Contoh Latar Belakang Laporan Yang Baik dan Benar





Baca Juga

Contoh Latar Belakang Laporan -- Apakah Anda sedang mencari contoh latar belakang laporan pkl? Ataukah Anda sedang mencari contoh latar belakang laporan penelitian? Hmhm pasti itu adalah sebuah pertanyaan bagi Anda yang sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir ataupun siswa yang butuh melaporkan sebuah laporan penelitian. Pasalnya jika Anda tidak memiliki sebuah latar belakang laporan yang baik dan benar maka laporan yang akan Anda sampaikan tidak akan menjadi sebuah laporan yang valid.

Latar Belakang adalah bagian awal dari sebuah laporan yang menjelaskan tentang alasan-alasan mengapa laporan atau penelitian tersebut menjadi penting untuk dibahas. Biasanya latar belakang laporan sama halnya dengan latar belakang penelitian yang ditambah dengan fakta-fakta dan data-data yang mendukung seperti teori-teori dan penelitian terdahulu. Dengan cara tersebut diharapkan pembaca makin paham dengan latar belakang laporan yang dibuat. Tulislah latar belakang laporan dengan sejelas-jelasnya dan sesingkat-singkatnya mengenai maksud dan tujuan dari laporan tersebut. Baca juga: Contoh Latar Belakang Makalah

contoh latar belakang laporan

Laporan adalah sebuah bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan ataupun tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab yang terjalin diantara keduanya.

Tapi kadangkala ada yang menyebut laporan sebagai makalah, adalah sebuah karya tulis ilmiah dari mahasiswa mengenai sebuah topik tertentu yang berada dalam ruang lingkup perkuliahan. Laporan semacam ini biasanya berupa salah satu syarat untuk menyelesaikan suatu mata kuliah, baik kajian pustaka ataupun hasil kegiatan perkuliahan lapangan.


Contoh Latar Belakang Laporan Yang Baik dan Benar

Berikut adalah contoh latar belakang laporan yang sudah dilengkapi dengan identifikasi masalah dan rumusan masalah.


Latar Belakang Masalah

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi terus mengalami kemajuan. Perkembangan tersebut telah mengikuti perkembangan zaman dan perkembangan pola pikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara yang masih berkembang tidak dapat mengalami kemajuan selama tidak meningkatkan kualitas SDM dalam negeri. Sebuah kualitas manusia yang mapan akan selalu berjalan beriringan dengan pendidikan yang bagus. Sistem pendidikan yang berkualitas akan membantu kita dalam berpikir kritis, kreatif, inovatif dan lebih produktif.

Dalam UUD'45 telah disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas sesuai dengan pembukaan UUD alinea ke-4. Untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas maka harus digalakkan sebuah gerakan bernama gemar belajar. Gemar belajar akan menjadi sebuah jalan terbaik untuk meningkatkan kualitas SDM jika setiap individu memiliki kemampuan dan keterampilan membaca dan mendengar yang baik. Dengan gemar membaca tentu akan membuka jendela dunia dan menambah wawasan. Sehingga, kegiatan membaca tidak akan lepas dari yang namanya buku. Dengan adanya buku maka akan memupuk rasa cinta terhadap membaca.

Buku merupakan sebuah bentuk nyata yang berguna sebagai media informasi. Berkaitan dengan ini maka perpustakaan sebagai wadah penyimpan buku harus dikembangkan. Tidak hanya itu, kualitas dalam pelayanannyapun juga harus terus ditingkatkan demi mewujudkan kecerdasan kehidupan bangsa. Jadi kesimpulannya, meskipun hanya sekedar bangunan ternyata perpustakaan memiliki peran penting dalam pendidikan.

Berdasarkan alasan-alasan itulah mengapa judul laporan ini dipilih. Bukan hanya memang menarik tetapi juga membutuhkan solusi pemecahan masalah terhadap mutu dan kualitas pendidikan.


Identifikasi Masalah

Sesuai dengan latar belakang masalah dalam laporan diatas maka identifikasi masalah yang dapat disusun adalah:

  1. Bagaimana peran perpustakaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan?
  2. Bagaimana langkah-langkah perpustakaan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah?

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah maka rumusan masalah yang dapat dibentuk adalah:
  1. Bagaimana penjelasan peran perpustakaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan?
  2. Bagaimana penjelasan langkah-langkah perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah?

Sekian dulu mengenai contoh latar belakang laporan yang baik dan benar. Semoga bermanfaat bagi laporan Anda. Baca juga: Pengertian Proposal, Ciri-ciri Proposal, Unsur-Unsur Proposal, dan Tujuan Proposal

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Latar Belakang Laporan Yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.