Cara Mengatasi Kode Error Printer Canon MP287





Baca Juga

Cara Mengatasi Kode Error Printer Canon MP287 -- Jika Anda menanyakan bagaimana cara mengatasi kode error di printer canon Mp287 maka Anda datang pada tempat yang benar. Sebagai pengguna, Anda jangan sampai gugup jika mendapati printer Anda sedang mengalami masalah. Cobalah tetap tenang dan mencoba mencari tahu kira-kira kenapa dengan printernya. Jika memang Anda tidak menemukan pemecahan masalah dari error yang terjadi pada printer MP287 Anda maka silahkan Anda bawa ke tempat dimana Anda membelinya atau setidaknya pada jasa reparasi printer.

Printer Canon MP287

Namun sebelum semua hal diatas Anda lakukan, ada baiknya jika Anda mempelajari macam-macam kode error pada printer canon MP287 milik Anda. Sehingga, dengan begitu Anda akan tahu bagaimana caranya untuk membenai kesalahan kode error pada printer tersebut. Yang perlu Anda ketahui sebelumnya adalah bahwa ketika printer canon MP287 ini mengalami masalah maka akan muncul sebuah indikator yang sama persis dengan kode error pada versi printer sebelumnya, yaitu yang pertama akan muncul kode P kemudian diikuti dengan rangkaian angka contohnya P022. Kedua, akan muncul kode indikator huruf E yang diikuti dengan rangkaian angka misalnya E1. Baca juga: Download Resetter Epson L110 L220 L310 L311 L365 Terbaru

Macam-Macam Kode Error Printer Canon MP287 dan Solusinya

Agar lebih paham dengan kesalahan pada printer ini maka bacalah dan pahami letak kode error yang terjadi pada printer. Apa saja kira-kira?

Error Kode E02

Yang dimaksud dengan kesalahan pada bagian ini ialah karena printer kehabisan kertas. Tidak hanya itu, jika pada saat pengeprintnan kertas tidak berjalan dengan baik error semacam ini juga akan muncul. Jadi solusi yang paling tepat adalah masukkan kertas dengan benar sebelum proses percetakan agar tidak terjadi kesalahan.

Error Kode E03

Untuk kesalahan model kedua ini terjadi karena kertas macet. Pembuka dari keluaran kertas belum terbuka dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini Anda disarankan untuk mereload kertas dengan benar.

Error Kode E04 atau E05

Pada kesalahan tipe ini terjadi apabila cartridge tidak dideteksi oleh printer atau kata lainnya tidak dapat mengenali jenis cartridge yang dipakai. Kesimpulan awalnya, cartridge tidak terpasang dengan baik pada printer. Oleh karena itu, solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melepas cartridge kemudian memasangnya sembari menekan tombol sehingga cartridge tertata dengan rapi.

Error Kode E07

Kesalahan E07 artinya kemungkinan cartridge tidak terpasang dengan posisi yang seharusnya. Mungkin juga, rumah cartridge kotor. Sehingga cartridge tidak terdeteksi. Solusi yang pas ialah dengan mengecek kedua cartridge (hitam dan warna) sudah terpasang dengan benar atau belum.

Error Kode E08

Untuk permasalahan yang satu ini diindikasi dengan tanda ink absorber yang hampir penuh. Sehingga, untuk mengatasi permasalahan ini cukup tekan tombol hitam/warna pada printer Anda untuk terus melanjutkan proses percetakan.

Error Kode E13

Penyebab masalah ini adalah tinta sisa tidak dapat dideteksi. Solusinya cukup dengan mengganti Ink Cartridge dengan yang baru. Jika Anda tetap berkeinginan untuk tetap mencetak pekerjaan Anda dengan masalah ini cukup tekan tombol RESET atau STOP Printer selama 5 detik agar tinta terisi.

Error Kode E14

Hampir sama dengan kesalahan-kesalahan sebelumnya, kode kesalahan ini muncul karena Fine cartridge tidak dapat dikenali. Pemecahan masalahnya hanya dengan mengganti cartridge lama dengan yang baru.

Error Kode E15

Mirip dengan error E14, kesalahan ini terjadi karena cartridge tidak terpasang dengan benar. Solusinya lepas cartridge dan pasang kembali hingga cartridge terkunci pada posisinya.

Error Kode E16

Penyebab dari masalah ini karena tinta sudah running out. Solusinya, isi terlebih dahulu sebelum mencetak atau kalau pada waktu proses mencetak silahkan tekan tombol RESET atau STOP selama 5 detik agar tinta terisi ulang dan lanjutkan untuk percetakan.

Error Kode E30

Kesalahan ini karena dokumen yang dipindai terlalu kecil. Sehingga printer tidak dapat melakukan "Fit" pada dokumen yang sedang dipindai. Oleh karena itu, solusinya dengan mengecek ulang dokumen yang akan dipindai agar tepat pada posisi pemindaian.

Error Kode E31

Ini merupakan kesalahan yang paling umum terjadi. Kesalah ini terjadi karena printer belum dihubungkan dengan laptop atau komputer. Solusinya hubungkan kabel USB Printer pada port USB laptop atau komputer.

Error Kode E50

Penyebab kesalahan ini karena ketidaksesuaian antara print head alignment kertas. Sehingga agar masalah dapat teratasi Anda cukup memastikan bahwa kertas yang dipakai untuk mencetak sesuai dengan print head alignment yang benar. Disisi lain, saat melakukan percetakan pastikan juga kalau kertas dalam posisi yang benar dan bersih. Yang terakhir, cek bagian nozel print head agar tidak tersumbat agar error tidak muncul.

Error Kode P02

Untuk mengatasi kesalahan dengan kode kesalahan ini sangatlah mudah. Anda hanya diharuskan untuk tidak perlu melanjutkan proses percetakan. Jika terjadi kerusakan pada kertas silahkan tarik dan keluarkan kertas jangan sampai menyumpal. Jika ternyata yang terjadi karena cartridge rusak maka Anda harus menggantinya. Matikan printer Anda sebelum mengatasi masalah ini kemudian jika sudah berhasil nyalakan kembali.

Error Kode P10

Untuk masalah ini cukup dengan mencabut power printer saja kemudian memasangkannya kembali pada printer Anda. Tetapi Anda juga harus berhati-hati dalam mencabut kabel power supaya tidak terjadi korsleting.

Demikianlah macam-macam kode error printer canon MP287 beserta solusi pemecahan masalahnya. Semoga dengan artikel ini Anda terbantu untuk memecahkan masalah pada printer Anda dan tidak perlu membawanya ke jasa reparasi printer. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Kode Error Printer Canon MP287"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.