Macam-Macam Teknik Black Hat SEO yang Harus Dihindari





Baca Juga

Macam-Macam Black Hat SEO yang Harus Dihindari -- Didalam mengembangakan sebuah web/blog tentunya tidak lepas dari peran penting dari pengunjung. Untuk mendatangkan pengunjung tentunya ini bukan perkara mudah. Mulai dari meriset keyword sampai dengan publishing bahkan selepas pubslihing artikel tetap harus melakukan berbagai cara. Cara-cara tersebut secara umum dikenal dengan nama Optimasi SEO. Sedangkan macamnya SEO ada dua, yaitu White Hat SEO dan Black Hat SEO. White SEO dikategorikan sebagai cara yang lazim digunakan untuk mendatangkan pengunjung karena cara-cara ini disenangi oleh Google. Sehingga blog/web kita akan semakin baik dimata user bahkan dimesin telusur.

Dalam perkembangannya, White Hat SEO dibagi menjadi dua bagian lagi (setahu admin nih hehe) yakni SEO On-page dan SEO Off-page. Kedua cara inilah yang banyak dipakai oleh blogger dimanapun berada untuk mengembangkan blog/web yang dimiliki. Semakin baik optimasi yang dilakukan oleh seorang blogger maka semakin baik pula blog yang dihandle oleh seorang blogger. Namun yang perlu digaris bawahi adalah tidak semua cara yang sudah dilakukan akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang sudah dilakukan oleh seorang blogger. Mengapa demikian? Mulai dari kebosanan yang menerpa blogger karena prestasi blog/web dimesin telusur masih jauh dari posisi SERP terbaik. Atau ada pihak-pihak tertentu yang melakukan kecurangan terhadap blog/web milik kita. Kenapa? Karena ini adalah persaingan. Persaingan antara blogger satu dengan yang lain. Sehingga akan terjadi banyak Cyber Crime dsb. Dan pada akhirnya, blogger yang terkena dampak dari perbuatan orang yang tidak bertanggungjawab ini akan melakukan teknik SEO terlarang demi mengalahkan kembali orang yang mendzholiminya. Baca Juga: Macam-Macam Teknik White Hat SEO yang Harus Dipelajari

Teknik Black Black Hat SEO seperti Link farm, keyword stuffing, dan AGC tidak bagus untuk SEO


Hmhm miris sekalikan sob? Kira-kira apa teknik SEO terlarang ini? Sobat penasaran? Sama saya juga hehe. Yup teknik SEO ini namanya Black Hat SEO. Teknik ini kurang baik jadi sobat blogger harus menghindarinya. Apa saja yang harus dihindari? Kita bahas selepas ini.

Definisi Black Hat SEO

Kita mulai pembahasan kali ini dengan pengertian Black Hat SEO sob. Ada yang tahu apa? Black Hat SEO adalah cara curang yang dilakukan oleh seorang blogger dalam mempopulerkan blog/web miliknya demi mendapatkan posisi puncak mesin pencari. Banyak jalan menuju roma ya semacam itulah bagi mereka sob. Jadi teknik ini kurang dianjurkan untuk Optimasi blog. Kenapa? Yap memang untuk mendapatkan posisi page one akan sangat mudah namun Google juga akan sangat mudah memberikan penalty berupa Google Sandbox.

Macam-Macam Teknik Black Hat SEO yang Harus Dihindari

Berikut ini adalah beberapa macam atau tipe Black Hat SEO yang harus sobat hindari. Jangan menggunakan jalan cepat untuk melakukan hal yang kurang baik. Berikut adalah macam-macamnya:

Teks Tidak Terlihat (Invisible Text)

Teknik ini menggunakan cara menyisipkan sebuah kata atau frase yang mengandung kata kunci didalam blog. Dimana kata atau frase kata kunci tersebut tidak akan terlihat secara kasat mata. Teknik ini dilakukan dengan cara menyerupakan warna tulisan kata kunci sama persis dengan background template. Untuk mengetahui kata atau frase kunci yang ditanamkan tersebut sobat dapat menekan select + all supaya page diblock secara keseluruhan. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan melihat page source web/blog tersebut.

Iteration Title

Maksud dari teknik ini adalah perulangan judul. Judul mana yang diulang? Isi dari postingan yang diulang tanpa menambahkan keterangan lain. Contoh, ketika kita membuat artikel tentang riset keyword. Judulnya riset keyword sedangkan isinya keseluruhan hanya kata tersebut dan tidak menambahkan keterangan lain lagi. Mudah bukan?


Auto Generated Content

Teknik ini sangat tidak dianjurkan untuk melakukan SEO. Cara ini dilakukan dengan cara membuat artikel secara otomatis. Artikel tersebut seolah-olah berada dibody blog miliknya namun kenyataannya tidak. Teknik ini untuk menipu pengunjung agar tertarik untuk mengunjungi blog miliknya. Mereka yang menerapkan AGC mengambil hasil penelusuran mesin telusur kemudian menerapkan dan menampilkannya di blog. Pada kenyataannya artikel tersebut tidak disediakan oleh siempunya. Jangan menggunakan teknik ini karena Google akan membanned blog/web sobat.

Link Farming

Ya sudah tahu lah yang dimaksud Farming adalah menanam. Menanam bukan padi disini tapi menanam Link. Jadi mereka yang menerapkan ini biasanya menyiapkan page khusus untuk menanam link. Jumlahnya tergantung dari pemilik mau menanam berapa. Kalau jaman sekarang kurang lebih mirip dengan Exchange Link atau Tukar link dengan blogger lain kemudian menanamkannya dalam satu page khusus. Jadi kalau bisa mengurangi cara seperti ini akan lebih baik dimata Google. Tahukah sobat kalau cara Link Farming itu termasuk SPAMDEXING.

Keyword Stuffing

Teknik ini dilakukan dengan cara mengulang kata kunci secara berlebihan dan membabi buta dalam satu halaman. Hal ini dilakukan untuk memanipulasi mesin telusur. Pengulangan tersebut dilakukan tidak sewajarnya bahkan cenderung asal-asalan. Mungkin didalam benak meraka asalkan memperoleh posisi teratas sudah cukup.

Cloaking Page / Doorway Page

Teknik ini dijalankan dengan cara membuatkan sebuah jalan menuju web utama agar terus terlihat di mesin telusur dan pada akhirnya akan terus dikunjungi. Cara ini dilakukan dengan cara menyisipkan sebuah kode. Kode ini bisa php script ataupun javascript. Kegunaan dari script tersebut adalah untuk memanggil halaman lain yang sedang dioptimasi. Contoh mudahnya adalah dengan menggunakan Pop up. Sudah tahukan sistem kerja pop up? Yap tiba-tiba akan terbuka halaman baru di jendela baru padahal kita tidak menginginkannya. Ternyata bukan hanya cara seperti itu yang dikategorikan kedalam cara doorway page. Cara lain adalah dengan membuat jalan refresh atau redirect menuju laman blog/web utama yang ingin diredirect. Jadi semisal kita sudah memiliki traffik yang bagus disebuah blog/web dengan jalan ini pengunjung tersebut langsung diarahkan menuju blog/web yang sedang di kembangkan. Nah pasti cepat bukan?


Demikianlah paparan singkat mengenai macam-macam teknik Black Hat SEO. Semoga memberikan wawasan yang luas bagi sesama blogger. Semoga bermanfaat jika ada pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar. Berbagi gratis juga boleh.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Macam-Macam Teknik Black Hat SEO yang Harus Dihindari"

  1. Entahlah gan sekarang blogger" masih pada aja pakai tukar link segala -_-

    ReplyDelete

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.