Cara Mengatasi Akun Youtube Yang Terkena Suspend





Baca Juga

Cara Mengatasi Akun Youtube Yang Terkena Suspend -- Suspend. Siapa yang betah dengan kata suspend? Suspend artinya penghapusan. Biasanya ini berkaitan dengan akun Youtube. Bila telah melanggar beberapa pelanggaran community guide line, maka Youtube akan menghapus akun youtubee seorang user tanpa kompromi. Hari ini admin akan bercerita tentang pengalaman admin sendiri dalam mengembalikan salah satu akun Youtube admin yang terkena suspended account sejak Desember 2015. Sudah berbagai surat cinta kepada Google admin kirimkan eh ternyata berkali-kali Youtube menjawab kalau akun secara permanen tetap ditangguhkan.

Pada mulanya admin melakukan kesalahan yang mungkin banyak dilakukan oleh Youtuber lain. Yaitu dengan Re-upload video orang lain yang memiliki status CC. Artinya video tersebut boleh digunakan kembali. Jadi ceritanya admin mencari-cari video yang berkaitan dengan mobil. Salah satu mobil ternama pokoknya. Kemudian admin menggunakan youtube video editor untuk menggabungkannya. Eh selepas admin melakukan re-upload admin langsung terkena suspend. Admin sebenarnya paham, upload video original adalah jalan terbaik untuk menjadi Youtubers. Namun membuat video ori itu juga tidak mudah. Harus bertekad baja dan bermental api untuk mengikuti program Youtube. Mengapa demikian?


Status akun Youtube yang terkena suspend

[Baca juga : Cara Mengatasi Pentung Permanen Youtube]

Sama halnya dengan bermain blog, Youtube juga merupakan anak perusaan dari Google. Youtube juga merupakan sarana mencari uang dari internet yang menjanjikan namun untuk menjadi populer di Youtube sama halnya dengan di blog yaitu susah susah susah gampang. Hanya saja kalau biasanya di blog kita membuat artikel kemudian di monetisasi (adsense for content) sedangkan untuk Youtube adalah upload video kemudian di monetisasi (adsense for content host).

Akhir-akhir ini semakin tahun Youtube meningkatkan kebijakannya. Mulai dari tampilan dashboard dan fitur yang ada didalamnyapun kini sudah dirombak total oleh Youtube. Maka dari situ sobat yang bermain Youtube harus ekstra hati-hati agar tidak terkena banned atau suspended. Bagaimana kalau ternyata masih disuspend Youtube? Berikut adalah cara mengatasinya.

Tutorial Cara Mengatasi Youtube terkena Suspend

Berikut adalah cara admin melakukan permintaan kepada Google untuk mengembalikan akun Youtube admin yang tekena suspend sejak 2015 lalu. Baca seksama ya.
  • Log in ke akun Youtube
  • Ketika pada waktu log in ke dashboard Youtube, ternyata ada warning dari pihak Youtube yang menyatakan bahwa akun tidak dapat diakses maka langsung klik link yang menunjukkan sobat harus melakukan permohonan. Caranya dengan klik link contact us / hubungi kami. Jika sudah lihat formnya. Seperti apa permohonannya. Lihat selanjutnya.
Klik hubungi kami jika ingin mengajukan permohonan kepada Google terhadap akun youtube yang terkena suspend
  • Jika sudah, langsung isikan permohonannya kepada Google di form yang disediakan oleh Google. Formnya sebagai berikut.
Form pegajuan banding kepada Google atas Suspended Youtube account
  • Isikan permohonan sobat agar akun Youtube sobat dapat dikembalikan. Pengalaman admin sendiri, admin ikut solusi dari internet yang mencontohkan dengan bahasa Indonesia yang isinya kurang lebih meminta kepada Google agar tidak menghapus akun youtube karena ada channel dan video yang tidak bermasalah serta akan mematuhi kebijakan yang diberlakukan oleh Google.

Namun nahasnya, sudah 5 s.d 8 kali admin submit dalam bentuk Indonesia atau English tidak ada yang berhasil. Terus apa yang dilakukan admin. Admin mencoba sampai kurang lebih 3x kemudian pasrah beberapa bulan tidak mengajukan banding sambil memikirkan cara agar kembali pada waktu itu. Dan 3 hari yang lalu admin mencoba peruntungan untuk mengajukan banding kembali. Admin hanya merubah kata-kata permohonan kepada Youtube lebih merasa bersalah atas kesalahan. Seperti berikut ini, maaf admin lupa wkwk.
I am sorry to Google. I am so sorry. I understand that I break the community Guideline. Please return my youtube channel. I am crying everyday because I cann't use my Youtube Channel. I send you more than once to return my youtube channel. I promise that after you return my channel I will obey the rule more than this. Thanks Google.

