--> Skip to main content

Cara Mengatasi Akun Youtube Yang Terkena Suspend

Cara Mengatasi Akun Youtube Yang Terkena Suspend -- Suspend. Siapa yang betah dengan kata suspend? Suspend artinya penghapusan. Biasanya ini berkaitan dengan akun Youtube. Bila telah melanggar beberapa pelanggaran community guide line, maka Youtube akan menghapus akun youtubee seorang user tanpa kompromi. Hari ini admin akan bercerita tentang pengalaman admin sendiri dalam mengembalikan salah satu akun Youtube admin yang terkena suspended account sejak Desember 2015. Sudah berbagai surat cinta kepada Google admin kirimkan eh ternyata berkali-kali Youtube menjawab kalau akun secara permanen tetap ditangguhkan.

Pada mulanya admin melakukan kesalahan yang mungkin banyak dilakukan oleh Youtuber lain. Yaitu dengan Re-upload video orang lain yang memiliki status CC. Artinya video tersebut boleh digunakan kembali. Jadi ceritanya admin mencari-cari video yang berkaitan dengan mobil. Salah satu mobil ternama pokoknya. Kemudian admin menggunakan youtube video editor untuk menggabungkannya. Eh selepas admin melakukan re-upload admin langsung terkena suspend. Admin sebenarnya paham, upload video original adalah jalan terbaik untuk menjadi Youtubers. Namun membuat video ori itu juga tidak mudah. Harus bertekad baja dan bermental api untuk mengikuti program Youtube. Mengapa demikian?


Status akun Youtube yang terkena suspend

[Baca juga : Cara Mengatasi Pentung Permanen Youtube]

Sama halnya dengan bermain blog, Youtube juga merupakan anak perusaan dari Google. Youtube juga merupakan sarana mencari uang dari internet yang menjanjikan namun untuk menjadi populer di Youtube sama halnya dengan di blog yaitu susah susah susah gampang. Hanya saja kalau biasanya di blog kita membuat artikel kemudian di monetisasi (adsense for content) sedangkan untuk Youtube adalah upload video kemudian di monetisasi (adsense for content host).

Akhir-akhir ini semakin tahun Youtube meningkatkan kebijakannya. Mulai dari tampilan dashboard dan fitur yang ada didalamnyapun kini sudah dirombak total oleh Youtube. Maka dari situ sobat yang bermain Youtube harus ekstra hati-hati agar tidak terkena banned atau suspended. Bagaimana kalau ternyata masih disuspend Youtube? Berikut adalah cara mengatasinya.

Tutorial Cara Mengatasi Youtube terkena Suspend

Berikut adalah cara admin melakukan permintaan kepada Google untuk mengembalikan akun Youtube admin yang tekena suspend sejak 2015 lalu. Baca seksama ya.
  • Log in ke akun Youtube
  • Ketika pada waktu log in ke dashboard Youtube, ternyata ada warning dari pihak Youtube yang menyatakan bahwa akun tidak dapat diakses maka langsung klik link yang menunjukkan sobat harus melakukan permohonan. Caranya dengan klik link contact us / hubungi kami. Jika sudah lihat formnya. Seperti apa permohonannya. Lihat selanjutnya.
Klik hubungi kami jika ingin mengajukan permohonan kepada Google terhadap akun youtube yang terkena suspend
  • Jika sudah, langsung isikan permohonannya kepada Google di form yang disediakan oleh Google. Formnya sebagai berikut.
Form pegajuan banding kepada Google atas Suspended Youtube account
  • Isikan permohonan sobat agar akun Youtube sobat dapat dikembalikan. Pengalaman admin sendiri, admin ikut solusi dari internet yang mencontohkan dengan bahasa Indonesia yang isinya kurang lebih meminta kepada Google agar tidak menghapus akun youtube karena ada channel dan video yang tidak bermasalah serta akan mematuhi kebijakan yang diberlakukan oleh Google.

Namun nahasnya, sudah 5 s.d 8 kali admin submit dalam bentuk Indonesia atau English tidak ada yang berhasil. Terus apa yang dilakukan admin. Admin mencoba sampai kurang lebih 3x kemudian pasrah beberapa bulan tidak mengajukan banding sambil memikirkan cara agar kembali pada waktu itu. Dan 3 hari yang lalu admin mencoba peruntungan untuk mengajukan banding kembali. Admin hanya merubah kata-kata permohonan kepada Youtube lebih merasa bersalah atas kesalahan. Seperti berikut ini, maaf admin lupa wkwk.
I am sorry to Google. I am so sorry. I understand that I break the community Guideline. Please return my youtube channel. I am crying everyday because I cann't use my Youtube Channel. I send you more than once to return my youtube channel. I promise that after you return my channel I will obey the rule more than this. Thanks Google.

Catatan: Jangan menjadikan contoh dari admin ini sebagai patokan pasti untuk mengajukan banding kepada Google. Karena setiap pelanggaran yang diberikan oleh Google cara untuk mengembalikannyapun juga berbeda.

Jika ada yang bertanya apakah itu berhasil atau tidak lihat jawaban dari Google berikut ini. Inilah surat cinta dari Google kemarin.


Hasil Pengajuan Banding Kepada Google

Didalam surat balasan tersebut, Google menyatakan akan mengembalikan akun yang tersuspend. Google juga menginstrusikan didalam suratnya untuk merecovery password jika terlupa. Tapi apakah ada dampak lain min? Yap jawabannya ada. Meski Pelanggan tetap dan jumlah view tetap. Namun karena tersuspend beberapa bulan maka penghasilan menjadi $0.00. Selain itu status channel bereputasi Buruk. Google akan mengembalikan setelah 6 bulan. Jadi, selama kurang lebih 6 bulan kedepan admin tidak akan memperburuk citra admin dimata Google. Wkwkwk.

[Baca Juga : Cara Mengatasi Dismon Youtube]

Sekian sob cerita tentang tutorial mengatasi akun Youtube yang terkena Suspend. Semoga bermanfaat dan kalau ada pertanyaan silahkan ajukan didalam kolom komentar. Thanks.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar