Pengertian (Operating System) Sistem Operasi Komputer dan Contohnya





Baca Juga

Pengertian (Operating System) Sistem Operasi Komputer dan Contohnya -- Pengertian operating system adalah sebuah perangkat lunak komputer atau yang lazim dikenal dengan sebutan software yang berfungsi untuk mengontrol dan me-manage perangkat keras (hardware) beserta operasi-operasi dasar sistem komputer lainnya, contohnya adalah menjalankan software aplikasi program pengolah data, pengolah kata, dan pengolah angka yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Dalam bahasa Indonesia Operating System memiliki arti sistem operasi. Jika dalam bahasa teknologi operating system disebut dengan OS.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dua hal penting yang perlu dipahami sebagai pecinta teknologi. Jangan hanya sekedar pakai, tetapi juga harus tahu makna dan contohnya dari sistem operasi. Sehingga, Anda semakin mantap dalam mengoperasikan komputer/laptop Anda. Mari kita ulas bersama-sama. Baca juga: 5 Modem 4G LTE Huawei

Pengertian Umum Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi komputer adalah software yang terletak di lapisan pertama dalam memori komputer. Memori komputer ini disebut dengan Hardisk bukan RAM Memory sewaktu komputer pertama kali dinyalakan. Sedangkan software-software aplikasi yang lain dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan. Berikutnya, Sistem Operasi akan memberikan pelayanan inti kepada software-software itu tadi. Contoh dari pelayanan ini ialah seperti disc access, memory management, task schedulling, dan user face. Pada akhirnya, setiap software tersebut tidak lagi menjalankan tugas-tugas inti umum tersebut. Hal ini disebabkan oleh Sistem Operasi yang dapat menjalankannya. Kernel suatu Sistem Operasi ialah bagian kode yang menjalankan tugas inti umum pada sistem operasi. Inilah yang memudahkan sistem operasi bekerja.

Lapisan Hardware dan Software secara umum dihubungkan oleh sistem operasi (OS). Tidak hanya itu, hampir sebagian besar tugas-tugas komputer penting lainnya juga dijalankan oleh sistem operasi. Kelebihan lain dari sistem operasi komputer ialah menjamin semua kinerja aplikasi yang berbeda dalam komputer bekerja secara serempak tanpa gangguan. Sistem operasi komputer disini selain hal-hal diatas juga mengatur kapasitas memori yang dipakai oleh software-software yang lain, memberikan input dan output kepada ke peralatan lainnya, dan mendapatkan akses untuk memantau sistem file. Jadi apabila ada aplikasi yang berjalan secara bersama-sama, sistem operasi akan menatanya sedemikian rupa. Alhasil, CPU yang dipakai di komputer tidak akan dihabiskan oleh satu aplikasi saja melainkan akan mendapatkan porsi yang sama baik ruang dan waktunya. Baca juga: Review Nokia 6 - Keunggulan dan Kekurangan

Contoh Sistem Operasi Komputer (Operating System)

Ada banyak sekali sistem operasi komputer saat ini. Untuk waktu-waktu sekarang ini sudah sangat bersaing untuk memilih sistem operasi terbaik yang dapat digunakan untuk menjalankan tugas-tugas dalam komputer. Kita ambil sedikit contoh saja sebagai sistem operasi komputer diantaranya adalah Windows, Linux (Ubuntu), dan Mac OS X. Dari tiga buah macam sistem operasi tersebut masih ada banyak lagi jenisnya.Misalnya saja generasi windows yang sudah pada Windows 10. Ubuntu MATE, dan Mac OS X Snow Leopard. Mari kita coba lihat masing-masing tampilannya.


Tampilan Layar Windows 10

Windows 10 merupakan produk mutakhir dari OS Windows NT. Dari segi tampilan tentu sangatlah menggoda. Tampilan yang sangat menggoda tentu diimbangi dengan harga yang selangit. Windows 10 dirilis November 2015 yang lalu. Berhubung OS ini masih dalam tahap pengembangan, sistem operasi ini masih perlu dikaji ulang jika hendak menggunakannya. Meskipun demikian, Windows besutan Microsoft ini telah resmi merilis 5 buah jenis dari windows 10 paling utama, ialah Windows 10 Home, Windows 10 Pro, Windows 10 Enterprise,  Windows 10 Education, dan Windows 10 Enterprise LTSB. Kelima jenis windows 10 tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi benar-benarlah memilih sistem operasi yang satu ini.
Tangkapan Layar windows 10
Windows 10
Kurang lebih demikian untuk tampilan layar windows 10. Bagaimana? Anda tertarik untuk menggunakannya. Silahkan Anda beli secara premium atau cari file bajakannya karena sudah tersebar luas di internet.


Tampilan Layar Ubuntu MATE

Ubuntu MATE adalah produk Linux yang tergolong kedalam sistem operasi Ubuntu yang dijual bebas dan open-source. Dibekali dengan kata MATE yang berarti adalah (desktop environment forked) sebuah layar ramah lingkungan dari cabang GNOME 2 yang dinamai berdasarkan dua tanaman khas asli Afrika Selatan, yaitu yerba mate dan teh yang berfungsi sebagai tanaman herbal. Beginilah kurang lebih tampilannya.
Tampilan layar Ubuntu MATE
Ubuntu MATE 16.10
Bagaimana? Kelihatan lebih enak dipandang mata bukan? Jika dibandingkan dengan windows, tampilannya lebih ramah di mata. Jadi silahkan pertimbangkan antar keduanya.

Tampilan Layar Mac OS X Snow Leopard

Mac OS X Snow Leopard (v 10.6) adalah program utama ke tujuh yang dirilis oleh Mac OS X yang sekarang berubah nama menjadi macOS. Layar dari Apple dan sistem operasi server untuk komputer Macintosh. Sistem operasi satu ini terbilang mahal jika dibandingkan dengan sistem operasi yang sudah dijelaskan diatas. Tampilannya yang sangat indah dan menarik menjadikan sistem operasi ini menjadi buruan utama kalangan atas sana. Seperti apa tampilan layarnya?
Snow Leopard
Snow Leopard
Hmhm bagaimana menurut Anda? Tambah ciamik lagi bukan sistem operasi pada komputer ini. Memang besutan Apple dari dahulu sangatlah indah. Namun juga harganya yang selangit. Kalau mau menikmati produk asli dari Apple ini Anda harus segera menabung dari sekarang.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian sistem operasi komputer yang disertai dengan contoh-contohnya. Pilihlah sistem operasi yang sesuai dengan kemampuan Anda. Sebagus apapun sistem operasi yang Anda gunakan, jika Anda masih belum mahir tentu akan jadi sia-sia. Semoga penjelasan singkat ini dapat berguna untuk Anda. Sekian dan semoga bermanfaat. Baca juga: Sistem Operasi Komputer Terbaik dan Terpopuler

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian (Operating System) Sistem Operasi Komputer dan Contohnya"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.