Contoh Soal Job Interview Bahasa Inggris Beserta dengan Tips Menjawab yang Baik





Baca Juga

Contoh Soal Interview Bahasa Inggris Beserta dengan Tips Menjawab yang Baik -- Siapa yang siap jika sewaktu interview kerja tiba-tiba si penanya menginginkan jawaban berupa bahasa inggris. Interview dengan cara seperti ini memang memberikan tekanan tersendiri bagi peserta seleksi penerimaan karyawan baru. Sebagai pelamar kerja, Anda harus siap dengan berbagai kondisi agar apa yang Anda mau dapat terlaksana dengan baik. Jika Anda sedang mengikuti seleksi dengan cara yang demikian, Anda diharuskan memiliki sebuah strategi agar jawaban yang Anda berikan mampu meyakinkan sang penanya. Baca Juga: Cara Cepat Melamar Pekerjaan Agar Cepat Diterima
Berikut ini adalah contoh pertanyaan dalam bahasa Inggris yang sering digunakan dalam sesi tanya jawab job interview. Disini nanti juga akan disajikan tips bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut agar dimasa yang akan datang jawaban tersebut mampu meyakinkan si penanya agar menerima lamaran kerja milik Anda. Baca juga: 

Contoh-Contoh Soal Job Interview dalam Bahasa Inggris

Baca dengan seksama contoh soal interview dalam seleksi penerimaan karyawan baru berikut ini. Dan baca dengan seksama tips cara menjawabnya dengan benar. Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dengan Mudah Saat Menganggur

Please Tell me about Yourself !

Ketika si penanya sudah memulai interview dengan Anda dan menanyakan tentang kejelasan Siapa Anda. Maka jawablah pertanyaan ini dengan singkat dan jelas. Tidak usah menjelaskan perjalanan hidup Anda secara keseluruhan. Ini justru akan memakan banyak waktu. Namun jelaskan saja. Siapa nama Anda? Anda Lulusan dari mana? Anda mahir dalam bidang apa? Dimana tempat tinggal Anda? dan Apa keunggulan Anda dibanding dengan yang lain?
Contoh Jawaban : Thank you for the time sir. I would like to introduce my self. My name is Irwan Syah. I am fresh graduate from English Department at Kadiri Islamic University of Kediri. I have experiences as lecture assistant for about 4 years and private teacher for 2 years. I am also mastering about internet marketing so I can increase your product selling via online faster.

Why You Interest about this Job?

Dengan pertanyaan ini maka penanya ingin mengetahui alasan Anda mengapa tertarik terhadap pekerjaan ini. Jawablah dengan menggunakan kalimat yang singkat, padat dan jelas. Sangat disarankan bagi Anda agar memberikan jawaban yang meyakinkan. Jelaskan bahwa Anda tertarik dengan pekerjaan yang dimaksud karena Anda memiliki pengalaman yang mumpuni dan kemampuan lain yang dapat menunjang kinerja perusahaan. Perlu Anda ketahui, interviewer hanya ingin mengetahui seberapa Anda layak untuk pekerjaan yang dimaksud.
Contoh jawaban : I come here with big desire because your company is my top choice. I have many experiences that can support me to do the job at this company. I can handle big class. I have some techniques and innovations to make your company more younger. So, this is why I am so interested to this job.


Why did You Leave your Job and Decide to Join in My Company?

Dengan pertanyaan ini maka penanya menginginkan Anda menjawabnya dengan jawaban yang pas mengapa Anda meninggalkan pekerjaan lama Anda dan kemudian memutuskan untuk bergabung dengan mereka. Jawablah dengan yakin bahwa perusahaan yang sedang Anda lamar adalah yang terbaik saat ini. Dan jelaskanlah bahwa masa depan perusahaan yang sedang Anda lamar memiliki prospek yang baik kedepannya. Jangan berbelit-belit atau terkesan berbohong dengan mengatakan hal-hal baik saja mengenai perusahaan yang sedang Anda lamar.
Contoh jawaban : I have big dream in my life. I think that your company is my solution. When I was a teacher in private course, I think the world is not mine. I felt uncomfortable so I have to be smarter and chose the best thing. So, I left my position and decided to join in your company. In here, I hope that I can reach wider market, higher selling, and get important experience.


What are your Strengths and your Weaknesses?

Pertanyaan ini ditujukan kepada Anda untuk mengetahui Kekuatan dan Kekurangan yang Anda miliki. Berikan jawaban yang sesuai dan yakinlah bahwa itu kekuatan dan kekurangan Anda yang sebenarnya. Jangan lupa berusahalah memberikan jawaban mengenai bagaimana Anda akan meningkatkan kesemuanya.
Contoh jawaban : My strengths are I have good response. For example, faster for changing one job to another job. I can be able to manage people. I can decrease the negative environment and I can develop your income. While My weakness is sometimes longer to adapt with the new situation. But with my experiences before, I think I can reduce my weakness so well. I can find the best solution for my problem.


How Much Salary do You Want?

Pertanyaan ini mengharuskan Anda untuk menjelaskan secara terang-terangan berapa bayaran yang Anda minta. Berikan jawaban yang sopan. Jangan terlalu mahal atau terlalu rendah. Namun berikanlah jawaban yang sekiranya menguntungkan kedua belah pihak. Jangan melakukan tawar menawar gaji secara berlebihan. Jika memang terpaksa harus tawar menawar maka lakukan dengan cara yang halus.
Contoh Jawaban :  I need more information about the entire of my responsibilities and tasks at this company. It would be great if you could give me an idea about the payment. So, you can pay me based on my responsibilities and you can use my work as indicator to pay me.

Do You have Any Questions?

Pertanyaan ini sengaja diberikan kepada Anda untuk mengetahui seberapa jauh Anda tertarik pada perusahaan yang mereka handle. Jangan ragu-ragu dalam memberikan pertanyaan. Berikan pertanyaan yang membuat mereka terkesan. Ini akan sangat terlehiat bahwa Anda mengapresiasi interview yang sedang berlangsung.

Contoh Pertanyaan yang dapat di ajukan:
  1. Can you give brief explanation about this position?
  2. What are the best things from this company?

Begitulah kurang lebih contoh soal job interview yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Jangan sampai salah menjawab karena salah menjawab justru akan memperburuk citra Anda didepan pewawancara. Semoga bermanfaat. [Baca Juga: Cara-Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal Job Interview Bahasa Inggris Beserta dengan Tips Menjawab yang Baik"

Post a Comment

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.