pada bagian awal paragraf jelaskan tentang gambaran umum subyek yang diteliti. Pola dalam menyusun paragraf ini disebut dengan paragraf deduktif yang mana hal-hal umum dalam penelitian disajikan terlebih dahulu kemudian mengerucut dalam satu fokus penelitian.
  2. Pada bagian tengah paragraf bisa disajikan data-data yang berkaitan dengan fakta dan teori para ahli. Jangan lupa pula, penelitian-penelitian terdahulu juga harus ditambahkan pada bagian ini agar latar belakang kian scientific.
  3. Pada akhir paragraf di latar belakang bisa diberikan sebuah alternatif pemecahan masalah. Nah, solusi ini biasanya mengerucut menjadi sebuah judul penelitian.

Contoh Latar Belakang Makalah Pendidikan


Berikut adalah contoh latar belakang makalah dalam ranah pendidikan yang membutuhkan perpustakaan sebagai media penyalur ilmu.

Ilmu pengetahuan akan terus berkembang dan selalu mengalami kemajuan pesat sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan berkembangnya pola pikir manusia juga akan menambah pesat tumbuhnya ilmu pengetahuan. Di Indonesia sendiri selaku negara yang masih berkembang sangat membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki ilmu pengetahuan yang sangat tinggi. Dengan memiliki sumber daya manusia yang berpendidikan tinggi maka akan meningkatkan pula kualitas hidup bangsa. 

Namun, untuk mewujudkan sistem pendidikan yang layak bagi generasi bangsa tidaklah semudah membalikkan tangan. Kita sebagai penggerak dalam bidang pendidikan haruslah berfikir kritis, kreatif, inovatif dan harus selalu produktif agar kualitas pembelajaran dapat meningkat. Sesuai dengan UUD'45 alinea ke-4 menyebutkan bahwa tujuan dari negara Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, untuk mewujudkan semua itu tidaklah mudah. Para personel dari sisi pendidikan harus menciptakan sebuah masyarakat gemar belajar.


Masyarakat cinta belajar dapat dibentuk dengan mudah jika setiap kalangan memiliki kemampuan yang mumpuni terutama dalam hal mendengar dan membaca.  Jika kegemaran membaca sudah menjadi budaya maka jelas buku bacaan tidak lagi dapat dipisahkan dari kehidupan. Buku memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Buku merupakan sarana yang paling tepat untuk menyampaikan sebuah informasi. Oleh karena inilah, peran perpustakaan sangat dibutuhkan. Dengan adanya perpustakaan yang dapat diakses dengan mudah maka tingkat kecerdasan akan meningkat sedikit demi sedikit.

Meskipun hanya sekedar bangunan tua ternyata perpustakaan banyak sekali manfaatnya terhadap mutu pendidikan. Oleh karena itu, untuk membantu menyelesaikan masalah terhadap peran penting perpustakaan terhadap pendidikan maka penulis mengambil judul yang berkaitan dengan hal ini. Judul yang diambil perlu untuk terus digali dan dicermati karena dengan hasil penelitian nanti dapat diharapkan membantu perubahan sistem pendidikan yang ada.
Begitulah kupasan tentang contoh latar belakang makalah yang baik dan benar serta tepat sasaran. Saran saja, gunakan gaya bahasa yang sesuai denga tema penelitian dan juga harus baku yang mengikuti EYD yang disempurnakan. Tidak meninggalkan pula tanda baca dari setiap kalimat juga harus benar. Terimakasih dan semoga bermanfaat. Baca juga: Pengertian Diksi dan Jenis-Jenis Diksi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Latar Belakang Makalah yang Baik dan Benar Serta Tepat Sasaran"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.