Cara Mudah Mengajar Vocabulary dengan Verb Search





Baca Juga

Cara Mudah Mengajar Vocabulary dengan Verb Search -- Saat ini mungkin banyak yang enggan untuk belajar bahasa Inggris. Bukan karena takut tidak bisa berbicara melainkan karena struktur bahasa yang akan kita ucapkan atau kita tuliskan. Biasanya disebut dengan Grammar. Menurut Admin pribadi itu hanyalah sebuah kendala dari dalam diri saja. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha dan terus mencoba. Jangan pernah takut dengan grammar. Karena semua itu hanyalah ilmu maka dapat dipelajari dengan tekun saja. Kali ini admin akan memberikan sebuah media yang dapat sobat pakai untuk belajar grammar dengan mudah. Salah satu media yang admin maksud adalah Verb search.


Cara mengajar vocabulary

Banyak sekali permainan alternatif yang dapat sobat pakai meningkatkan jumlah kosa kata yang dimiliki. Satu permainan tersebut ialah game yang sudah admin sebutkan diatas. Permainan game ini dapat dipakai oleh seorang guru yang hendak meningkatkan kemampuan grammar yang disertai dengan peningkatan kosa kata murid-muridnya. Media atau teknik ini dapat dipakai untuk mengajar Simple Past Tense. Mengapa untuk tenses ini? Karena game ini dapat dipakai untuk meningkatkan kata kerja regular dan irregular verb yang terjadi pada penggunakan simple past tense. Baca Juga: Contoh CV Bahasa Inggris


Prosedur Permainan Verb Search Game

Berikut ini adalah tata cara mengajar grammar dan vocabulary dengan menggunakan Verb Search Game. Teliti dengan bener-bener, jangan sampai ada yang salah.
  • Guru menjelaskan kepada siswa materi  tentang "Simple Past Tense"
  • Guru mengulas materi yang menekankan pada kata kerja teratur dan tidak teratur dan memberi mereka contoh.
  • Untuk meningkatkan tentang kata kerja teratur dan tidak teratur, guru membagi siswa menjadi berpasang-pasangan.
  • Guru memberi setiap pasangan selembar kertas berisi pencarian kata kerja. Kemudian guru memberitahu siswa bahwa ada sejumlah besar kata kerja teratur dan tidak teratur yang terdapat pada kertas. Tugas mereka adalah untuk mencari kata kerja sebanyak-banyaknya sesuai dengan yang mereka mampu. Setiap kali mereka menemukan kata kerja, mereka diharuskan untuk menuliskan kata tersebut dan juga diharuskan untuk menuliskan bagian lain (Regular/Irregular). Mereka harus menemukan kata kerja pada bagian horizontal, vertikal, dan diagonal, serta bahkan bisa dengan pola mundur.
  • Waktu untuk mencari kata kerja hanya 5 menit. Setelah habis, mereka diminta untuk berubah pasangan. Lakukan ini beberapa kali selama latihan. Sementara ini dilakukan, guru dapat mengecek kata kerja yang sudah ditulis benar atau tidak serta memperhatikan ucapan yang mereka sampaikan. Oleh karena itu, guru harus cepat dan fleksibel dalam menjangkau siswa-siswinya.
  • Guru meminta siswa untuk memberikan jawaban mereka dalam sebuah papan yang mana sudah terisi kata kerja yang mereka dapatkan secepat mungkin.
  • Pemenangnya adalah tim yang dapat menemukan banyak kata kerja.
Nah kurang lebih demikian tata caranya, kendala dari teknik game ini adalah waktu. Kadangkala ada tim yang tidak mampu menyelesaikan kerja sesuai dengan waktu yang tersedia. Sehingga, guru harus memberikan kelonggaran sedikit waktu.

Keunggulan Verb Search Game

Berikut adalah sedikit tambahan mengenai kelebihan dari permainan ini.
  • Siswa akan dapat bekerja secara individu dan tim
  • Melatih kerjasama
  • Melatih kecerdasan
  • Melatih kecepatan mata
  • Menambah kosa kata terutama pada kata kerja bentuk kedua
  • Membuka wawasan bahwa guru bukanlah orang yang paling pintar
  • Membuat kelas menjadi menyenangkan
Dengan sedikit kelebihan tersebut, semoga saja cara ini dapat menjadi alternatif media yang dapat dipakai terutama dalam meningkatkan kemampuan berbicara, penguasaan kosa kata dan kemahiran penyusunan struktur kalimat. Semoga bermanfaat. Baca Juga: Cara Membuat Hyperlink di Ms. Power Point

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Mengajar Vocabulary dengan Verb Search "

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.