Catatan: Jangan menjadikan contoh dari admin ini sebagai patokan pasti untuk mengajukan banding kepada Google. Karena setiap pelanggaran yang diberikan oleh Google cara untuk mengembalikannyapun juga berbeda.

Jika ada yang bertanya apakah itu berhasil atau tidak lihat jawaban dari Google berikut ini. Inilah surat cinta dari Google kemarin.


Hasil Pengajuan Banding Kepada Google

Didalam surat balasan tersebut, Google menyatakan akan mengembalikan akun yang tersuspend. Google juga menginstrusikan didalam suratnya untuk merecovery password jika terlupa. Tapi apakah ada dampak lain min? Yap jawabannya ada. Meski Pelanggan tetap dan jumlah view tetap. Namun karena tersuspend beberapa bulan maka penghasilan menjadi $0.00. Selain itu status channel bereputasi Buruk. Google akan mengembalikan setelah 6 bulan. Jadi, selama kurang lebih 6 bulan kedepan admin tidak akan memperburuk citra admin dimata Google. Wkwkwk.

[Baca Juga : Cara Mengatasi Dismon Youtube]

Sekian sob cerita tentang tutorial mengatasi akun Youtube yang terkena Suspend. Semoga bermanfaat dan kalau ada pertanyaan silahkan ajukan didalam kolom komentar. Thanks.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Cara Mengatasi Akun Youtube Yang Terkena Suspend"

  1. Salah satu aku Youtube saya juga kena suspend karena upload video yg file audionya ternyata memiliki hak cipta.
    Thanks atas sharing artikelnya..

    ReplyDelete
  2. Gan, saya sudah berkali kali ngajukan permohonan ke Google, tapi akun youtube saya belum juga dapat tanggapan... kira-kira sampai berapa bulan ya gan.. thankz.. salam

    ReplyDelete
  3. wah ini sama seperti kasus youtube saya hari ini. Selama dua hari saya tidak login akun google. Nah ketika saya cek email ternyata ada hal yang mencurigakan dengan begitu banyak email yang masuk permintaan akses untuk lagu-lagu koleksi saya di google drive, padahal sebelumnya tidak pernah ada email seperti itu. Sebelum saya masuk atau log in ke email, saya sudah curiga duluan, karena harus log in. Padahal saya tidak pernah log out. Ketika log in pun saya diharuskan verifikasi. Dan setelah berhasil, saya coba masuk ke akun google plus. Ternyata ada warning dari google bahwa akun saya ditangguhkan sementara dan diharuskan log in untuk memulihkannya atau agar bisa masuk ke akun google plus. Saya coba log in dan sukses..

    Lalu saya mencoba akses channel youtube saya, dan ternyata juga harus log in. Ketika saya log in, tidak bisa masuk ke channel youtube saya dan justru mendapat peringatan tidak bisa mengakses produk google dan bahwa akun youtbe saya ditangguhkan karena adanya pelanggaran persayaratan layanan. seperti pada gambar no 2 di atas. SAyapun langsung mengajukan banding untuk hal ini, karena saya tidak mendapat email atas terjadinya pelanggaran apapun baik pedoman komunitas ataupun klaim hak cipta, dan juga baru saja tanggal 6 Maret lalu channel akun youtube saya dimonetisasi. Pokoknya reputasi baik dan tidak ada email pelanggaran apapun.

    Menurut masnya, apakah yang menyebabkan akun youtube saya dibanned???. Apakah mungkin akun youtube saya dihack orang dan orang itu mengupload video yang mengandung pelanggaran berat (dengan bukti bahwa saya harus log in setiap produk google seperti youtube, email dan google plus, kecuali blogger saja yang langsung bisa diakases??). Saya lagi benar-benar bingung saja, biasanya kalau ada pelanggaran hak cipta, saya langsung mendapat email, begitu juga dengan pelanggaran pedoman komunitas. Lha ini ga ada angin ga ada hujan tiba-tiba kena banned??

    ReplyDelete
  4. Halo,

    Terima kasih untuk banding penangguhan akun Anda. Kami telah memutuskan untuk menjaga akun Anda ditangguhkan berdasarkan Pedoman dan Persyaratan Layanan Komunitas kami. Silahkan kunjungi http://www.youtube.com/t/community_guidelines untuk informasi lebih lanjut.

    Jangan menanggapi email ini. Balasan ke email ini tidak akan diproses. Silakan lihat kami Pusat Bantuan untuk informasi lebih lanjut.

    Hormat kami,
    Tim YouTube

    ReplyDelete

Peraturan Dalam Berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten blog
2. Harus menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak boleh menyinggung SARA or Bullying.
4. Hindari komentar SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Tidak ada link di dalam isi komentar. Aktif maupun tidak.

Gunakanlah Sarana Publik ini dengan Bijak. Baca dan Pahami isinya baru Berkomentar. Terimakasih.