Contoh Latar Belakang Proposal yang Sesuai dan Tepat Sasaran





Baca Juga

Contoh Latar Belakang Proposal -- Tidak perlu bingung untuk membuat contoh latar belakang proposal kegiatan? Karena sudah banyak sekali contoh yang dapat Anda baca dan Anda contoh. Tidak hanya itu, kini juga sudah banyak sekali contoh latar belakang proposal penelitian yang mana dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam mengerjakan laporan skripsi Anda. Contoh-contoh latar belakang makalah, skripsi, proposal dan laporan yang tersebar luas di internet ataupun di perpustakaan sejatinya bisa Anda jadikan sebagai sarana untuk membuat pendahuluan dalam menyelesaikan suatu kegiatan.

contoh latar belakang proposal

Dalam menyusun sebuah latar belakang makalah, skripsi dan proposal ada banyak format yang dapat Anda pakai. Meskipun demikian, sebanyak apapun variasi format yang dapat Anda pakai untuk menyusun latar belakang masalah dalam sebuah laporan. Anda tidak boleh melupakan aturan baku dalam menulis setiap kalimat-kalimatnya. Tidak terkecuali Anda juga harus menaati tata aturan dasar dalam menyusun sebuah proposal. Baca juga: Contoh Latar Belakang Makalah

Fungsi Latar Belakang Masalah didalam Proposal

Fungsi latar belakang proposal adalah menjabarkan tentang gambaran awal mengenai topik yang akan dibahas dari karya tulis ilmiah. Bagian ini mengilustrasikan gambaran awal mengapa Anda merasa penting bahwa judul proposal yang Anda angkat harus dibahas.

Begini Cara Menulis Contoh Latar Belakang Proposal yang Baik dan Benar

Untuk mendapatkan sebuah latar belakang proposal yang menarik untuk dibahas maka Anda perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Ikuti Kaedah Penulisan Proposal

Pada dasarnya untuk menyusun latar belakang masalah didalam proposal maka Anda harus mengikuti aturan-aturan dalam menulis laporan, yaitu:
  • Ejaan yang benar
  • Gaya bahasa resmi
  • Relevansi antara topik dengan judul
Dengan mengacu pada tiga hal pokok diatas tentu secara tidak langsung Anda akan dapat membuat latar belakang masalah yang benar-benar baik. Hindari kata-kata yang tidak baku dan tidak resmi karena proposal merupakan sebuah hal penting dalam ranah pendidikan jadi harus menggunakan ejaan yang disempurnakan. Baca juga: Pengertian Proposal, Ciri-Ciri Proposal, Unsur-Unsur Proposal dan Tujuan Proposal

Isi Tulisan

Didalam latar belakang seharusnya menjelaskan mengenai sejarah, perkembangan dan penelitian terdahulu yang didukung dengan kebenaran dari fakta-fakta yang ada. Data-data tersebutlah yang akan menjadikan mengapa proposal Anda layak untuk dikembangkan hingga kesimpulan nantinya.

Dalam menyampaikan sebuah kenyataan didalam latar belakang hendaknya topik yang ada dikembangkan menjadi beberapa kalimat. Jadi kesannya tidak hanya kalimat utama semua didalam sebuah paragraf melainkan juga ada kalimat pendukungnya. Sehingga paragraf-paragraf yang terbentuk semakin bervariatif.

Awali Paragraf dengan Sesuai yang Menarik

Paragraf yang menarik patut Anda masukkan diawal paragraf di dalam latar belakang proposal Anda. Dengan begitu maka ketika pembaca sedang membaca proposal Anda akan segera tertarik untuk terus membacanya. Inilah poin plus dari paragraf yang menarik. Yang perlu digaris bawahi disini ialah keberhasilan dan kualitas dari proposal bukanlah dinilai dari seberapa menarik paragraf-paragraf yang ada di latar belakang melainkan sebuah laporan atau proposal yang selesailah yang dikategorikan sebagai yang terbaik. Percuma memburu perfect tapi tidak lulus-lulus ujian.

Keefektifan dalam Memasukkan Kutipan

Salah satu ciri umum dari latar belakang adalah selalu menjelaskan sebuah informasi awal dari fakta-fakta. Dalam menyampaikan informasi penting semacam ini, Anda hendaknya harus menuliskannya dalam bentuk yang jelas, singkat dan mudah untuk dipahami. Bukan hanya menyampaikan informasinya yang harus bagus disini melainkan juga dalam mengutip sebuah referensi atau teori. Seorang penulis karya tulis ilmiah yang handal tentu tidak akan mengutip referensi milik orang dengan begitu saja karena hal itu akan menyebabkan dirinya dibawa ke meja hijau. Pasalnya kegiatan tersebut disebut dengan plagiat atau menjiplak. Oleh karena itu, pakailah cara yang efektif dalam mengambil teori-teori yang ada. Teori-teori tersebutlah yang akan menjadi penguat proposal yang Anda buat. Dalam menyusun referensi-referensi tersebut Anda dapat memakai catatan kaki atau bibliography di bagian akhir proposal, makalah ataupun skripsi.

Contoh Latar Belakang Proposal

Berikut adalah contoh paragraf pembuka dari sebuah latar belakang proposal.

“Indonesia sangat memerlukan bahan bakar alternatif sebagai salah satu solusi dalam mengatasi tingginya kebutuhan energi saat ini. Menurut data dari kementrian ESDM tahun 2015, cadangan minyak Indonesia sekarang hanya tinggal sekitar 4,3 milyar barrel saja. Jumlah minyak ini hanya dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar dalam rentang sekitar 20 tahun ke depan saja. Apabila tidak ada perubahan atau ditemukannya bahan bakar alternatif maka Indonesia akan menambah hutang kepada luar negeri.

Jika kondisi seperto ini dibiarkan terus menerus maka Indonesia di tahun 2035 harus mendatangkan minyak dari luar dalam jumlah yang sangat besar. Masih menurut sumber yang sama, mengingat setiap hari Indonesia menghabiskan minyak setara dengan 15 barrel/day maka penyelesaian terhadap kasus minyak ini setidaknya harus sudah kelar di tahun 2020 nanti”

Demikianlah contoh latar belakang proposal yang baik dan benar serta sesuai dengan sasaran. Semoga bermanfaat. Baca juga: Contoh latar belakang laporan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Latar Belakang Proposal yang Sesuai dan Tepat Sasaran"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.